Inilah Cara Membuat Manisan Carica Khas Dieng Yang Enak

Inilah Cara Membuat Manisan Carica Khas Dieng Yang Enak

Lagi ingin manisan carica tapi males beli? mending buat sendiri dirumah bisa lebih sehat juga. Nah pada artikel kali ini saya akan menyampaikan materi tentang cara membuat manisan carica khas Dieng. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Manisan Carica

Manisan Carica yakni manisan yang tentunya terbuat dari buah carica. Buah carica adalah buah jenis pepaya yang hidup di daerah dataran tinggi basah. Di daerah Wonosobo buah ini juga banyak ditanam dan dijadikan sebagai produk makanan, salah satunya yaitu manisan carica.

Manisan buah carica ini telah banyak diproduksi oleh masyarakat sekitar Wonosobo, khususnya pada daerah Dieng dan umumnya dijadikan jajanan atau oleh – oleh khas dari daerah Dieng, Wonosobo, Jawa tengah.

 

Cara Membuat Manisan Carica Khas Dieng

Bahan-Bahan :

siapkan 1 Wadah besar
  1. Carica mentah 1-2 kg  (Ini bebas dan optional)
  2. secukupnya Air
  3. Gula 1 kg
  4. Buah cengkeh 3-4
  5. 2 buah kayu manis

Cara Membuat Manisan Carica Khas Dieng :

  1. Pertama-tama kupas buah carica dan pisahkan biji dengan dagingnya kemudian sisihkan.
  2. Lalu potong-potong daging buah carica bisa menggunakan alat pemotong buah dan sayur dan cuci bersih lalu sisihkan.
  3. Kemudian biji carica dicuci bersih lalu siapkan panci dan isi dengan air setelah itu rebus biji carica hingga mendidih.
  4. Jika sudah, saring biji carica dan ambil airnya saja. Sesudah itu, biji carica tak digunakan lagi.
  5. Lalu tambahkan cengkeh dan kayu manis dalam air tadi dan rebus dengan api kecil saja.
  6. Kemudian segera masukkan daging buah carica dan tambahkan gula hingga rasanya manis.
  7. Jika sudah benar-benar mendidih, manisan carica dapat didinginkan dan dimasukkan kedalam kulkas terlebih dulu agar lebih nikmat saat dikonsumsi. Selamat mencoba!

 

Manfaat Buah Carica

1. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam buah carica ini terdapat kandungan vitamin A yang lebih besar dari wortel. Buah carica dapat menjadi pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata sebab kandungan vitamin A yang dimiliki buah ini cukup tinggi.

2. Kaya Akan Serat

Manfaat buah carica kali ini juga bisa untuk melancarkan pencernaan. Karena dalam buah ini terkandung banyak serat yang bisa sangat bermanfaat bagi pencernaan kita.

3. Manfaat Untuk Kecantikan

Buah carica juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kecantikan. Dengan mengkonsumsi buah carica, Anda dapat membuat kulit lebih sehat dan mencegah penuaan dini. Kandungan Vitamin C yang dipunyai buah ini nantinya mampu membentuk kolagen, yang bisa mencegah penuaan dini, kerutan dan bisa membuat kulit menjadi lebih mulus.

4. Meningkatkan Energi

Dalam buah ini terkandung Vitamin B kompleks yang dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh dan memberikan energi yang cukup besar. Energi besar yang diberikan tersebut, nantinya dapat membuatmu mempunyai rasa kenyang yang tahan lama.

5. Melawan Radikal Bebas

Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas sangatlah berbahaya untuk kesehatan kita. Kandungan Vitamin C dan E yang ada pada buah carica ini cukup tinggi dan dapat melawan radikal bebas maupun UV jika dikonsumsi secara teratur.

6. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah carica kali ini, yakni mencegah risiko kanker. Bagaimana tidak, kandungan zat agrinin yang ada pada buah ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita. Bagi anda yang mempunyai kerabat ataupun keturunan yang beresiko terkena kanker, bisa juga mencoba mengkonsumsi buah ini.

Baca juga: cara membuat manisan mangga 

Demikian artikel saya pada kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.Jika anda tertarik dengan cara yang lain simak cara membuat manisan carica Sekian dan selamat mencoba!!!

Comments are closed.