Cara Membuat Pangsit Rebus Enak Dan Bergizi

Cara Membuat Pangsit Rebus Enak Dan Bergizi

Pangsit rebus camilan satu ini cocok banget dimakan kapanpun dan bareng siapapun.

Bahan Isian Pangsit :

  •  150 gr ayam giling
  • 150 gr udang kupas, cincang
  • 1 sdm putih telur ayam
  • 2 batang daun bawang, ambil putihnya, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt minyak wijen
  • garam dan merica secukupnya
  • kulit pangsit, siap pakai
  • Putih telur ayam (sisa bahan isi untuk merekatkan kulit pangsit)

Cara membuat :

1. Campur dan aduk rata semua bahan kecuali kulit pangsit.

2. Ambil 1 lembar kulit pangsit dan beri adonan isi kemudian lipat dan rekatkan dengan putih telur agar tidak terbuka lipatan nya.

3. Siapkan mangkuk saji dan beri minyak bawang putih goreng, kecap asin, garam dan merica secukupnya tergantung banyaknya jumlah pangsit.

4. Rebus pangsit dalam air mendidih. Sesudah pangsit matang/ mengapung maka angkat dan tiriskan.

5. Masukkan pangsit ke dalam bumbu yang sudah disiapkan di mangkuk saji. Aduk rata saat msh panas. Siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Tips Agar Kulit Pangsit Tidak Gagal

1. Siapkan Bahan-Bahan

Seperti yang kita ketahui, bahan utama untuk membuat kulit pangsit adalah tepung terigu. Tapi, tidak semua tepung terigu bisa digunakan.

Agar adonan kulit pangsit anda bagus, pastikan untuk menggunakan tepung terigu protein tinggi.

Selanjutnya, anda bisa menyiapkan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, merica bubuk, garam, baking powder, minyak sayur, dan air panas.

2. Campurkan semua bahan dengan tepat

Saat membuat adonan kulit pangsit, anda tidak bisa mencampur semua bahan sekaligus. Pertama-tama, campur semua bahan kering dan aduk sampai merata di dalam wadah kering.

Setelah itu, lubangi bagian tengah tepung sampai berbentuk cekung. Lalu tuangkan minyak sayur dan air panas. Aduk hingga adonan kalis dan tidak terasa lengket.

Meski begitu, usahakan untuk tidak menguleni adonan kulit pangsit terlalu lama, karena hal tersebut hanya akan membuat adonan kulit pangsit anda keras dan terlalu kenyal.

3. Diamkan kulit pangsit selama beberapa saat

 

Hal tersebut bertujuan agar adonan kulit jadi lebih lemas sehingga mudah dibentuk. Pastikan adonan dibentuk bulat terlebih dahulu sebelum disimpan.
Sambil menunggu, anda bisa membuat isian kulit pangsit sesuai selera.

4. Giling dan cetak kulit pangsit

Setelah menunggu 10-20 menit, keluarkan adonan kulit pangsit tadi dan bagi menjadi beberapa bulatan yang lebih kecil, lalu giling. Anda bisa menggiling secara manual.

Atau jika ingin lebih praktis dan ukuran yang rata, anda bisa menggilingnya dengan menggunakan mesin penggiling mie, sampai mendapatkan ketebalan adonan yang diinginkan.

Setelah itu, potong adonan dengan ukuran segiempat 5×5 cm atau sesuai kebutuhan.

5. Masak kulit pangsit sesuai selera

Setelah semua kulit pangsit selesai dipotong, anda tinggal memasukkan isiannya di tengah-tengah kulit pangsit, bentuk sesuai selera, dan rekatkan ujung kulit dengan air agar menyatu.

Setelah semua kulit pangsit selesai dibuat, lumuri permukannya dengan tepung terigu agar tidak lengket, lalu anda bisa menggoreng, merebus, atau mengukus pangsit anda sesuai selera.

Comments are closed.