Ternyata Begini Loh Cara Mengkonsumsi Minyak Kelapa !!!

Ternyata Begini Loh Cara Mengkonsumsi Minyak Kelapa !!!

Cara mengkonsumsi minyak kelapa dalam sebuah daerah itu berbeda-beda. Bagaimanapun kelapa sangat mudah untuk diolah. Maksudnya sebagian besar minyak kelapa atau VCO adalah minyak berdasarkan hasil pengolahan kelapa sehingga dalam proses hingga berubah menjadi minyak. Ini penting untuk diketahui banyak orang karena sebagian besar orang tidak tahu tentang bagaimana cara mengkonsumsi minyak kelapa supaya bisa memberikan manfaat bagi kita.

VCO

VCO atau biasa yang kita kenal virgin coconut oil adalah minyak yang dihasilkan dari kelapa yang usianya cukup tua, tetapi  tetap dalam kualitas yang masih baik dan segar. Urutan langkah-langkah dalam proses pembuatan minyak kelapa masih tergolong menggunakan cara alami karena dalam pengolahannya pun tidak menggunakan suhu panas sangat tinggi sehingga aman dan juga tidak mencampurkan bahan-bahan kimia lainnya.

Dewasa ini VCO berhasil mengiklankan produknya yang sudah banyak digemari bahkan dikenal oleh kalangan luas. Adapun tentang virgin coconut oil karena sudah terkonfirmasi mempunyai manfaat dari VCO yang dapat menurunkan tekanan darah hingga memperlambat perambatan dari penyakit alzheimer.  Hal ini menjadi objek yang menarik terlebih banyak yang ingin bergabung menjadi salah satu agen dari VCO sendiri.

Mengulik dalam sebuah halaman di Health Line, pada bulan Juli  tahun 2016 memaparkan bahwa dari hasil survei di Amerika Serikat menunjukkan 72% orang percaya bahwa minyak kelapa menyehatkan, akan tetapi tetapi hanya 37 persen ahli gizi yang setuju. Data yang sudah valid ni membuktikan bahwa setidaknya minyak kelapa mempunyai banyak sekali manfaatnya karena sesuai dengan validasi hasil survei.

Manfaat Dari Minyak Kelapa

Manfaat Dari Minyak Kelapa

Ketika kita berselancar untuk belajar lebih dari cara mengkonsumi minyak kelapa juga tentang manfaat dari minyak kelapa jelas itu sangat banyak sekali. Lebih besar jangkauan dari manfaat kelapa, bukan hanya digunakan sebagai media untuk kesahatan semata, akan tetapi manfaat minyak kelapa juga sudah banyak ditemukan sebagai bahan pokok menambah kecantikan. Terlebih untuk masyarakat pedesaan olahan minyak kelapa sebagai bahan untuk olesan di muka secara rutinan.

Di bawah ini adalah penjelasan terkait manfaat cara mengkonsumsi minyak kelapa:

1. Mencegah Peningkatan Kolesterol Jahat

Dalam perkembangannya sekitar 2 jenis kolesterol saat ini, yang pertama  high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol jahat. Referensi mengenai HDL sudah terbukti dapat membantu untuk mengurangi tingkat perkembangan dari LDL dan tingkat HDL yang tinggi. Oleh karena itu minyak kelapa jelas dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan terutama di bagian jantung.

Penelitian yang sudah dilakukan sejauh ini menggambarkan kinerja para peneliti. Banyak ahli yang berdasarkan hasil riset yang berpendapat bahwa trigliserida rantai menengah (MCT), karena komposisi dalam minyak kelapa ini bisa membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik. Ukuran takaran untuk meminum minyak kelapa itu dengan 1 sdm dalam 2 kali dalam 8 minggu. Jika itu dilakukan secara rutin bisa dipastikan bahwa itu sudah bisa dikategorikan sebagai standarnya meminum minyak kelapa.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung, seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa buah kelapa adalah makanan yang mempunyai banyak manfaat.Merujuk hasil obervasi yang sudah dilakukan sudah menunjukkan hasil bahwa pada tahun 1981 terdata di penduduk Toke, sebuah pulau yang berada di Pasifik Selatan memperoleh lebih dari 60% kalori yang disebabkan dari kelapa.

