Bagaimana Cara Memulai Usaha Waralaba Juice Buah? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bagaimana Cara Memulai Usaha Waralaba Juice Buah? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Waralaba menjadi salah satu usaha paling populer dari tahun ke tahun, termasuk waralaba juice buah. Usaha franchise juice buah merupakan salah satu usaha kekinian yang dipercaya sangat menguntungkan.

Banyaknya minat masyarakat terhadap juice buah menjadikan salah satu alasan franchise juice buah itu menguntungkan. Selain menguntungkan ada juga yang mengatakan bisnis franchise waralaba atau lebih mudah dijalankan.

Ada beberapa faktor bagus yang membuat usaha franchise ini digemari oleh masyarakat. Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha rumahan dengan penghasilan utama atau bisa juga penghasilan sampingan.

Berikut uraian untuk lebih mengenal apa yang dimaksud dari waralaba juice buah itu.

Baca juga : Ingin Tahu Apa Saja Jus Tomat Untuk Mata? Simak Berikut Ini!

 

Penjelasan Waralaba Juice Buah

waralaba juice buah

Sebelum membahas lebih dalam mengenai usaha franchise juice buah, apakah Anda sudah mengetahui definisi dari waralaba sendiri? Waralaba yaitu hak antara pemilik merek dan pengguna merek dalam suatu produk.

Dengan kata lain, pemilik merek juice buah dan pengguna merek juice buah memiliki hubungan usaha tertentu.

Syarat Perjanjian Usaha Franchise

waralaba juice buah

Berikut ini syarat yang membuat perjanjian waralaba juice buah dinyatakan sah.

Adanya Kesepakatan

Masing-masing dari pihak yang bersangkutan memiliki kompetensi untuk membuat kesepakatan. Hal-hal yang dibicarakan dalam perjanjian itu harus jelas dan tidak boleh bertentangan dengan norma dan hukum.

Dalam perjanjian setidaknya memuat hal-hal berikut:

  • Nama dan alamat franchisor dan franchisee
  • Hak kekayaan intelektual
  • Harga kemitraan yang ditawarkan oleh franchisor dan franchisee
  • Aktivitas bisnis
  • Fasilitas yang disediakan
  • Daerah bisnis
  • Periode kerja sama

Usaha Franchise Minuman

waralaba juice buah

Pada tahun 2019 franchise minuman termasuk juice buah menjadi paling menarik dimata masyarakat. Cara memulai franchise usaha juice buah sebenarnya mudah. Namun kesepakatan atau perjanjian yang dibuat antara franchisor dan franchisee harus disusun dengan baik dan jelas.

Jika Anda memiliki merek juice buah yang sudah besar dan dikenal oleh kalangan masyarakat luas, Anda bisa memulai waralaba dengan Anda sebagai franchisor. Anda bisa mencari franchisee untuk menerima waralaba dari Anda.

Buatlah kesepakatan yang sama-sama menguntungkan. Jalankan franchise usaha juice buah sesuai dengan karakteristik waralaba. Beberapa karakteristiknya yaitu:

1. Memiliki Catatan Keuangan

Anda akan lebih mudah mengetahui perkembangan usaha juice buah dari waktu ke waktu apabila catatan keuangannya rapi.

2. Memiliki SOP yang Jelas

Dengan SOP yang jelas, Usaha juice buah Anda akan memiliki standar kualitas yang sama dari standar produk hingga kualitas layanannya dengan waralaba yang lain.

3. Memiliki Kesinambungan Antar Franchise

Hal itu dilakukan karena meskipun usaha juice yang dijalankan oleh pemilik dan badan usaha yang berbeda-beda, namun konsumen tetap melihat merek juice yang sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan, seragam karyawan, peralatan dapur, dan hal lainnya dengan merek yang sama.

Misalnya dengan menyamakan wadah berupa cup dan tutup cup yang menggunakan mesin cup sealer. Terdapat gambar logo atau nama brand dan lain sebagainya.

Apabila Anda belum mempunyai merek juice buah, Anda bisa memulai franchise usaha juice buah dengan menjadi franchisee. Carilah merek juice buah yang sudah banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu susah dalam memasarkannya.

Selain itu akan lebih menguntungkan daripada jika Anda memulai waralaba dengan merek juice buah yang masih baru atau yang minat masyarakatnya masih sedikit.

Banyak franchisor yang menawarkan merek usaha minuman juice buah melalui internet. Tinggal cari franchise usaha juice buah, maka akan ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih.

Dalam memilih, Anda harus teliti. Jangan sampai perjanjian atau kesepakatan yang dibuat hanya menguntungkan sebelah pihak. Jika sudah disepakati namun kesepakatannya tidak sesuai, maka akan menyebabkan kerugian.

Kelebihan Franchise Juice Buah

jus buah

Waralaba dapat memberikan manfaat jaringan bisnis yang luas bagi pemilik usaha kecil. Anda tidak terlalu membutuhkan pengalaman usaha yang memadai untuk menjalankan sebuah usaha waralaba.

Franchisor akan memberikan pelatihan yang Anda butuhkan dalam menjalankan usaha tersebut.

Selain itu usaha waralaba sering kali mempunyai reputasi dan citra yang sudah mapan, terbukti dalam manajemen dan praktik kerja, akses ke iklan nasional, dan mempunyai dukungan dari ketenagakerjaan yang berkelanjutan.

Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menjalankan sebuah usaha juice buah karena sudah tertata semua.

Kekurangan Franchise Juice Buah

jus buah

Dengan menjalankan usaha secara bersama, usaha juice buah akan memiliki aturan dan pedoman yang harus ditaati oleh kedua belah pihak, baik oleh franchisor maupun franchisee.

Selain itu Anda harus membayar presentase royalti dari pendapatan usaha juice buah Anda kepada franchisor. Untuk memulai usaha waralaba Anda membutuhkan modal yang cukup besar.

Jika Anda membeli waralaba dengan merek yang kurang dikenal oleh masyarakat, Anda akan susah untuk mencapai tingkat profitabilitas yang diinginkan pemilik dalam kesepakatan.

Demikian penjelasan mengenai waralaba juice buah. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai usaha franchise juice buah.

Comments are closed.