Bagaimana Cara Memulai Usaha Es Krim yang Menguntungkan ?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Es Krim yang Menguntungkan ?

Cara Memulai Usaha Es Krim – Es krim merupakan makanan yang memiliki tekstur lembut dan rasa dingin melezatkan saat di makan, rasa yang manis dan nikmat sehingga banyak orang suka makan es krim. Tentu, menjadi pengusaha es krim memiliki peluang besar.

Kenapa hal tersebut bisa  terjadi ? salah satunya adalah karena omset menjadi pengusaha es krim ini sangat menjanjikan. Bisnis es krim bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menguntungkan bagi seseorang yang ingin memulai usaha.

Pada artikel kali ini, penulis akan mengulas cara memulai usaha es krim, mulai dari keuntungan bisnis es krim dan karakteristik bahan baku es krim agar bisnis es krim yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar, sesuai keinginan, dan mendapatkan keuntungan.

Cara Memulai Usaha Es Krim dan Cara Membuatnya

Cara Memulai Usaha Es Krim

Cara membuat es krim saat ini tidaklah sesulit ketika dahulu es krim pertama kali ditemukan, saat ini Anda hanya perlu membuat es krim menggunakan mesin es krim maka semua nya akan jadi dalam waktu yang cukup singkat.

Bukan hanya itu saja, meskipun Anda tidak memiliki ice cream maker, Anda masih bisa membuatnya menggunakan mesin es krim.

Jadi tidak ada alasan untuk anda tidak bisa membuat es krim di rumah, bahkan saat ini banyak es krim siap olah yang bisa Anda dapatkan di toko maupun minimarket sekitar rumah.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha es krim sangatlah mudah untuk membuatnya, jadi tidak perlu resah bagaimana cara membuatnya.

Jika ingin membuka usaha es krim sebaiknya menggunakan ice cream maker untuk membuat es krim karena proses pembuatan menggunakan ice cream maker akan lebih menghemat waktu dan juga rasa nya akan lebih enak dan lebih lembut. Akan tetapi, jika memang belum ada cukup modal, bisa juga menggunakan cara tradisional untuk memproduksinya.

Bisnis es krim ini sudah banyak dilakukan oleh para pengusaha, ada banyak sekali, mulai dari brand kelas atas hingga es krim keliling dan tentu dengan rasa yang berbeda setiap brand nya. Sebaiknya Anda membuat inovasi es krim sendiri sebelum membuka usaha es krim

Untuk tempatnya bisa menggunakan rumah anda atau dengan cara berkeliling atau bisa menyewa stand di depan toko untuk memulainya.

Namun untuk mengembangkan bisnis es krim ini anda sebaiknya menggunakan stand di mall atau membangun café dan lainnya. Agar pengunjung anda lebih nyaman saat hendak menikmati es krim anda.

Jadi yang terpenting adalah target market  harus terlebih dahulu ditentukan, baru kemudian membuat tempat untuk berjualan es krim.

Jenis Es Krim

Saat ini sudah banyak mesin es krim yang sangat berguna dan memiliki keunggulan, hasil yang diberikan oleh mesin es krim ini  pun sangat bagus dan tekstur nya lembut.

Cara penggunaannya juga sangat mudah karena hanya perlu memasukkan bahan es krim dan menekan tombol start lalu bahan tersebut akan berubah menjadi es krim yang lembut dalam waktu 15 menit saja.

Ada 2 jenis mesin yaitu untuk soft dan hard es krim. Keduanya mempunyai perbedaan dan keunggulan tersendiri. Berikut ulasan perbedaan mengenai mesin soft es krim dan hard es krim:

  1. Soft es krim mempunyai kadar susu dan kadar lemak yang lebih rendah.
  2. Soft es krim diproduksi pada suhu yang lebih tinggi.
  3. Kandungan udara yang ada pada mesin soft es krim membuat hasil es krimnya menjadi lebih halus dan lembut.
  4. Kandungan airnya berkisar antara 0% hingga 60%.

Jadi, bisa memilih antara kedua mesin pembuat es krim tersebut, yang soft atau yang hard semua nya tergantung dari keinginan Anda. Kedua nya memiliki keunggulan tersendiri dan kekurangan tersendiri.

Faktor Utama Keberhasilan Membuat Es Krim

Bahan dalam membuat es krim merupakan salah satu faktor utama yang bisa menentukan bagaimana kualitas dari es krim tersebut. Ini memang cukup sulit untuk menemukan kualitas yang bagus karena harus bisa mengetahui katakteristik bahan yang berkualitas seperti apa dan bagaimana cara menyimpan nya yang baik agar kualitas nya tetap terjaga.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas es krim sangat menentukan rasa yang diperoleh dan rasa sangat berpengaruh pada seberapa banyak orang yang akan suka terhadap es krim buatan Anda.

Menjaga kualitas es krim sangatlah penting dan menantang untuk dilakukan. Es krim yang berkualitas terbuat dari bahan-bahan yang bagus dan baik.

Saat penyimpanan juga harus  disimpan dengan baik dan usahakan agar es krim lebih tepat perkiraan pembuatannya. Bahan sekalian dibuat untuk berapa bulan dan lain sebagainya.

Karakteristik Pemilihan Bahan Es Krim yang Berkualitas

Karakteristik bahan dalam membuat es krim juga harus dipahami terlebih dahulu agar bisa membuat es krim yang lembut dan menarik hati pelanggan.

Karakteristik bahan yang harus digunakan dalam membuat es krim memang cukup rentan rusak. Berikut ini ulasan karakteristik bahan dalam membuat es krim.

  1. Dalam menyimpan bahan cair haruslah menyimpan nya dalam suhu dibawah 3°C dan tidak bisa disimpan lebih dari seminggu. Jadi, maksimal antara 5-7 hari saja. Untuk menjaga kualitas es krim yang dibuat, maka bahan sisa produksi es krim harus disimpan dengan baik dalam freezer atau lemari pendingin agar tidak diserang bakteri atau terkontaminasi bakteri.
  2. Untuk bahan bubuk atau powder harus ditambah air ketika ingin memproduksi es krim. Kelebihan dari bahan bubuk adalah jangka waktu penyimpanan nya lebih lama dibandingkan bahan cair. Meskipun disimpan dalam jangka waktu lama, kualitas es krim tidak akan terpengaruh karena bahan bubuk ini.

Dalam memilih bahan yang akan digunakan memang sangat penting karena Anda harus tahu berapa lama akan memproduksi es krim. Sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah bahan yang harus dipakai.

Namun, jika Anda menggunakan bahan bubuk kecil kemunginan akan mengalami masalah tersebut karena jangka waktu penyimpanan bahan bubuk lebih lama sehingga kualitas dari es krim nantinya juga akan lebih baik.

Nah, begitulah cara memulai usaha es krim agar menguntungkan. Selamat mencoba!

Comments are closed.