Selain itu beberapa peneliti juga beranggapan dengan relevannya minyak kelapa dalam mengurangi tingkat penyakit dan meningkatkan kesehatan jantung. Terkhusus negara Indonesia yang termaktub di Papua Nugini juga banyak mengonsumsi kelapa karena disana sudah banyak sekali yang menanam sehingga mempercepat pertumbuhan.

3. Dapat Mendorong Pembakaran Lemak

Riwayat penyebaran penyakit sekarang, masyarakat dunia sudah mengenal penyakit yang kelebihan berat badan.Obesitas menjadi bulan-bulnan penyakit yang paling ditakuti. Salah satu penyebab obesitas yaitu tentang kondisi kesehatan terburuk dan terbesar pasalnya obesitas ini yang mempengaruhi juga mendominasi dunia Barat saat ini. Karena demikian banyak orang yang menyangka bahwa obesitas akibat dari banyaknya asupan kalori ke dalam tubuh sehingga mempersulit proses pembakarannya.

Ternyata, survei membuktikan bahwa Obesitas tidak hanya bergelut seputar itu. Obesitas hanya terfokus dalam aneka makanan yang masuk ke tubuh, semakin banyak varian yang dikonsumsi oleh tubuh manusia semakin juga memperburuk hormonnya. Dengan demikian MCT yang terkandung dalam intisari minyak kelapa bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar jika dibandingkan dengan asam lemak,

3. Efek Antimikroba

Jika kita belajar zat dalam tubuh manusia, kita mengenal arti zat asam. Asam yang dimaksud adalah Asam Laurat yang tepat berada dalam tubuh manusia. Asam Laurat mempunyai kinerja gerak yang dengan ini dapat membentuk kurang lebih  50% yang berasal dari asam lemak dalam minyak kelapa. Proses ini bermula saat tubuh kita mencerna asam laurat, maka dengan bersamaan juga ia membentuk zat yang disebut dengan zat monolaurin.

Perlu digaris bawahi bahwa yang bisa membunuh zat patogen dalam tubuh manusia juga salah duanya Asam Laurat dan Zat Monolaurin yang menganggu kekebalan tubuh. Misalnya jamur virus dan lain sebagainya. Pada kesempatan yang kain ada penelitian tabung reaksi yang menunjukkan bahwa zat dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah bakteri ini bisa menyebabkan infeksi Staph dan jamur Candida albicans atau induk infeksi tubuh manusia.

4. Melindungi Kulit, Rambut dan Gigi

Sekarang ini selain banyak manfaat yang lain VCO juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Selain bisa untuk merawat kelembaban pada kesehatan kulit bisa juga pada rambut, dan juga gigi. Produk yang sekarang digunakan juga biasanya mengandung minyak kelapa, apalagi untuk shampo dan lain sebagainya.

Referensi sebuah penelitian riset tentang manfaat kelapa menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan dapat juga mengurangi gejala eksim. Hal ini berarti VCO juga bisa melindungi kita rambut dari kerusakan, rambut yang kering. Karena 20% sinar ultraviolet yang terpancar masuk ek rambut terhalangi ataupun terlindungi dengan adanya minyak kelapa yang meneylimuti tubuh ataupun rambut kita.

5. Menigkatkan Fungsi Otak

Daerah yang disebut Demensia mempunyai penyakit yang bernama penyakit alzheimerita. Penyakit ini diderita atas dasar karena biasanya penyakit ini menyerang orang yang sudah lansia. Mengerikan sekali kondisi ini menyebabkan kelemahan pada tingkatan kemampuan otak untuk mentransformasi glukosa menjadi energi. Tidak kehabisan akal bahwa  para peneliti telah menyarankan bahwa keton bisa menyebarkan resonansi yang baik sebagai sumber energi alternatif.

