Berikut Ini Perlengkapan Untuk Jualan Jus Buah yang Anda Perlu Ketahui

Berikut Ini Perlengkapan Untuk Jualan Jus Buah yang Anda Perlu Ketahui

Perlengkapan untuk jualan jus buah yang dibutuhkan untuk memulai usaha jus buah sangat sederhana. Alat dan bahannya sangat banyak dijual di pasaran sehingga mudah untuk dicari. Berikut rincian mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan untuk jualan jus buah.

Baca juga : Bagaimana Cara Memulai Usaha Waralaba Juice Buah? Simak Penjelasan Berikut Ini!

 

Perlengkapan yang dibutuhkan Untuk Jualan Jus Buah

perlengkapan untuk jualan jus buah

Sebelum memulai usaha jus buah, Anda pasti ingin tahu terlebih dahulu mengenai alat dan bahan atau perlengkapan untuk jualan jus buah. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan :

1. Blender Perlengkapan Utama Usaha Jus Buah

perlengkapan untuk jualan jus buah

Sudah pasti jika ingin membuat jus Anda membutuhkan blender. Blender digunakan untuk menghaluskan buah yang sudah dipotong dan dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan susu.

Tidak butuh blender dengan harga yang mahal, cukup beli dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya bagus. Biasanya harga blender kisaran 150-600 ribu rupiah.

2. Mesin Cup Sealer

Mesin pengemas plastik atau biasa disebut dengan mesin cup sealer merupakan salah satu mesin yang fleksibel untuk dimiliki. Jika Anda ingin tampilan kemasan jus buah lebih menarik, Anda bisa menggunakan mesin cup sealer.

Tetapi, jika Anda ingin menghemat biaya Anda bisa menggunakan tutup cup yang biasa saja. Harga mesin ini kisaran 700 ribu rupiah saja. Guna mesin ini yaitu untuk menutup jus secara rapat sehingga jus tidak akan tumpah di tangan konsumen.

3. Lemari Etalase

Alat ini diperlukan untuk menyimpan sekaligus menampilkan buah apa saja yang tersedia di kedai Anda kepada konsumen. Khusus alat ini, Anda bisa memilih sesuai dengan luas kedai usaha Anda.

Beberapa usaha jus di kota besar memiliki etalase yang relatif memanjang. Namun, jika Anda hanya ingin membuka usaha kecil, Anda bisa membeli etalase yang kecil saja sehingga harganya lebih murah.

4. Cup dan Gelas

Sediakan cup untuk konsumen yang ingin membawa pulang jus dari kedai Anda atau ingin layanan take away. Sebaiknya selain menyediakan cup, Anda juga sediakan gelas untuk konsumen yang ingin minum di tempat atau layanan dine in.

Anda bisa menyediakan gelas dengan berbagai macam bentuk yang unik. Untuk memperoleh gelas yang unik, Anda bisa mencarinya di marketplace. Cup bisa diperoleh di toko plastik dengan harga yang murah.

5. Sedotan

Cup tidak akan lengkap jika tidak ada sedotan. Jus akan susah diminum jika tidak ada sedotan. Jika tutup cup disobek, jus akan berantakan kemana-mana. Sedotan memiliki fungsi untuk mempermudah konsumen ketika ingin mengonsumsi jus.

Anda bisa memperoleh sedotan di tempat yang sama ketika Anda membeli cup. Pilih sedotan yang ukurannya sesuai dengan panjang cup dan gelas Anda.

6. Termos Es Batu

Jus umumnya dinikmati dalam keadaan dingin dan jarang sekali bahkan hampir tidak pernah dijumpai jus dinikmati dalam keadaan hangat. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan termos es batu untuk menyimpan es batu.

Ukuran termos yang diperlukan disesuaikan dengan jumlah cup atau gelas produksi jus buah dalam seharinya. Harga termos es batu cukup murah, tidak sampai 100 ribu rupiah.

7. Meja

Peralatan ini digunakan untuk menaruh semua alat dan bahan untuk membuat jus buah. Meja umumnya berupa meja biasa atau meja yang langsung terhubung dengan lapak. Harga meja yang langsung terhubung dengan lapak lebih mahal daripada meja biasa.

8. Peralatan Dapur

Anda memerlukan beberapa peralatan dapur untuk membuat jus buah. Misalnya pisau untuk mengupas dan memotong buah, gelas dan sendok takar, dan lain sebagainya. Tidak perlu membeli peralatan dapur, cukup memakai peralatan yang sudah ada di rumah Anda.

Jika masih ada kekurangan baru Anda bisa membelinya. Hal ini bisa meminimalisir pengeluaran uang.

9. Banner dan Kertas Menu

Perlengkapan satu ini juga harus dimiliki oleh pengusaha kuliner, termasuk jus buah. Hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar tahu bahwa Anda membuka kedai jus. Kertas menu digunakan untuk mempermudah konsumen yang ingin membeli jus buah Anda.

10. Kantong Plastik Perlengkapan Terakhir Usaha Jus Buah

Kantong plastik perlu disediakan untuk konsumen yang ingin membawa pulang jus buah dari lapak Anda atau take away. Siapkan kantong plastik seperlunya saja dengan ukuran kecil atau sedang.

 

Kesimpulan Perlengkapan Usaha Jus Buah

perlengkapan untuk jualan jus buah

Dari rincian perlengkapan di atas membuktikan bahwa modal untuk membuka usaha jus buah tidak besar. Anda bisa memanfaatkan perlengkapan yang ada dan melengkapi kekurangannya dengan membeli yang harganya terjangkau.

Apapun opsi yang Anda pilih untuk membuka usaha jus buah, jangan lupa untuk merencanakan usaha jus buah Anda dengan matang.

Comments are closed.