cara membuat kerupuk nanas untuk dijadikan cemilan sehat

cara membuat kerupuk nanas untuk dijadikan cemilan sehat

Cara membuat kerupuk nanas – nanas merupakan salah satu jenis buah yang populer di masyarakat Indonesia. Buah nanas mempunyai kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, nanas juga meiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Selain dikonsumsi langsung, buah nanas juga dapat dijadikan berbagai jenis olahan seperti jus, selai maupun kerupuk. Nanas mengandung berbagai nutrisi diantaranya mineral, vitamin, antioksidan dan juga enzim.

Nanas sangat bermanfaat untuk tubuh seperti memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan gigi, mengatasi flu dan demam, mengobati radang kulit, perut kembung, menghaluskan kulit, mengobati asam urat dan masih banyak lagi.

Proses pembuatan kerupuk nanas bisa dibilang cepat, karena setelah kita memilih nanas yang dirasa matang, kemudian kita iris tipis – tipis lalu digoreng

Dalam dunia bisnis ide usaha kerupuk nanas memang sangatlah menarik, karena selain bahan baku yang mudah untuk didapat terlebih saat panen raya sehingga membuat harga jual nanas pun pastinya akan lebih murah.

 

Resep Kerupuk Nanas

Bahan :

  • 2 Kg buah nanas segar
  • Air kapur sirih
  • 2 liter minyak goreng
  • 150 gram gula pasir
  • 75 gram garam
  • 1,5 liter air

Cara membuat kerupuk nanas :

  1. Kupas buah nanas yang sudah matang dan iris tipis nanas
  2. Rendam irisan nanas kedalam air kapur sirih selama 5 jam untuk menghilangkan getah lengket
  3. Cuci bersih menggunakan air bersih nanas yang sudah direndam lalu keringkan
  4. Jemur nanas dibawah sinar matahari selama 1 hari supaya air yang terkandung berkurang
  5. Goreng nanas yang sudah kering kedalam minyak panas dan gunakan api yang besar supaya lebih cepat menghilangkan air
  6. Setelah dirasa matang angkat dan tiriskan
  7. Simpan kerupuk nanas kedalam wadah plastik yang kedap udara supaya kerupuk nanas tetap renyah dan gurih.

baca juga kawan : cara membuat kerupuk ikan mujair

 

Cara Memilih Nanas Yang Baik

1. Pilih Nanas Yang Memiliki Mahkota Hijau Cerah

Kondisi nanas yang segar memiliki tingkat kematangan yang sempurna biasanya memiliki mahkota yang berwarna hijau cerah dan tegak. Selain dari warna mahkota, berat buah juga dapat menentukan rasa dari daging yang ada didalamnya, semakin berat nanas maka semakin manis pula daging buahnya.

2. Beli nanas yang berukuran besar

Selain lewat berat, memilih nanas yang berukuran besar ternyata tidak kalah penting, karena sebagian besar daging nanas akan terbuang saat kita kupas, maka dari itu disarankan untuk memilih nanas yang berukuran besar.

3. Hindari Memilih Nanas Dengan Permukaan Kulit Mengkerut

Sebaiknya jangan  membeli nanas yang memiliki permukaan kulit yang keriput atau mengkerut, karena buah dengan kondisi seperti ini biasanya telah melewati masa matangnya alia tua.

4. Tekan Permukaan kulit Nanas

Untuk memastikan kembali kematangannya, kita bisa menekan permukaan kulit menggunakan jari, bila dirasa cukup empuk berarti nanas sudah matang dan siap dimakan, namun bila dirasa keras berarti nanas masih mentah.

5. Cium Aroma Nanas

Salah satu cara untuk memastikan kematangan dengan mudah adalah dengan cara mencium aroma dari permukaan kulitnya. Biasanya buah yang telah matang akan mengeluarkan bau harum yang khas, namun apabila tidak ada aroma manis khas dari buah tersebut yang tercium, berarti pertanda buah tersebut belum matang.

Bagaimana kawan, bermanfaat bukan resep cara membuat kerupuk nanas ini? jangan lupa share dan baca resep-resep lainnya ya kawan seperti cara membuat kerupuk sayuran ini

Comments are closed.