Yuk Simak Resep Rica Rica Ayam Pedas Manis Yang Enak Dan Mudah Di Buat

Yuk Simak Resep Rica Rica Ayam Pedas Manis Yang Enak Dan Mudah Di Buat

Lagi pengen rica rica ayam tapi males beli? Kalau begitu kamu bisa buat sendiri dirumah dengan menyimak resep rica rica ayam pedas berikut ini. Oke langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Rica Rica Ayam

Rica-rica ayam adalah salah satu masakan khas yang berasal dari daerah Manado yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Pada artian bahasa Manado, kata “rica” sendiri yaitu“cabai” atau “pedas”. Daging ayam memang yang paling umum untuk dibuat sebagai rica-rica, tetapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar, dan seafood dapat diolah menjadi masakan rica-rica yang enak.

Untuk bisa mendapatkan cita rasa pedas yang khas, rica-rica biasanya menggunakan banyak cabai merah dan cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, sedikit garam dan juga gula. Setelah itu semua bahan ditumbuk sampai halus, kemudian dimasak bersama dengan santan, dan dicampur dengan daun jeruk, serai, dan perasan jeruk nipis.

Resep Rica-Rica Ayam Pedas

Bahan:

  • Ayam kampung 1 ekor, hilangkan bulunya bisa menggunakan mesin pencabut bulu ayam lalu cuci bersih, potong menjadi 8 bagian
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • Garam 1 ¾ sdt, atau sesuai selera
  • ½ sdt gula pasir, atau sesuai selera
  • Daun jeruk 4 lembar, cuci bersih lalu buang tulang daunnya
  • Serai 2 batang, cuci bersih kemudian memarkan supaya aromanya keluar
  • 300 ml air
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis

Bumbu Rica Rica Ayam Pedas:

  • Cabai merah 6 buah, buang tangkainya
  • Tomat 1 buah, cuci bersih
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe ukuran sedang, kupas kulit luarnya

Cara Membuat Rica Rica Ayam Pedas:

  1. Pertama-tama, lumuri daging ayam yang sudah dipotong dengan campuran 1 sdt garam dan juga perasan jeruk nipis sampai merata.
  2. Kemudian, diamkan selama kira-kira 15 menit hinggameresap, sisihkan.
  3. Lalu tumbuk kasar semua bahan bumbu rica-rica. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak Kemudian tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar hingga harum.
  4. Setelah itu tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk lagi.
  5. Kemudian masukkan daging ayam yang telah disiapkan tadi ke dalam tumisan, aduk sampai berubah warna dan bumbunya meresap.
  6. lanjut, tuangkan sisa garam dan gula pasir lalu aduk lagi sampai merata. Tambahkan air dan biarkan sampai bumbunya meresap.
  7. Aduk sesekali supaya peresapannya maksimal lalu angkat.
  8. Rica-rica ayam pedas  siap dihidangkan!

Baca juga: cara masak rica rica jawa

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

 1. Mengontrol Tekanan Darah

Daging ayam, bersama dengan kacang-kacangan, sayur dan juga buah sudah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi tentu saja, manfaat daging ayam yang satu ini baru dapat didapatkan jika Anda mengolahnya dengan cara yang sehat, bukan dengan digoreng atau dimasak dengan menggunakan banyak garam ataupun natrium.

2. Menurunkan Kolesterol

Apabila dimasak dengan cara yang sehat, lemak jenuh yang terkandung pada ayam tergolong rendah. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi lemak jenuh berlebih adalah salah satu penyebab utama naiknya kadar kolesterol dalam darah.

3. Menguatkan Tulang

Kandungan protein yang terdapat pada daging ayam, bersama dengan kalsium bisa membantu untuk melindungi tulang dari kerusakan. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup supaya tulang tetap kuat dan sehat.

4. Meningkatkan Massa Otot

Untuk Anda yang ingin mempunyai bentuk badan yang ideal, mengonsumsi daging ayam bisa menjadi salah satu cara untuk dapat mempertahankan massa otot. Manfaat daging ayam kali ini juga akan mampu didapatkan secara lebih maksimal jika dipadukan dengan latihan beban.

Itu saja penjelasan saya tentang resep rica rica ayam pedas. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca. Jika anda tertarik simak juga bumbu rica rica ayam pedas. Sekian dari saya dan selamat mencoba!

Comments are closed.