Cara BikinKeripik Tempe Pedas Renyah dan Sederhana!

Cara BikinKeripik Tempe Pedas Renyah dan Sederhana!

Tahukah kamu cara bikin keripik tempe pedas sangat mudah? Selain mudah, harga bahan baku yang digunakan juga murah. Kalian bisa mendapatkan tempe di pejual sayur terdekat. Jadi kalian tidak perlu bersusah payah.

Tempe memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya sebagai sumber protein yang kaya. Mengalahkan protein yang ada di daging. Sumber kalsium setara dengan susu. Satu satunya sumber vitamin B12 dari nabati. Dan masih banyak lagi.

Cara bikin keripik tempe yang mudah. Mampu membuat siapapun mau membuatnya. Beberapa lagi memilih langsung membeli. Namun, jika kamu ingin memasak keripik tempe. Dan tidak tahu bagaimana cara bikinnya. Kalian bisa mengikuti cara bikin keripik tempe di bawah ini.

Cara Bikin Keripik Tempe Pedas

keripik tempe pedas

Bahan – Bahan :

  • 400 -500 gr tempe yang masih baru
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 100 gr tepung beras
  • ½ sdt air kapur sirih (boleh diganti soda kue)
  • 250 ml air dingin
  • 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Tabur :

  • 2 sdm bumbu balado bubuk

Cara Bikin Keripik Tempe Pedas :

  1. Iris tempe setipis mungkin. Bentuk sesuai selera dan tergantung tempe yang dipakai. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, kenur, kemiri, ketumbar. Haluskan juga daun jeruk purut dan garam sampai halus.
  3. Iris halus 2 lembar daun jerupuk purut, jika kalian pakai. Sisihkan.
  4. Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke mangkuk. Masukkan pula bumbu halus ke dalam mangkuk. Kalian bisa menggunakan wadah yang cukup besar.
  5. Tambarhkan air secara bertahap. Sambil di aduk agar membentuk adonan agak kental. Cicipi adonan. Jika perlu tambahkan lagi garam secukupnya.
  6. Masukkan irisan daun jeruk purut. Kembali aduk hingga rata.
  7. Panaskan minyak di atas wajan. Menggunakan api sedang
  8. Celupkan irisan tempe pada adonan. Pastikan semua permukaan tempe terlapisi sempurna.
  9. Goreng dan balik hingga keripik tempe kering.
  10. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  11. Taburi keripik tempe dengan bumbu balado hingga merata. Lalu sajikan

Tips :

  1. Saat kalian menggoreng keripik tempe. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Mesin ini akan membuat hasil gorengan keripik lebih cantik. Selain berwarna cantik, teksturnya juga semakin renyah.
  2. Dibandingkan menggoreng secara manual dengan wajan. Hasil gorengan mesin vaacum frying lebih menjanjikan. Juga lebih bagus. Sehingga penggunaan mesin ini sangat disarankan untuk menggoreng.
  3. Ingat, kualitas tempe juga berpengaruh pada hasil keripik tempe. Oleh sebab itu, pastikan menggunakan tempe kualitas bagus. Tempe yang bagus memiliki tkstur yang padat. Tingkat kematangan tempe juga pas.
  4. Ketika mengiris tempe jangan terlalu tebal. Jika potongan tempe tebal. Keripik tempe tidak akan renyah dan kering. Selain itu, ketika mencelupkan tempe. Disarankan menggunakan tangan. Karena jika menggunakan sendok, adonan akan menggumpal.
  5. Bentuk keripik tempe tidak akan bagus. Keripik tempe juga akan keras karena terlumuri terlalu banyak adonan. Setelah selesai bikin keripik tempe. Jangan lupa untuk menyimpannya di toples. Jika tidak keripik tempe tidak renyah dan tahan lama.

Keripik tempe pedas dapat kalian nikmati sekarang. Cocok dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga. Juga saat berkumpul dengan teman – teman kalian. Ditemani beberapa camilan yang lain. Makin terasa deh momen berkumpulnya.

Jangan lupa untuk menyimpannya di toples. Karena wadah tertutup dan kedap udara sangat penting. Keripik tempe pedas kalian akan lebih awet. Teksturnya juga akan terus renyah. Dibanding jika diletakkan di ruang terbuka.

Mudah banget kan cara bikin keripik tempe pedasnya? Kalian bisa langsung praktek di rumah. Sendirian atau bersama keluarga terdekat. Jangan lupa ikuti tips – tips di atas ya! Selamat mencoba!

Comments are closed.