Wajib Baca! Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil

Wajib Baca! Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil – Kelapa – Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal karena kaya akan manfaat serta  tersebar di banyak tempat, tak terkecuali di indonesia. Hampir seluruh bagian tumbuhan  ini dapat dimanfaatkan. Diantara seluruh bagian tumbuhan ini, yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

 

Buah kelapa yang paling sering dimanfaatkan adalah jenis buah kelapa muda, karena banyak  yang menganggap kelapa muda lebih segar dan lebih banyak manfaat dibanding kelapa tua. Anggapan tersebut tidak benar, sebab fakta membuktikan buah kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding kelapa muda. Semakin tua umur kelapa, maka kandungan nutrisi air dan daging buahnya juga semakin baik dan besar.

 

Baca Juga : Resep Sate Klopo Ondomohen!

 

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, serta mineral. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Protein dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Vitamin c bermanfaat menjaga sistem tubuh dan sebagai antioksidan. Sementara mineral bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat air kelapa tua untuk ibu hamil..

 

Berikut kami sajikan secara detail manfaat – manfaat air kelapa tua untuk ibu hamil

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil

Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil memang banyak, namun semuanya masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Jika kamu ingin minum air kelapa selama mengandung, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

 

Sumber elektrolit dan juga antioksidan

Air kelapa tua mengandung elektrolit, meminum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness (kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan ) . Air kelapa tua pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang lebih maksimal, pilihlah air kelapa segar atau air kelapa yang langsung diambil dari pohonnya, bukan air kelapa kemasan.

 

Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kelapa.

 

Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti klorida, natrium, dan kalium.

 

Baca Juga! Manfaat Air Kelapa Tua Lengkap

 

Hal yang perlu diperhatikan oleh Ibu hamil sebelum mengkonsumsi air kelapa tua

Walaupun air kelapa tua memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui jika hendak mengonsumsinya. Berikut beberapa nasihat sebelum anda mengonsumsi air kelapa tua:

 

  1. Upayakan untuk mengkonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi yang ada di dalamnya masih utuh sehingga maksimal manfaatnya.

 

  1. Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Meskipun enak dan menmiliki banyak manfaat, jangan sampai anda mengganti air kelapa dengan air putih sebagai kebutuhan. Tetap saja air putih adalah minuman utama.

 

  1. Ibu yang sedang hamil tidak perlu memaksakan diri untuk mengonsumsi air kelapa jika tidak suka dengan rasanya atau malah membuatnya merasa tidak nyaman.

 

Demikian artikel tentang Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil. Semoga artikel tentang Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Comments are closed.