Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

Punya lahan yang tidak terpakai? Ingin menanam jagung tapi anda tidak tahu caranya? Kebetulan sekali pada kesempatan kali ini saya akan memberi informasi tentang cara menanam jagung agar buahnya besar.

cara menanam jagung agar buahnya besar

Jagung adalah makanan berupa biji-bijian yang menyimpan zat karbohidrat. Tumbuhan jagung ini asalnya dari Amerika yang menyebar ke Afrika hingga Asia.

Mayoritas dari kita pasti tahu bahwa, Diluar gandum, beras dan singkong, salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia adalah jagung. Bagi masyarakat Indonesia, jagung menjadi sumber karbohidrat kedua sesudah beras.

Menanam jagung cocok dilakukan pada tempat yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Tidak seperti tanaman gandum yang memerlukan iklim dingin.

Budidaya menanam jagung sudah sering dilakukan masyarakat Indonesia sejak dahulu kala untuk menjalankan roda ekonomi rakyat.

Memiliki banyak manfaat, disebabkan jagung mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Kandungan yang ada di dalam jagung yaitu vitamin C, kalium, karbohidrat, protein, zat ryptoxanthin, asam folat dan serat.

Malahan jagung mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kekebalan tubuh manusia terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Zat yang terkandung inilah yang membuat jagung memiliki banyak manfaat. Jagung dianggap bisa mengatasi masalah pencernaan, menjadi sumber energi, menjaga tulang, jantung, otot, metabolisme dan masih banyak lagi.

Di indonesia jagung sering dijajakan berupa jagung susu keju (jasuke) atau jagung bakar yang dibakar diatas tungku arang.

Ada juga yang menggunakannya menjadi pakan ternak yang dihaluskan menggunakan mesin giling jagung.

Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Supaya mendapatkan hasil yang berkualitas, maka anda juga perlu bibit yang unggul dan berkualitas pula. Jangan gunakan benih yang berasal dari hasil panen dikarenakan benih hasil panen telah melewati sejumlah tahapan dan diberi bahan kimia.

Bibit jagung bisa didapatkan di toko pertanian bisa juga menggunakan bibit hibrida yang terbukti berkualitas sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang baik. Jika sudah mendapatkan bibit yang berkualitas, bibit sudah siap ditaburkan pada lahan yang telah dipersiapkan dan tidak memerlukan penyemaian.

2. Proses Persiapan Lahan

Lahan perlu dibajak untuk digunakan menjadi tempat penanaman. Karena jika dibajak maka jagung dapat tumbuh dengan baik, dan juga dapat berfungsi untuk membasmi gulma serta bagus untuk menggemburkan tanah.

Langkah berikutnya jika anda sudah melakukan pembajakan lahan adalah penaburan pupuk yang berasal dari hewan seperti kotoran ayam, kambing, sapi dan hewan ternak lainnya. Lakukan penaburan pupuk setidaknya satu minggu sebelum waktu penanaman jagung.

3. Penanaman

Berikut proses cara menanam jagung agar buahnya besar dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

  • Buat lubang pada tanah menggunakan kayu dengan ukuran diameter 6 cm.
  • Lalu untuk kedalaman lubang itu sekitar 7 cm.
  • Beri jarak antar lubang satu dengan yang lain sekitar 30 cm.

Bila sudah dipersiapkan semua itu, langsung masukkan bibit jagung ke dalam lubang  lalu tutup kembali dengan tanah dan lanjut ke langkah selanjutnya.

4. Proses Penyiangan

Gulma menjadi hama bagi petani karena gulma dapat menurunkan hasil panen dari tanaman produksi. Oleh karena itu perlu dilakukan penyiangan atau pencabutan gulma di sekitar lahan pertanian.

Penyiangan berguna supaya pemberian pupuk pada tanaman dapat terserap dengan baik tidak terganggu dengan adanya gulma seperti rumput liar.

Jika dibiarkan tanpa penyiangan maka nutrisi dari pupuk dapat terserap oleh gulma tersebut. Lakukan penyiangan sekitar 2 minggu sebelum penanaman jagung yang diberi pupuk.