Sehingga pada tahun 2006 para penulis memberikan data bahwa MCT dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dengan bentuk penyakit alzheimer yang lebih ringan. Pasalnya VCO digunakan sebagai minyak goreng yang lebih sehat dan bebas lemak. Adapun cara mengkonsumsi minyak kelapa ini menggunakan VCO untuk dicampurkan sedikit ke makanan atau buah.

Baca juga : Manfaat kelapa hijau bakar

Menarik sekali kan manfaat dari kelapa dan tentu masih banyak lagi manfaat-manfaat yang belum pernah dilakukan penelitian. Setelah kita juga mengetahui minyak kelapa sekarang mari kita sama-sama belajar bagaimana cara membuat minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa

cara membuat minyak kelapa

Setelah mengetahui cara mengkonsumi minyak kelaoa. Ingin sekali rasanya mengetahui mengenai bagaimana tahapan-tahapan untuk memulai membuat minyak kelapa. Apakah minyak kelapa juga langsung ada di kelapa?. Masih banyak yang masih perlu kita pelajari mengenai pengolahan membuat minyak kelapa apakah menggunakan mesin pengolah minyak kelapa atau bisa dengan cara yang manual?. Selengkapnya kita akan sama-sama belajar 3 cara membuat minyak kelapa :

1. Metode Fermentasi

Metode fermentasi adalah metode yang paling cocok untuk membuat atau cara mengkonsumsi minyak kelapa di rumah. Iya karena dengan cara metode ini bisa dipakai sebagai cara membuat minyak kelapa sendiri. Karena untuk membuat minyak kelapa dengan skala besar harus menggunakan mesin pengolah minyak kelapa. Kekurangan menggunakan metode fermentasi  hanya untuk hasilkelapa dengan skala yang lebih kecil.

Berikut tahapan yang akan kita pelajari tentang bagaimana cara membuat minyak kelapa sendiri dengan metode fermentasi :

  1. Langkah pertama menyiapkan kelapa kualitas baik dan segar.
  2. upaslah hingga merata kelapanya dan ambil daging kelapa untuk dibersihkan sampai bersih.
  3. Proses selanjutnya yaitu parut dan campurlah dengan air matang.
  4. Selanjutnya peraslah parutan kelapa sembari menuangkan air perasan kelapa parut tersebut ke botol atau wadah.
  5. Setelah semua selesai, diamkan dan simpan selama 24 jam di ruangan bersuhu kurang lebih 32 derajat celcius.
  6. Filterisasi penyesuaian antara pemisah air dan kelapa
  7. Ketika air dan minyaknya sudah terpisah segera angkat dan pisahkan
  8. Sehingga pada akhirnya hasil membentuk warna putih pucat

2. Metode Pemanasan

Dalam metode ataupun proses pemanasan ini membutuhkan waktu relatif lebih singkat jika dibanding dengan metode fermentasi. Oleh karena itu, metode pemanasa ini bisa dipakai untuk produks dengan skala jumlah besar. Berikut inipenjelasan tentang cara membuat minyak kelapa metode pemanasan:

  1. Langkah awal proses ini menyiapkan buah kelapa lalu dikupas lalu mengambil dagingnya.
  2. Parutlah daging kelapa hingga merata menggunakan parutan
  3. Siapkan air matang dan campurkan dengan hasil parutan tadi
  4. Setelah selesai peras dan saringlah air secara merata
  5. Siapkan penggorengan dan siapkan sedikit santan. Ukuran api menggunakan ukuran yang sedang
  6. Aduklah santan secara merata dan perlahan sehingga ada uap yang memisahkan air dan minyaknya
  7. Kalau sudah selesai ambil wadah dan taungkan hasil minyak tadi ke wadah

