Berikut Ini Cara Membuat Kue Kering Nastar Selai Nanas Yang Mudah Dan Enak

Berikut Ini Cara Membuat Kue Kering Nastar Selai Nanas Yang Mudah Dan Enak

Lagi bingung mencari cara membuat kue nastar selai nanas? Tenang saja karena disini saya akan menyampaikan artikel tentang cara membuat kue kering nastar selai nanas. Oke langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Nastar

Nastar adalah kata yang berawal dari bahasa Belanda yakni nastaart, merupakan gabungan yang berasal dari kata ananas yang mempunyai artian nanas dan taart yang artinya kue atau pie. Pada awalnya, kue nastar adalah kuliner khas yang berasal dari Belanda, kemudian menyebar melalui Indonesia sesudah Belanda menjajah Hindia Belanda ratusan tahun yang lalu. Kue nastar pada umumnya dihidangkan saat-saat perayaan hari besar keagamaan seperti Hari Lebaran, Hari Natal, dan juga Imlek.

Cara Membuat Kue kering Nastar Selai Nanas

Bahan:

  • Margarin 400 gram
  • 5 butir kuning telur
  • Gula halus 100 gram
  • 2 sdm susu bubuk
  • Terigu protein rendah 500 gram  bisa menepung menggunakan mesin penepung
  • 2 sdm maizena
  • selai nanas
  • 2 butir kuning telur untuk olesan

Bahan Selai Nanas :

  • 1 buah nanas, kupas, bersihkan dan parut
  • Gula pasir 150 gram
  • 10 cm kayu manis
  • 5 buah bunga cengkeh

 Cara Membuat Selai Nanas :

  1. Pertama taruh nanas parut ke dalam wajan bersama dengan semua bahan selai. Masak dengan api kecil saja.
  2. Kemudian  aduk dengan spatula kayu hingga tidak berair. Angkat dan dinginkan
  3. Jika sudah dingin, ambil sedikit adonan kemudian bulatkan menjadi seukuran kelereng.

Cara Membuat Kue Kering Nastar Selai Nanas

  1. Pertama kocok gula halus dan margarin dengan menggunakan mixer kecepatan rendah. Sesudah rata, tambahkan kuning telur, terigu, dan maizena. Mixer lagi sampai rata. Matikan mixer bila adonan mulai berbulir dan diamkan dulu adonan sebentar sebelum mencetak nastar.
  2. Kemudian ambil sedikit adonan nastar, bentuk pipihkan, setelah itu tambahkan selai nanas, lalu tutup hingga selai nanas tak terlihat sehingga berbentuk bulat. Ulangi hingga adonan habis. Tata adonan nastar di loyang dengan diberi jarak kura kira 1 cm.
  3. Lalu panaskan oven di suhu 180 derajat celsius. Panggang selama kurang lebih 20 menit, keluarkan dari dalam oven, oles dengan bahan olesan, setelah itu panggang lagi selama 10 menit.
  4. Terakhir keluarkan dari oven dan dinginkan atau tunggu hingga kering benar. Angkat dan susun dalam toples.

Manfaat Nanas Dalam Nastar

1. Mengobati Gejala Asma

Dalam buah nanas juga terkandung beta karoten. Menurut sebuah studi di Amerika Serikat, gabungan dua unsur pada makanan ini dapat mengurangi bahkan juga dapat mengobati gejala penyakit asma.

2. Tekanan Darah

Kandungan lain yang terdapat dari nanas ialah kalium. Kalium dikenal manfaatnya dalam membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Menurut sebuah survei penelitian dari Kesehatan dan Gizi Nasional AS, kurang dari 2 persen orang dewasa memenuhi rekomendasi harian konsumsi kandungan kalium sebanyak kurang lebih 4.700-mg.

3. Mencegah Kanker

Buah nanas juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu membantu mencegah pembentukan radikal bebas penyebab kanker. Hal ini, sejalan dengan kandungan betakaroten yang juga mempunyai pengaruh serupa bagi manusia.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan bromelain pada nanas juga bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mencerna protein. Bromelain juga dapat mengurangi sel-sel imun inflamasi yang menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran pencernaan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan pada nanas juga dapat membantu tubuh dalam melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Kedua unsur tersebut mampu mengurangi keriput dan juga meningkatkan kualitas tekstur kulit. Dikutip dari sebuah penelitian di Oregon State University, Vitamin C juga mampu memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit supaya lebih sehat.

Oke itu saja penjelasan saya tentang cara membuat kue kering selai nanas. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca.Simak juga cara membuat kue nastar nanas. Sekian dari saya dan selamat mencoba!

Comments are closed.