5. Proses Pengairan

Proses cara menanam jagung agar buahnya besar sangat memerlukan air terutama pada waktu berikut ini:

  • Penanaman
  • Waktu Pembuangan yaitu pada umur 45-55 hari sesudah waktu penanaman dilakukan
  • Waktu pengisian biji yaitu pada umur 60-80 hari sesudah waktu penanaman dilakukan

Di saat waktu pembuangan tanaman jagung memerlukan air lebih banyak daripada di waktu pertumbuhannya. Namun, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi maka tidak perlu dilakukan penyiraman dikarenakan pengairan dari hujan sudah mencukupi keperluan air pada tanaman jagung.

6. Proses Pemberian Pupuk

Penaburan pupuk dapat dilakukan ketika jagung sudah tumbuh sekitar 30 cm. Supaya menghasilkan panen yang berkualitas, maksimalkan penggunaan pupuk dengan metode berikut ini:

  • Gunakanlah pupuk dengan unsur NPK
  • Jika Anda memiliki pupuk yang terpisah antara N, P, dan K, maka campur dahulu dari ketiga jenis pupuk tersebut sebelum melakukan proses pemupukan.
  • Berikan pupuk dengan dosis setengah genggam pada setiap tanaman jagung.
  • Taburkan pupuk pada bagian bawah tanaman.

7. Proses Penanganan Hama & Penyakit

Akar, daun, bunga dan biji jagung kerap kali dirusak oleh hama dan penyakit pada jagung. Contoh hama yang sering mengganggu adalah ulat tanah, ulat tentara, ulat daun, ulat tongkol, penggerek batang, lalat bibit dan hama lundi. Contoh penyakit yang paling sering menggangu pertumbuhan jagung adalah, bercak ungu, cendwan, bulai dan karat. Untuk itu diperlukan pencegahan dengan metode berikut:

  • Menggunakan teknik agronomi
  • Berikan desinfektan sebelum bibit jagung ditanam
  • Gunakan benih jagung yang tahan terhadap gangguan hama dan penyakit

8. Proses Panen Buah Jagung

Tumbuhan jagung bisa dikatakan matang dan siap panen bila sudah 7 minggu sejak tanaman jagung muncul bunga. Ciri-ciri jagung yang siap panen adalah berikut:

  • Tanaman jagung sudah berumur cukup lama ditandai dengan kulit yang menguning
  • Coba tekan ibu jari pada biji jagung, apabila tidak membekas maka jagung sudah siap panen
  • Jangan melakukan pemanenan jagung di saat jagung masih prematur karena akan menjadikan biji jagung keriput dan rusak
  • Jangan terlambat melakukan panen, karena setelah melewati masa panen maka biji jagung akan mengalami kerusakan.

Pertanyaan Tentang Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

Kapan Waktu Terbaik Untuk Proses Penanaman?

Waktu terbaik untuk penanaman jagung yaitu di waktu pagi hari disaat cuaca tidak terlalu panas maupun dingin. Diwaktu tersebut tanah masih lembab tetapi tidak sampai basah. Penanaman di waktu yang tepat dapat menghasilkan jagung berkualitas baik.

Apa Akibat Yang Ditimbulkan Jika Gulma Dibiarkan Tumbuh Di Sekitar Tanaman Jagung?

Akan berdampak pada pertumbuhan tanaman karena kandungan nutrisi yang seharusnya diserap oleh jagung terganggu karena gulma juga ikut mengambil nutrisi tersebut. Selain itu, gulma bisa menjadi sumber penyakit bagi tanaman jagung apabila tidak segera dibersihkan.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Panen Jagung?

Lakukan pemanenan di saat tidak turun hujan supaya jagung tidak terlalu basah sehingga jagung dapat langsung dilanjutkan ke proses pengeringan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari selama 3-4 hari.

 

Manfaat Dari Makan Jagung

Atasi Gangguan Pencernaan dan Jadi Sumber Energi

Pertama, jagung dapat mengatasi gangguan pencernaan. Masalah pencernaan tidak hanya sering terjadi pada anak-anak, tapi juga ibu hamil dan orang dewasa. Hal ini dikarenakan jagung mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Dari sebuah sebuah penelitian yang dikerjakan seorang dokter epidemiologi bernama Arthur Schatzkin, memberi kesimpulan bahwa asupan serat yang masuk ke dalam tubuh tidak berhubungan dengan risiko kanker kolorekteral, sebaliknya memakan biji-bijian dapat mengurangi resiko tersebut.

Dipercayai bahwa jagung mengandung serat yang cukup tinggi.  Kandungan serat dalam jagung akan membuat pergerakan makanan menjadi lancar di dalam saluran pencernaan. Oleh karena itulah jagung berkhasiat mengatasi sembelit dan susah BAB.

