Usaha Warung Kopi Sederhana

Usaha Warung Kopi Sederhana

Usaha warung kopi sederhana tidak bisa di anggap remeh karena sudah banyak mereka yang berhasil dan sukses dengan model bisnis yang kecil ini. Dengan modal usaha yang tidak memakan biaya yang besar, warung kopi sederhana adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan syarat kalian bisa melihat dan mempelajari strateginya.

Jika kalian lihat, hampir di setiap daerah mulai perkampungan hingga kawasan perkotaan selalu ada spot-spot tertentu yang bisa kalian temukan ada warung kopi. Di kota itu, para pelaku usaha warung kopi hampir dapat ditemukan si setiap perkampungan bahkan ke semuanya selalu ramai pengunjung dan mempunyai konsumen tetap yang solid.

Memang satu cangkir kopi di patok dengan harga Rp. 3.000,- untuk jenis kopi hitam atau pun kopi susu. Bahkan di kota Tulung Agung ada salah satu jenis kopi yang sangat tenar yaitu kopi hijau.

Bukan hanya di situ saja, kalau kita membahas kota Tulung Agung memang sudah tidak bisa jauh dengan warung kopi bahkan tidak bisa dipungkiri ada yang mampu memperoleh omzet hingga 3 juta per harinya dengan warung kopi sederhana ini. Bagi kalian yang ingin tahu tentang peralatan kedai kopi sederhana bisa kalian klik link yang berwarna biru ini.

1. Strategi Usaha Warung Kopi Sederhana

Baiklah, sekarang jika akan mencontoh dari kota yang sudah sangat terkenal dengan wisata kopinya, maka terdapat beberapa trik yang bisa dilakukan agar usaha warung kopi sederhana kalian bisa berjalan sesuai rencana dan juga pastinya akan membawa keuntungan.

1. Tentukan Target Yang Akan di Bidik

Usaha Warung Kopi Sederhana

Perhatikan terlebih dahulu siapa yang kira-kira nantinya yang akan singgah di warung kopi kalian.

Terdapat 3 target pelanggan yang bisa kalian jadikan acuan dan untuk merencanakan strateginya yaitu:

  1. Masyarakat Umum
  2. Kalangan Remaja
  3. Hanya lingkungan sekitar

Dari ketiga target itu sangat perlu dipahami karena akan menentukan kelangsungan warung kopi yang kalian rintis.

1. Untuk Masyarakat Umum 

Warung kopi yang paling tepat untuk target pelanggan ini adalah seperti lokasi di pasar, pinggiran pasar, atau daerah sekitar terminal.

Cukup dengan model tenda atau semi permanen sudah bisa kalian jadikan lahan usaha. Karena mereka yang singgah kebanyakan hanyalah bersifat mampir ngopi tidak bisa di target sebagai pelanggan tetap.

2. Untuk Remaja dan Muda Mudi 

Ini yang akan jauh beda dengan target pertama. Saat ini acara ngopi sudahlah bukan untuk orang tua, kenyataannya banyak remaja yang sudah gemar ngopi sambil nongkrong berlama-lama.

Untuk warung kopi dengan target kalangan ini maka kalian harus membuat fasilitas lebih menarik meskipun konsepnya tetap warung kopi sederhana.

Misalkan saja diberikan jaringan Wifi atau disediakan Tv dan musik untuk memberikan kesan santai bagi pengunjung.

Artinya desain warung kopi kalian minimalis sudah memiliki tempat yang bukan hanya sekedar warung tenda atau semi permanen lagi.

3. Warung Lingkungan Sekitar 

Jika akan membuka warung kopi sebagai usaha rumahan, dengan target pelanggan hanya sebatas warga sekitar rumah atau kampung maka konsepnya bisa dari yang dua poin di atas.

Warung kopi kalian cukup menggunakan fasilitas di rumah seperti memanfaatkan teras rumah atau membuat kedai kecil di sekitar rumah.

Terkadang warung kopi rumahan akan ramai pada jam tertentu setelah masyarakat sudah lepas dari jam sibuk. Mereka akan memanfaatkan waktu ngopi sambil ngobrol bersama tetangga dan biasanya juga akan banyak terjadi bisnis di sini.

Untuk pelengkapnya cukup kalian sediakan Tv dan memutar chanel berita akan lebih digemari oleh bapak-bapak yang sedang bersantai sambil ngopi.

2. Sajikan Juga Menu Murah Selain Kopi

Usaha Warung Kopi Sederhana

Untuk melengkapi hidangan warung kopi sederhana tentunya tidak hanya sekedar jenis minuman saja, tetapi menyediakan beberapa jenis makanan ringan juga bisa menjadi penambah penghasilan.

Selanjutnya, pengunjung juga pasti tidak akan lega jika di warung kalian tidak memiliki pilihan  lain meskipun hanya makanan ringan kacang goreng atau jajanan lainnya.

Jika kalian belum mempunyai pelanggan yang tetap, jangan sekali kali kalian menyediakan menu yang beresiko seperti membuat jajanan gorengan yang mana tidak akan bisa digunakan untuk besok jika hari ini tidak laku.

Sediakan saja makanan ringan kering yang tahan lama dan tidak mudah basi dengan cara menerima titipan dari orang lain dengan perhitungan komisi atau bayar yang laku.

Jadi itulah dia pembahasan tentang usaha warung kopi sederhana. Semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu kalian yang sedang membangun usaha kopi sederhana ini. Bagi kalian yang ingin lebih mau mengetahui tentang peralatan coffee shop sederhana bisa kalian klik link yang berwarna biru ini. Semoga bermanfaat!.

Comments are closed.