3. Metode Penyaringan

Hal yang perlu di perhatikan yaitu pada proses pembuatan minyak kelapa yaitu dengan metode penyaringan. Metode penyaringan termasuk cara yang tidak terlalu sulit, akan tetapi membutuhkan waktu yang lama yaitu 24 jam. Baik berikut cara membuat minyak kelapa dengan proses penyaringan:

  1. Pertama, kupas kelapa yang sudah tua .
  2. Jika sudah ptong dagingnya kecil-kecil
  3. Siapkan blender dan masukan kelapa lalu tambahkan sedikit air.
  4. Hasilnya disaring lalu diblender hingga menghasilkan santan, jika perlu masukan sedikit air
  5. Lakukan secara berulang sampai menghasilkan banyak santan
  6. Hasil santan yang sudah diolah masukan ke dalam wadah yang sudah disiapkan
  7. Setelah selesai, siapkan toples lalu masukan ke dalam toples dan diamkan selama 24 jam
  8. Dalam proses ini lebih baik disimpan di lamari yang dingin supaya hasilnya cepat terbentuk
  9. Tahapan terakhir buanglah dadih  sehingga didapat air minyak kelapa yang ada di toples.

Mudah sekali ternyata ada 3 metode proses pembuatan minyak kelapa. Baru saja kalian simak penjelasan dari proses olahan kelapa dan sepertinya ini ilmu baru karena ada 3 proses utama dalam proses pembuatan minyak kelapa. Selanjutnya kurang tepat rasanya jika kita juga tidak membahas tentang apa saja olahan dari kelapa. Olahan makanan dari kelapa yaitu tentang berbagai macam olahan

Dalam olahannya makanan yang akan dijelaskan juga termasuk kategori jajanan yang tergolong untuk masyarakat menengah ke bawah. Banyak kue-kue ini juga banyak dijumpai di pasar tradisional. Sekarang ini kita akan membahas pula tentang makanan dari olahan kelapa. Kita pasti sudah tau apa saja olahan makanan dari kelapa yang mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Aneka Olahan Makanan Dari Kelapa

aneka olahan dari kelapa

Negara beriklim tropis salah satunya adalah negara Indoensia, tentu negara yang kita cintai ini mempunyai banyak sekali pohon kelapa tumbuh subur sepanjang mata memandang. Ujung pojok negeri yang tersebar di semua wilayah Indonesia mempunyai ataupun ada pohon kelapa.Karena pohon kelapa ini termasuk pohon yang bisa dimanfaatkan mulai dari daun, buah, batang, hingga ke akarnya.

Kelapa ini merupakan buah paling bernilai ekonomis selain pas juga di kantong. Buah kelapa yang masih muda juga tentu menjadi momok bagi masyarakat Indonesia yang biasa kita kenal dengan es degan. Yaitu olahan kelapa muda yang terkenal rasa airnya yang menyegarkan dan melepas dahaga. Pesatnya kuliner merambah ke beberapa restoran sudah banyak menggunakan kelapa sebagai bahan atau sebagai menu pokok. Bahkan jenis kuliner Indonesia yang juga menggunakan kelapa sebagai bahan campuran masakannya.

Mau tahu olahan makanan yang terbuat dari kelapa?. Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Kue Pancong

Kue pancong merupakan jajanan khas betawi Betawi yang bahan pokoknya terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Makanan yang satiiu ini juga dikenal dengan nama unik yaitu bandros dan gandos. Cetakan yang berbentuk setengah lingkaran ini yang menyebabkan kue ini terkenal sehingga kue ini sangat mudah untuk digenggam oleh tangan.

Beberapa wilayah di Indonesia kue pancong menjadi langganan jajan sore hari, tidak jarang kue pancong dijadikan sebagai menu pokok ketika sarapan. Tapi makanan ini bahan dasar utamannya adalah kelapa. Hal  ini juga yang menciptakan rasa yang khas pada kue pancong sehingga sangat enak ketika dinikmati sendiri ataupun bersama.

