Pakan Alternatif Kambing Selain Rumput Yang Sehat

Pakan Alternatif Kambing Selain Rumput Yang Sehat

Seperti yang kita ketahui ada banyak jenis pakan alternatif kambing selain rumput yang bisa kamu coba sebagai variasi makanan dan sumber nutrisi.

Cara merawat kambing memang gampang-gampang susah. Beternak kambing memang sangat menguntungkan karena kebutuhan pasar akan hewan yang satu ini masih sangat tinggi. Sebagai hewan Qurban, Aqiqah, memenuhi permintaan restoran gulai dan sate adalah contoh kebutuhan akan hewan yang satu ini.

Merupakan jenis hewan mamalia yang bereproduksi dengan melahirkan menyusui. Hewan ini dapat melahirkan anakan sebanyak 1 sampai 3 ekor dalam satu kali melahirkan. Domba merupakan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan atau disebut dengan herbivora. Domba mengkonsumsi hampir 100% hijauan atau tumbuh-tumbuhan setiap harinya. Hewan domba juga memakan jenis pakan kambing selain rumput seperti buah-buahan.

Jenis Pakan Kambing

Meskipun kambing merupakan hewan herbivora, namun ia tak selamanya hanya makan rumput saja. Sebagai peternak, Anda harus memberikan variasi makanan yang lain supaya ternak mendapatkan gizi, nutrisi dan zat pertumbuhan lainnya.

Alaminya, kambing ini merupakan hewan herbivora, artinya kambing adalah hewan yang mengkonsumsi makanan berupa hijauan atau tumbuh-tumbuhan. Makanan utama domba sebenarnya adalah hijauan seperti rerumputan. Hewan kambing juga memakan jenis makanan kambing selain rumput seperti konsentrat. Merupakan makanan kambing yang diracik untuk menambah mineral yang dibutuhkan oleh kambing. Selain jenis makanan kambing selain rumput ada banyak seperti buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya.

Umumnya jenis makanan kambing adalah berupa tumbuhan atau hijauan. Banyak diketahui orang yang tahu bahwa makanan kambing adalah rerumputan. Memang ada perbedaan beberapa jenis rumput yang termasuk rerumputan dan bukan rerumputan. Untuk mempermudah dalam memotong rumput bisa gunakan mesin chopper rumput perajang rumput. Makanan hijauan ini sebenarnya bukanlah makanan utama yang paling domba sukai.

Jenis-jenis pakan kambing selain rumput yang bisa peternak sediakan jikalau jumlah rumput menipis di daerah peternak. Ada beberapa makanan kambing ada yang berasal dari jenis rerumputan, semak, dedaunan dan buah-buahan.

Pakan Alternatif Kambing Selain Rumput

Ampas Tahu

Merupakan hasil sisa atau limbah hasil dari pengolahan kedelain menjadi tahu ataupun susu kedelai. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka dari itu, ampas tahu juga baik untuk mendukung pertumbuhan domba pada penggemukkan.

Jerami Fermentasi

Kebanyakan jerami fermentasi merupakan makanan yang diberikan pada sapi sebagai pengganti rumput. Jumlah zat serat cukup sebagai pengganti rumput namun sedikit energi dan zat mineral yang lain sehingga penggunaannya harus tetap dicampurkan dengan jenis makanan yang lain.

Gedebok Fermentasi

Jenis pakan alternatif kambing selain rumput yang bertujuan untuk mengatasi ketergantungan rumput dan daun-daunan yang lain. Gedebok bisa diberikan sebagai pakan kambing. Melainkan, dalam penggunaannya harus diperhatikan karena gedebok tidak memiliki semua unsur mineral yang dibutuhkan kambing.

Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan salah satu pakan alternatif ternak yang paling ideal terutama untuk kambing. Makanan ini mengandung tinggi serat dan kadar gulanya juga cukup tinggi terutama kulit jagung manis.

Semangka

Jenis buah ini yang kaya dengan air juga bisa menjadi pakan alternatif kambing. Untuk jenis pakan kambing ini dari buah semangka ini sebaiknya pilih yang kualitasnya terbaik. Dalam arti, hanya gunakan semangka yang masih segar.

Melon

Buah melon sangat baik untuk kesehatan kambing. Kaya dengan vitamin dan air. Membuat kambing selalu perkasa. Untuk jenis pakan kambing dari melon bisa diberikan sesekali saja, mengingat budgetnya akan tinggi pasti kalau pakai buah ini. Soalnya harganya kan mahal.

Nasi

Kadang-kadang manusia sering menyisakan nasi dari dapurnya. Daripada nasinya dibuang, bisa banget diberikan pada kambing.

Nah diatas beberapa jenis pakan domba selain rumput yang bisa diberikan. Alangkah baiknya, pemberian pakan ini bukan hanya karena kehabisan stok rumput namun karena memang ingin memberikan variasi makanan. Pemberian gizi dan nutrisi untuk ternak tidak cukup hanya dengan rumput saja. Hal ini wajib diketahui oleh peternak.

Untuk ingin lebih tau tentang berbagi artikel usaha dan bisnis kalian bisa baca juga pada tehnoblogija ini, seperti cara merawat kambing etawa, binatang ternak pemakan rumput, dan lain lain.

Demikian untuk artikel pakan alternatif kambing selain rumput dan untuk kalian yang ingin  untuk memulai usaha bisa baca artikel lain disini, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Comments are closed.