Cara Membuat Keripik Salak Tanpa Vacuum Frying

Cara Membuat Keripik Salak Tanpa Vacuum Frying

Cara membuat keripik salak tanpa vacuum frying – Mesin Vacuum Frying adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menggoreng buah buahan ataupun sayuran dengan memanfaatkan sistem penggorengan hampa udara.

Sehingga menghasilkan Keripik Buah yang segar, renyah, gurih, rasa buah tidak hilang, sehat, bernutrisi, dan enak tentunya.

Makanan keripik buah salak ini mungkin bagi anda jarang terdengar, dan tahukah anda jika sekarang faktanya keripik buah salak sangat populer di masyarakat sekarang ini.

Salak merupakan salah satu nama buah yang sudah terkenal serta populer dimana-mana, karena diseluruh wilayah indonesia terdapat buah salak ini.

Buah salah yang matang bisa kita konsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat minuman jus yang segar, namun buah salak juga masih bisa dibuat sebuah makanan atau cemilan loh yaitu dibuat keripik dengan nama keripik salak.

Keripik salak merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa gurih, renyah dan enak pastinya, biasanya keripik salak ini hanaya bisa kita temukan disupermartket atau ditoko pusat oleh-oleh.

Karena rasanya yang enak harga keripik salak ini masih relatif mahal, sebab masih ada orang yang tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Padahal cara membuat keripik salak ini mudah untuk dibuat sendiri loh, serta bahan yang dibutuhkanpun sangat mudah dicari.

Cara membuatnya sama seperti halnya dengan pembuatan keripik-keripik pada umumnya, hanya saja diganti dengan bahan keripik nya yaitu buah salak. Buah salak bisa anda dengan mudah mendapatkannya dipasaran, untuk lebih jelasnya lagi kita simak bersama bagaimana Cara Membuat Keripik Salak Tanpa Vacuum Frying.

.

 

Berikut Cara Membuat Keripik Salak Tanpa Vacuum Frying

cara membuat keripik salak tanpa vacuum frying

Bahan yang diperlukan :

  • Buah salak yang sudah matang 2 kil0 gram
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam secukupnya

 

Cara Membuat Keripik Salak Tanpa Vacuum Frying :

  1. Untuk Cara Membuat Keripik Salak anda Ambil buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. Kemudian kupas salak dari kulitnya sampai besih.
  3. Lalu salak dipisahkan dari bijinya dan ambil daging salaknya.
  4. membersihkan daging salak.
  5. Masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan larut. Kemudian masukan daging salak direndam selama 1 jam. Fungsi kapur sirih adalah untuk menghilangkan getah pada salak.
  6. Setelah direndam dengan sirih selama 1 jam kemudian diangkat salaknya dari rendaman dan tiriskan.
  7. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan salak pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging salaknya agar tidak bertumpukan. Tujuan salak dioven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada salak. Setidaknya bisa mengurangi kandungan airnya. Setelah salak kering lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan goreng salak hingga berwarna kuning keemasan atau coklat.
  9. Setelah salak matang digoreng, kalau sista punya alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan agar kandungan minyak salak bisa hilang, jadi salak bisa tahan sampai satu bulan.

 

Jika anda mempunyai mesin Vacuum Frying anda harus Praktekan juga Cara membuat keripik salak renyah menggunakanVacuum Frying .

Baca juga cara membuat keripik kangkung .

Demikianlah resep keripik salak tradisioal yang renyah dan manis. Resep ini sangat mudah dipraktekan dan tidak perlu menggunakan mesin Vacuum Frying  dan mesin pemusing. Semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih yah. Pesan saya, jangan pernah lelah untuk memasak

Comments are closed.