Dijamin Gak Gagal! Cobalah Cara Membuat Cupcake Lucu ini!

Dijamin Gak Gagal! Cobalah Cara Membuat Cupcake Lucu ini!

Yuk kita Intip cara membuat cupcake yang lucu, imut, lembut, dan pastinya lezat. Ada beberapa cara membuat dalam membuat kue kecil ini loh. Bahan – bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan tempat tinggal anda.

Cupcake memiliki bentuk yang cantik dan rasanya begitu nikmat. Kue mungil ini bentuknya mirip seperti miniature dari cake besar yang ditempatkan dalam cup – cup dari kertas beraneka warna. Pantas saja jika kue mungil ini digemari oleh semua kalangan karena bentuknya yang cantik nan menarik.

Pada Abad ke – 19 cupcake berkembang di Amerika dengan ukuran mini, namun tidak harus selalu begitu. Nama cupcake diberikan karena bahan-bahan yang dipergunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang.

Tradisi tersebut selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Kebiasaan tersebut lebih berkembang lagi, kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Sejak awal kemunculannya, cara membuat cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.

Cara membuat cupcake seperti ini bisa kita sesuaikan dengan teman yang dikehendaki karena cupcake juga dipandang praktis tanpa perlu dipotong-potong sebelum dibagikan. Dalam penyajiannya juga bisa ditambahkan sentuhan kreativitas agar cupcake tampil cantik dengan hiasan seperti butter cream, fondant, gula gula aneka warna bahkan dengan foto.

Kue imut ini juga bisa sebagai pengganti kue ulang tahun maupun kue pernikahan dengan disusun diatas tier yang bertingkat.

Bahan Cupcake :

  • 4 kuning telur
  • 125 gr margarin
  • 3 putih telur
  • 50 gr gula pasir halus
  • 20 gr tepung maizena
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 ml susu cair
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 50 gr gula pasir
  • pewarna ungu, kuning, merah, oranye, hijau secukupnya

 

Baca Juga : Yuk Coba Resep Cara Membuat Geplak Salak

 

Cara Membuat Cupcake :

  1. Masukkan margarin dan gula pasir halus dalam wadah dan kocok sampai lembut.
  2. Kemudian tambahkan kuning telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Lalu masukkan sisa tepung terigu dan maizena bergantian dengan susu cair sambil diayak dan dikocok perlahan. Sisihkan.
  4. Setelah itu kocok putih telur sampai setengah mengembang.
  5. Langkah Selanjutnya masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Setelah itu masukkan ke dalam kocokan margarin. Aduk rata.
  6. Tambahkan keju parut lalu aduk rata. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian, kemudian beri warna berbeda sesuai keinginan anda
  7. Masukkan adonan secara selang – seling ke dalam cetakan muffin besar yang telah dialasi cup kertas.
  8. Slanjutnya masukkan kedalam panggangan. Panggangkan dalam oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius selama 25 menit sampai matang.
  9. Jika sudah matang Keluarkan cup cake dari dalam oven, dinginkan sebentar terlebih dahulu dan cup cake siap untuk dihias sesuai selera.
  10. Jika Cup cake sudah dingin, cup cake sudah siap untuk dihidangkan, baik bersama susu, kopi ataupun teh. Akan lebih nikmat ketika dinikmati di sore hari bersama keluarga tercinta

Tips

Berikut ini kami berikan saran atau tips cara menyimpan cupcake agar sedikit lebih bertahan lama tanpa menggunakan bahan pengawet :

Untuk penyimpanannya tergantung jenis topper hiasannya. Jika krim, harus masuk kulkasdenvan wadah tertutup. Berbeda jika memakai icing, sebaiknya tidak tidak dimasukkan dalam kulkas karena kulkas bisa membuat icingnya berkerinvat dan tidak kokoh lagi bentuknya.

 

Comments are closed.