Ingin Tahu Apa Saja Jus Tomat Untuk Mata? Simak Artikel Berikut Ini dengan Baik!

Ingin Tahu Apa Saja Jus Tomat Untuk Mata? Simak Artikel Berikut Ini dengan Baik!

Banyak manfaat yang dihasilkan jus tomat untuk mata kita. Salah satu organ panca indra manusia yang sangat penting yaitu mata. Sekitar 80% yang kita rasakan berasal dari mata atau indra penglihatan kita.

Oleh karena itu, menjaga dan merawat kesehatan mata kita adalah hal yang sangat penting. Melakukan perawatan mata dengan baik akan mengurangi kemungkinan kehilangan penglihatan selama sementara, mengurangi risiko katarak, glaukoma, dan penyakit mata lainnya, serta mengurangi kemungkinan kebutaan.

Kita bisa mengonsumsi jus tomat untuk menjaga kesehatan mata kita. Di Indonesia tomat merupakan salah satu tanaman sayur yang bisa dipanen di segala musim. Tidak sedikit orang yang gemar mengonsumsi tanaman sayur yang satu ini.

Cara pengolahannya pun bermacam, bisa dibuat campuran olahan sayur atau bahkan dibuat minuman seperti jus tomat. Jus tomat biasanya dijual dalam kemasan botol. Ada juga yang dikemas menggunakan cup dan memanfaatkan mesin cup sealer untuk penutup cupnya.

Selain itu ada hal lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Misalnya dengan melakukan tes mata secara rutin, menghindari asap rokok, memberikan lensa kontak, mengonsumsi makanan bergizi, dan hal baik lainnya.

Baca Juga : Apa Saja Tips Jualan Jus Agar Laris? Simak Penjelasan Berikut Ini

 

Kandungan Jus Tomat Untuk Mata

jus tomat untuk mata

Kandungan yang ada pada buat tomat sangat beragam. Warna merah dari tomat menandakan adanya kandungan likopen dan betakaroten yang tinggi. Likopen dan betakaroten dikenal sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita.

Itu juga yang membuat tomat bagus untuk kesehatan mata. Hal ini dibenarkan oleh dr. Dini Dharmawidiarini, spesial mata di RMSU Surabaya. Beliau mengatakan bahwa buah tomat kata akan vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik untuk tubuh.

Dini juga mengatakan bahwa vitamin A yang terdapat pada buah tomat dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk melalui permukaan mata, kulit mata, dan juga selaput lendir. Sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada mata.

Vitamin A pada mata juga berfungsi untuk menjaga kelembapan mata sehingga tidak cepat kering. Bahkan Dini menyebut jika vitamin A dalam buah tomat dapat mencegah gangguan penurunan pada penglihatan seperti mata minus, silinder, katarak, hingga glaukoma.

Selain kaya akan vitamin A, nyatanya buah tomat juga mempunyai kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang sangat dibutuhkan oleh mata kita. Kedua senyawa ini dapat melindungi mata kita dengan cara menyaring gelombang cahaya biru yang diterima oleh mata.

Contohnya sinar ultraviolet B (UV B) yang memiliki potensi merusak jaringan mata. Lutein dan zeaxanthin juga bekerja sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan pada sel mata.

Untuk itu, Dini menyarankan kita agar rutin dalam mengonsumsi buah tomat setiap hari. Minimal kita mengonsumsi buah tomat sekali dalam sehari. Cara konsumsinya bisa dimakan langsung atau dibuat jus agar lebih enak dan lezat.

Cara Membuat Jus Tomat Untuk Mata

jus tomat

Selain kandungan yang disebutkan di atas, tomat juga rendah kalori. Dalam 100 gram tomat hanya mengandung 20 sampai 30 kalori dan mengandung serat sekitar 4,2 gram. Berikut beberapa cara untuk membuat jus tomat yang praktis:

1. Jus Tomat Segar

jus tomat untuk mata

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah tomat matang
  • 2 batang seledri ukuran besar
  • Madu sesuai selera
  • 2 sdm jeruk nipis
  • Air matang secukupnya
  • Es batu (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih tomat lalu kukus tomat selama kurang lebih 4 menit.
  2. Siapkan wadah blender dan juga tomat yang sudah dikukus. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya.
  3. Selanjutnya tambahkan air matang secukupnya dan haluskan bahan-bahan tadi hingga lembut.
  4. Sajikan dalam gelas.
  5. Tuangkan madu di atas jus tomat dan tambahkan es batu (opsional).
  6. Jus tomat segar siap dinikmati.

2. Jus Tomat Campur Wortel dan Jeruk Manis

tomat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah tomat
  • 1 buah wortel
  • 1 buah jeruk manis
  • 100 ml air es

Langkah-langkah

  1. Kupas buah jeruk lalu peras dan ambil airnya.
  2. Cuci bersih buah tomat dan wortel, kemudian potong-potong.
  3. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender. Haluskan hingga lembut.
  4. Sajikan dengan es batu jika ingin atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara. Bisa juga langsung diminum.

3. Jus Tomat Campur Buah Pepaya

tomat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 5 buah tomat
  • 1 potongan pepaya sedang
  • Air secukupnya
  • Es batu (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Kukus tomat selama 5 sampai 10 menit hingga kulitnya terkelupas sendiri.
  2. Ambil sari tomat menggunakan juicer dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  3. Masukkan sari tomat dan pepaya ke dalam blender. Haluskan hingga lembut.
  4. Jus tomat campur pepaya siap dihidangkan. Tambahkan es batu jika Anda ingin.
Comments are closed.