Resep Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Dengan Takaran Gelas

Resep Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Dengan Takaran Gelas

Membuat bolu pisang panggang yang rasanya tidak kalah enak dengan bolu yang dijual di toko kue dengan resep yang sangat mudah dan bahan yang mudah didapatkan. Salah satu varian bolu panggang yang enak dan banyak peminatnya adalah bolu pisang panggang. Karena bolu pisang panggang merupakan kue yang memiliki banyak peminat dari semua kalangan.

Bolu Pisang Panggang

Resep cara membuat bolu pisang panggang dengan takaran gelas

Bolu pisang panggang adalah bolu yang disukai banyak orang dari semua kalangan. Hampir di setiap acara kue bolu panggang ini menjadi salah satu menu atau yang disukai orang untuk hidangan. Karena bolu pisang panggang sangat cocok untuk dihidangkan pada saat bersantai sambil meminum teh hangat atau kopi panas. Tampilan bolu pisang panggang yang sederhana dan rasanya yang lezat membuat banyak orang ingin tahu resep atau cara membuat bolu pisang panggang. Cara membuat bolu pisang panggang bisa dibilang sangat sederhana untuk dibuat dan bahan mudah untuk didapat, jadi kamu pasti bisa membuatnya sendiri.

Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Dengan Takaran Gelas

Resep cara membuat bolu pisang panggang dengan takaran gelas

Bahan Untuk Membuat Bolu Pisang Panggang Takaran Gelas:

  1. 5 buah pisang ayam besar.
  2. 4 butir telur.
  3. 11/4 gelas atau 200 gr duralex terigu segitiga biru.
  4. 1 gelas duralex gula pasir.
  5. 3/4 gelas minyak.
  6. 1 sdm susu bubuk.
  7. garam Sejumput.
  8. 1 sdt baking soda.
  9. 1/2 sdt Vanili.
  10. Tbm .

Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Dengan Takaran Gelas:

  1. Pertama panaskan oven terlebih dahulu.
  2. Lalu haluskan buah pisang di wadah yang terpisah dan tambahkan baking soda aduk sampai tercampur merata.
  3. Campurkan telur, gula, tbm, vanili dan gula larut  didalam wadah lalu aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur merata.
  4. Turunkan kecepatan mixer ke speed yang rendah dan masukkan tepung, susu bubuk, sejumput garam kedalam adonan yang tadi di aduk. Kemudian masukkan buah pisang yang sudah dihaluskan terlebih dan minyak. Aduk sampai merata. Jangan terlalu lama mengaduk adonan bolu, jika adonan sudah tercampur dan minyak tidak mengendap di bawah saja.
  5. Masukkan adonan ke dalam loyang. Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan menggunakan margarin dan diberi taburan tepung agar adonan bolu tidak lengket di loyang.
  6. Hentakkan loyang dengan perlahan, agar udara didalamnya keluar jangan menghentak loyang dengan sangat kencang agar adonannya tidak keluar dari loyang.
  7. Panggang adonan bolu di dalam oven selama kurang lebih 30 menit dan tunggu sampai matang. Ketika bolu suda naik dan memiliki aroma yang harum, tusuk bolu dengan menggunakan lidi jika sudah tidak lengket dan samping bolu sudah lepas dari pinggiran loyangnya berarti bolu tersebut sudah matang.

Baca Juga:Resep dan Cara membuat bolu pisang

Tips Menyimpan Buah Pisang Agar Tahan Lama

Resep cara membuat bolu pisang panggang dengan takaran gelas

1. Usahakan untuk membeli pisang yang setengah mata

Jika ingin menyimpan buah pisang dalam jangka waktu yang lama, maka belilah buah pisang yang belum terlalu matang sempurna. Ketika ingin mengetahui kematangan buah pisang bisa dilihat dan memperhatikan pada bagian tengah kulit buah pisang terlebih dahulu. Buah pisang yang setengah matang biasanya memiliki warna kulit yang kuning bersih atau kehijauan dengan bagian pinggirnya yang masih berwarna hijau. Ciri tersebut dapat membuat buah pisang memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk dapat menyimpannya.

2. Tidak menyimpan pisang yang terkena matahari secara langsung

Buah pisang yang berkualitas dan bagus memiliki kondisi kulit pisang yang halus dan juga bersih. Pisang yang tidak memiliki bintik hitam dikulitnya menandakan buah pisang sudah terlalu matang. Selain itu, buah pisang yang sudah dikupas atau sudah rusak juga akan mempercepat buah pisang menjadi busuk karena terkena udara secara langsung. Untuk menjaga buah pisang agar tidak cepat membusuk jauhkan buah pisang dari sinar matahari secara langsung. Simpan saja buah pisang di dalam ruangan dengan suhu yang normal agar warna kulit buah  pisang tidak berubah warna.

3. Bungkus batang pisang dengan plastik bersih

Membungkus batang buah pisang dengan menggunakan plastik yang bersih dapat membuat buah pisang menjadi tahan lama. Karena buah pisang dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat untuk mempercepat proses pematangan pada bagian batangnya. Jika membungkus batang buah pisang dengan menggunakan plastik yang bersih dapat memperlambat pelepasan gas etilen tersebut. Jika ingin memperlambat pelepasan gas etilen lebih lama, bungkus saja setiap bagian buah pisang. Atau juga dapat memisahkan buah pisang dan membungkusnya dengan cara satu satu dengan menggunakan plastik yang bersih.

4. Pastikan pisang mendapatkan sirkulasi udara

Dengan keadaan buah pisang yang sudah matang kedalam plastik yang bersih, maka buah pisang tidak akan mendapatkan udara sesuai dengan kebutuhannya. Kondisi buah pisang bisa menjadi cepat matang dan juga membusuk. Pastikan juga buah pisang untuk mendapatkan sirkulasi udara yang sangat cukup. Bisa juga untuk menggantungkan buah pisang agar dapat memudahkan buah pisang mendapatkan udara yang cukup.

5. Simpan dengan cara digantung dan terpisah dari buah lainnya

Menyimpan buah pisang dengan cara menggantungnya. Cara tersebut agar buah pisang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, buah pisang juga bisa untuk mendapatkan sirkulasi udara yang tepat dan cukup untuk dapat memperlambat proses pematangan buah pisang jika disimpan dengan cara digantung. Simpanlah buah pisang dengan terpisah dari buah lainnya, untuk dapat mencegah terjadinya penyebaran gas etilen yang dapat membuat buah pisang menjadi cepat matang.

6. Jangan simpan di lemari es

Suhu yang dingin di dalam lemari es akan membuat buah pisang menjadi melunak dan juga dapat membusuk. Jadi, simpanlah buah pisang pada suhu ruangan yang normal saja. Simpanlah buah pisang dengan cara yang benar yaitu diletakkan pada suhu ruangan, jangan di tempat yang bersuhu dingin atau diruangan yang terpapar sinar matahari secara langsung. Agar buah pisang dapat bisa melalui proses pematangan yang sempurna dan tidak akan terlalu cepat untuk matang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui bagaimana cara membuat bolu panggang agar mengembang kamu bisa membaca atikel Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments are closed.