Jadi Sumber Energi

Terdapat kandungan karbohidrat di dalam jagung yang membuatnya dapat dikonsumsi menjadi sumber energi. Itulah sebabnya jagung sering diandalkan oleh banyak orang menjadi pengganti nasi.

Karbohidrat menjadi sumber energi yang penting. Terutama karbohidrat dapat menjadi stamina dan metabolisme bagi orang yang mengonsumsinya. Tubuh membutuhkan sekitar 50% kalori yang bisa didapatkan dari makanan mengandung karbohidrat seperti jagung.

Sumber Vitamin B dan Asam Folat

Kedua, jagung bisa menjadi sumber vitamin B untuk tubuh. Vitamin yang terdapat dalam jagung adalah vitamin B3, B5, B6, dan B9. Vitamin ini dibutuhkan untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai ibu hamil.

Terkandung vitamin B3 berguna untuk mempertahankan sistem saraf dan kulit yang sehat. Vitamin B5 menunjang perolehan energi dari makanan. Vitamin B6 dapat mengatasi morning sickness serta menghasilkan sel darah merah.

Sumber Asam Folat

Para ibu hamil juga diuntungkan dari manfaat jagung. Jagung mengandung banyak asam folat di dalamnya. Asam folat dapat menjaga kesehatan janin dalam kandungan si ibu.

Asam folat dapat menunjang pembentukan sel, sistem saraf tulang dan tulang belakang janin yang berada di dalam kandungan sang ibu.

Jaga Kesehatan Jantung dan Jadi Sumber Antioksidan

Mempunyai jantung sehat hingga menua adalah impian kebanyakan orang. Ini karena penyakit yang berkaitan dengan jantung adalah penyebab kematian paling tinggi di dunia. Oleh karena itu manfaatkan kandungan nutrisi jagung untuk kesehatan jantung anda

Bioflavonoid, karotenoid dan vitamin C adalah zat yang sangat bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan dapat membantu meringankan masalah kardiovaskuler  jadi lebih terkontrol.

Apalagi vitamin C yang terkandung didalamnya juga berfungsi untuk menurunkan kadar asam amino dalam pembuluh darah. Kadar asam amino yang berlebihan tentu berdampak buruk hingga menyebabkan masalah pada pembuluh darah dan juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Sumber Antioksidan

Menjadi sumber kaya akan antioksidan membuat jagung sering diandalkan menjadi makanan pokok bagi banyak orang. Kandungan antioksidan dalam jagung diyakini lebih tinggi daripada tanaman biji-bijian lain.

Lutein yang terkandung di dalam jagung adalah salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk menjaga mata dari  kerusakan sel. Juga terdapat zat karotenoid yang sering dijumpai pada tumbuhan berguna untuk meningkatkan kesehatan mata manusia.

Kaya Kandungan Protein dan Kalium

Protein di dalam kandungan jagung sangat bagus dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Usahakan penuhi kebutuhan protein sehari-hari untuk semua kalangan mulai dari ibu hamil, orang dewasa, anak-anak maupun lansia.

Di waktu kehamilan, apalagi trimester kedua dan ketiga, protein adalah nutrisi yang sangat penting dalam pertumbuhan si bayi. Protein berguna untuk menunjang pembentukan sel dalam tubuh si bayi. Juga berperan penting dalam perkembangannya.

Adanya Kandungan Kalium

Kalium adalah zat yang berperan penting dalam membantu otot berkontraksi juga terkandung dalam jagung. Kalium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan juga elektrolit yang berada di sel tubuh. Selain itu kalium juga membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

Bagi metabolisme manusia, kalium sangat baik untuk menjaganya. Malahan kandungan kalium di dalam jagung ini rendah gula sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Di dalam tubuh manusia kalium dapat membantu menjaga kesehatan otot, tulang, jantung, saraf dan mencegah stroke.

Cegah Kanker Paru-Paru dan Jaga Daya Ingat

Berkat kandungan cryptoxantin yang terdapat di dalamnya, jagung dapat mencegah penyakit kanker paru-paru. Zat tersebut juga sangat bagus untuk menghambat perkembangan kanker paru-paru menjadi lebih parah.

Penyebab kematian laki-laki nomor satu di Indonesia adalah kanker paru-paru. Pada kanker paru-paru, sel berubah menjadi abnormal dan tumbuh dengan tidak terkendali. Umumnya kanker paru-paru menyerang seseorang yang berumur lebih dari 40 tahun.

