Inilah Cara Membuat Seblak Makaroni Kering Renyah, Dijamin Enak!

Inilah Cara Membuat Seblak Makaroni Kering Renyah, Dijamin Enak!

Cara membuat seblak makaroni kering tidaklah sulit. Namun, banyak orang yang gagal membuatnya. Alasannya pun sama. Macaroni yang mengembang sehingga seblak macaroni gagal. Memang kita memerlukan trik khusus saat membuat seblak kering.

Seblak merupakan makanan yang populer saat ini. Para remaja maupun orang dewasa. Sama – sama tergila gila dengan kenikmatan seblak. Rasa pedas dan gurih seblak memang membuat candu. Tidak heran jika masyarakat begitu cinta dengan seblak.

Banyak orang yang berpendapat bahwa seblak adalah makanan asli dari Sumpiuh, Jawa Tengah. Karena kemiripan seblak dengan makanan khas Sumpiuh yaitu kerupuk godhog. Bedanya, jika kerupuk godhog sudah populer sejak tahun 1940-an. Namun, seblak baru populer pada tahun 2000-an.

Kini cara pengolahan seblak pun sudah berubah dan lebih beragam lagi. Tidak hanya diolah menjadi seblak basah saja.  Sekarang sudah ada seblak kering. Yang memiliki cita rasa yang tak kalah lezat dengan seblak basah. Cara membuat seblak kering dan basah sama – sama mudah.

Meski begitu, seblak basah tetap menjadi primadona. Apalagi saat dimakan di malam hari atau sedang hujan. Jadi pengganti mie rebus yang sempurna, bukan? Rasa pedasnya juga begitu pas dengan malam dan hujan.

Jika kamu penggemar camilan kering. Seblak kering jelas lebih cocok. Selain rasanya enak. Seblak kering bisa kalian bawa kemana – mana. Saat berkumpul bersama keluarga pun kalian bisa menikmati seblak kering ini.

Perbedaan lain seblak kering dengan seblak basah adalah tingkat ketahanannya. Seblak basah hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja. Atau tidak lebih dari sehari. Sedangkan seblak kering  akan bertahan cukup lama.

Setelah tahu perbedaannya. Yuk, kita buat olahan seblak makaroni keringnya. Perhatikan langkahnya baik – baik, ya!

Cara Membuat Seblak Makaroni Kering

seblak makaroni kering

Bahan – bahan :

  • 500 gr makaroni
  • Cabe rawit secukupnya
  • 2 sendok makan gula putih
  • 5 lembar daun jeruk lalu iris
  • 2 ruas kencur
  • 4 siung bawang putih
  • Cabe bubuk secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • 2 sendok makan kaldu bubuk
  • Minyak goreng

Cara Membuat Seblak Makaroni Kering:

  1. Rendam makaroni ke dalam minyak yang masih dingin selama beberapa menit.
  2. Setelah itu masak makaroni sampai mengembang dengan api kecil.
  3. Haluskan beberapa bumbu. Seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan kencur. Dapat menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk.
  4. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan daun jeruk.
  5. Masukkan makaroni, kaldu, gula, penyedap rasa dan cabe bubuk. Goreng sambil diaduk – aduk hingga bumbu menyatu sempurna dengan makaroni.
  6. Jika sudah merata, angkat dan sajikan. Anda juga dapat menyimpannya di wadah tertutup. Bisa juga di wadah kedap udara agar lebih tahan lama.

Tips  :

  • Rendam kerupuk seblak kering di minyak. Pastikan semua kerupuk terendam. Tunggu selama 20 menit.
  • Setelah dua puluh menit. Nyalakan kompor dengan api kecil. Jangan sampai minyak terlalu panas. Jika minyak terlalu panas, maka kerupuk akan mengembang.
  • Agar lebih mudah. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Mesin vaacum frying akan membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang.

Kalian bisa menikmati seblak kering makaroni di rumah. Sambil bersantai dan bercengkrama bersama keluarga. Bisa juga dijadikan camilan saat berkumpul dengan teman. Makin asik deh acara berkumpulnya. Apalagi ditemani segelas es jeruk atau es sirup. Wah, pasti luar biasa.

Meskipun rasanya pedas. Seblak kering memiliki benyak peminat. Sebab, rasa pedas itulah yang membuat Namanya melejit. Bahkan, beberapa pembeli yang tidak kuat pedas. Tetap mencoba seblak karena penasaran dengan rasanya.

Tetap ingat untuk makan dalam porsi sewajarnya ya. Kesehatan tetap yang paling utama. Selamat mencoba resepnya di rumah!

Comments are closed.