Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah, Mudah, Tahan Lama!

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah, Mudah, Tahan Lama!

Cara membuat kerupuk pangsit renyah sangat sederhana. Meskipun kalian bisa membeli kerupuk pangsit jadi. Akan lebih afdol jika membuat sendiri di rumah. Kalian juga jadi tahu bahan yang digunakan. Keamanan makanan juga lebih terjaga.

Kerupuk pangsit merupakan makanan yang digemari semua kalangan. Jika kalian mengonsumsi kerupuk pangsit dalam keadaan hangat. Akan menambah cita rasa kerupuk pangsit. Rasanya akan berlipat – lipat lebih nikmat. Daripada dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Dengan perkembangan zama. Sekarang makin banyak inovasi kerupuk pangsit. Seperti menambahkan beberapa isian. Diantaranya isi ayam, sosis, dan mie. Mungkin pula diberi isian bakso agar nikmat. Jadi, kerupuk pangsit sekarang sudah lebih beragam. Memanjakan para konsumen.

Hal ini membuat popularitas kerupuk pangsit tidak meredup. Baik secara online ataupun offline, banyak pedagang yang menjual kerupuk pangsit. Bukti bahwa kerupuk pangsit akan tetap laris. Harganya juga bergam dan murah. Banyak yang dikemas cantik sehingga menarik perhatian pembeli.

Kerupuk pangsit biasanya dsajikan sebagai pendamping mie ayam. Bakso juga dapat disajikan bersama kerupuk pangsit. Namun, kerupuk pangsit sudah diberi isian. Biasanya diisi adonan campuran sayur dan ayam. Baru setelah itu digoreng. Dimakan bersama semangkuk bakso hangat yang nikmat.

Jika kalian belum tahu cara membuatnya. Tapi, ingin mencoba sendiri di rumah. Perhatikan resep di bawah ini dengan seksama ya. Jangan lupa ikuti tahap dengan benar dan catat jika diperlukan

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah 

kerupuk pangsit renyah

Bahan – Bahan :

  • 300 gram tepung terigu (pilih yang mengandung protein tinggi)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 telur ayam dikocok lepas
  • 30 gram tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 batang daun seledri diiris halus
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Air dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah :

  1. Siapkan panci atau baskom untuk mencampur semua bahan.
  2. Masukkan semua bahan kecuali air dan minyak goreng. Lalu aduk hingga tercampur dengan rata.
  3. Tuangkan air kedalam wadah sedikit demi sedikit. Sambil semua bahan diuleni dengan tangan hingga benar-benar kalis. (adonan bisa dikatakan kalis jika sudah tidak lengket di tangan).
  4. Jika sudah kalis adonan diletakkan di wadah datar. Kemudian dipipihkan menggunakan botol atau kayu.
  5. Potong adonan bentuk persegi panjang. Lalu dibentuk lagi sesuai selera. (untuk ukurannya tergantung selera masing-masing)
  6. Setelah semua adonan terbentuk. Selanjutnya panaskan minyak dengan api sedang. Lalu goreng kerupuk pangsit hingga matang. Biasanya kerupuk pangsit warnanya berubah kuning cerah kecoklatan jika matang.
  7. Angkat dan tiriskan. Kerupuk pangsit renyah dan lezat siap disajikan hangat.

Tips :

Saat kalian menggoreng kerupuk pangsit. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Mesin ini akan membuat hasil gorengan kerupuk lebih cantik. Selain berwarna cantik, teksturnya juga semakin renyah.

Pipihkan adonan dengan ketebalan yang pas. Jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis. Sehingga kasil kerupuk pangsit akan renyah dan enak. Jika terlalu tebal kerupuk pangsit akan keras.

Jika kalian ingin menyimpan sisa kulit pangsit . tumpuk kulit pangsit. Pada setiap sekat, baluri dengan tepung. Maka, kulit kerupuk tidak akan lengket satu sama lain. Serta akan lebih tahan lama.

Dibandingkan menggoreng secara manual dengan wajan. Hasil gorengan mesin vaacum frying lebih menjanjikan. Juga lebih bagus. Sehingga penggunaan mesin ini sangat disarankan untuk menggoreng.

Jika ingin mencoba varian lain. Kalian bisa memberi taburan bumbu bubuk jadi. Seperti rasa pedas, keju, ayam panggang, dan lain – lain. Menyesuaikan selera kalian masing masing.

Kerupuk pangsit juga cocok dimakan bersama saos pedas. Bisa juga kalian jadikan lauk saat makan dengan nasi. Banyak banget kan cara menikmati kerupuk pangsit favorit kalian. Selamat mencoba resep di atas!

Comments are closed.