Karena kanker ini menyerang pernapasan, membuatnya sering dikaitkan dengan merokok. Sebagian besar kasus kanker paru-paru (hingga 85%) dialami oleh seorang perokok. Walaupun begitu seseorang yang tidak merokok juga bisa terkena kanker paru-paru.

Tingkatkan Daya Ingat

Thiamine dan vitamin B yang terkandung dalam jagung dapat membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu kandungan thiamine dan vitamin B juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Alzheimer atau pikun sering dialami seseorang yang sudah berusia tua. Alzheimer terjadi ketika sebagian sel otak tidak dapat berfungsi, sehingga kemampuan otak menurun tajam.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lantaran jagung mengandung vitamin C yang tinggi, membuat jagung bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Berkat sistem imun tubuh meningkat, kita akan terhindar dari penyakit umum yang sering menggangu aktivitas seperti pilek, flu, dan demam. Protein yang dikandung juga memberi energi ke tubuh serta membantu tumbuh kembang anak-anak.

Resep Kreasi Dari Bahan Jagung

Sup Jagung Manis dan Telur

Disajian dalam keadaan hangat Sup jagung dan telur terasa ringan dan penuh nutrisi serta memberi tubuh energi.

Bumbu dan bahan:

  • dua buah jagung manis, dipipil
  • satu buah kentang, dipotong dadu kecil-kecil
  • dua buah wortel, dipotong dadu kecil-kecil
  • dua butir telur ayam
  • satu batang daun bawang, diiris
  • satu sendok makan tepung maizena, dicairkan dengan sedikit air
  • garam, lada bubuk, dan kaldu jamur secukupnya
  • seperempat buah bawang bombay, dipotong kecil
  • empat buah bawang merah, dicincang
  • dua siung bawang putih, dicincang

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu yang sudah dicincang sampai harum.
  2. Tuang air secukupnya, masak hingga hampir mendidih.
  3. Masukkan semua bahan sayur sampai matang.
  4. Masukkan telur yang sudah dikocok. Aduk sebentar.
  5. Tambahkan garam, lada, dan kaldu secukupnya. Koreksi rasa.
  6. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai sampai tercampur rata.

Sayur Bening Bayam dan Jagung Manis

Buat sayur bening bayam,dengan jagung manis yang segar cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Bahan-bahan:

  • seikat bayam, gunakan daun dan batangnya yang masih muda
  • satu buah jagung manis, dipipil atau dipotong menjadi 3 bagian
  • oyong/gambas 1 buah, dipotong 1 cm
  • tomat 1 buah ukuran sedang, potong-potong
  • segenggam kemangi, potong per kuntum
  • bawang merah empat butir, iris halus
  • temu kunci berukuran 1 cm, cuci bersih
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya

Pembuatan :

  1. Panaskan air di panci secukupnya.
  2. Masukkan jagung dan oyong, kemudian masak sampai matang.
  3. Masukkan bawang merah dan temu kunci, lalu dibumbui dengan garam dan gula secukupnya.
  4. Terakhir, masukkan bayam, tomat, dan daun kemangi. Masak sampai bayam dan kemangi layu, sekitar 5 menit.
  5. Sayur bening bayam dan jagung siap disajikan bersama nasi putih.

Jagung Susu Keju (Jasuke)

Jasuke adalah snack yang sangat digemari anak-anak. Pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan empat bahan.

Bahan:

  • Jagung manis 2 buah
  • sesendok makan margarin
  • kental manis secukupnya
  • keju cheddar parut secukupnya

Langkah Membuat:

  1. Pipil jagung, kemudian kukus sekitar 20 menit.
  2. Ketika masih panas, segera tambahkan margarin, lalu aduk sampai rata.
  3. Sajikan jagung di sebuah mangkuk atau gelas.
  4. Tuangkan kental manis secukupnya dan taburi dengan keju parut.
  5. Snack jasuke siap disantap ketika masih hangat.

Dalam produksi industri, pemipilan jagung memerlukan mesin pipil jagung karena jumlah jagungnya sangat banyak dan dapat menghasilkan dalam waktu yang cepat.

Itulah artikel saya mengenai cara menanam jagung agar buahnnya besar. Semoga berguna bagi yang membaca dan mohon maaf bila ada salah dalam penulisan. Sekian dan terima kasih.

Comments are closed.