2. Kue Rangi

Kue Rangi juga termasuk makanan khas Betawi, ketika melihat kue ini nampak memiliki kemiripan dengan kue pancong. Yang perlu dibedakan sebenarnya antara kue pancong dan kue rangi keduanya mempunyai perbedaan masing-masing, meski dalam proses pembuatan adonannya menggunakan kelapa parut.

Karena aromanya yang mempunyai khas inilah mengapa kue ini disebut dengan kue Rangi. Mempunyai bau yang sangat wangi saat proses pembakaran, menjadikan kue ini sebagai kue yang mempunyai harum yang khas. Adonan dari tepung sagu adalah bahan utama dikala akan membuat kue Rangi ini.  Adonan yang sudah dibuat tadi dicampurkan dengan kelapa parut yang sifatnya kasar. Pada akhir kue ini tambahkanlah gula merahyang sudah direbus sehingga menambah rasa manis.

3. Gemblong

Untuk daerah sunda khususnya Jawa Barat gemblong menjadi makanan anak-anak dan juga orang dewasa. Alasan kenapa makanan ini mempunyai rasa yang sangat manis adalah sajian yang banyak gula sehingga banyak digemari anak-anak. Gemblong sendiri bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua. Adonan gemblong oles sampai berbentuk seperti bola, lalu kemudian digoreng. Tak lupa tambahkan gula sebagai pemanis.

4. Wingko Babat

Makanan khas Jawa Tengah ini khususnya kota semarang menjadi salah satu makanan yag menjadi wajib untuk dibawa ke rumah. Wingko Babat ini menjadi makanan dengan mempunyai citra rasa yang manis. Sekarang Wingko Babat sudah banyak varian rasa, banyak sekali kita temukan di stasiun, warung-warung pinggir jalan sudah banyak sekali yang berjualan wingko babat ini.

Wingko Babat adalah olahan kue yang dari kelapa parut, tepung beras ketan dan gula pasir. Semuanya dicampurkan dan setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk dalam bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga berwarna kehitaman. Dalam proses ini kelapa parut yang digunakan untuk wingko harus kelapa muda supaya tekstur yang dihasilkan lebih baik dan enak.

5. Kue Putu

Siapa yang tidak tahu kue yang  mempunyai ciri khas berupa bunyi seperti peluit. Tepat sekali kue putu terkenal dengan bunyi yang menandakan lokasi keberadaan pedagang kue putu. Selain untuk mengundang para pembeli datang suaranya juga sudah terkenal khas di telinga para penggemar kue putu. Seingga meskipun jaraknya sudah jauh tapi sekali mendengar suaranya langsung lapar isi perut.

Kue Putu adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam. Adapun cara pembuatannya juga sangat unik sekali karena membuatnya dengan cara dikukus dalam wadah bambu yang biasanya diisi dengan gula merah, sehingga keluar asap dan mempunyai bau yang khas sehingga kue ini sangat nikmat untuk dimakan bersama. Karena harganya terjangkau murah.

6. Geplak

Tidak salah lagi Geplak menjadi makanan khas Yogyakarta yang cara membuatnya menggunakan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Kemudian olahan kelapa ini dicampur dengan tepung beras dan gula pasir atau gula Jawa. Akan tetapi biasanya geplak mempunyai tiga warna dasar yaitu merah muda, hijau, dan putih. Geplak sekarang ini sudah menjadi makanan terfavorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Terimakasih buat temen-temen yang sudah membaca, semoga apa yang kalian dapat bisa bermanfaat dan juga bisa menambah ilmu. Semoga setelah ini temen-temen sudah tau bagaimana cara mengkonsumsi minyak kelapa supaya lebih baik dan jelas. Selamat berkatifitas dan selamat mencoba !

Comments are closed.