Berikut Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi Yang Mudah Dan Enak

Berikut Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi Yang Mudah Dan Enak

Ingin buat donat kentang tapi gak punya ragi? jangan khawatir karena disini saya akan menyampaikan  artikel tentang cara membuat donat kentang tanpa ragi. Cara membuatnya cukup mudah, tidak perlu berlama-lama, langsung simak penjelasan dibawah ini!

Donat Kentang

Donat kentang, atau bisa disebut disebut spudnut, adalah donat, rasanya manis, yang dibuat dengan menggunakan kentang tumbuk ataupun tepung kentang bukan dari tepung terigu, bahan yang paling sering digunakan untuk adonan donat.

Akan tetapi sekarang ini terdapat variasi pada pembuatan bahannya, yaitu menggunakan kentang yang dikukus lalu dicampur bersama dengan adonan donat dari tepung terigu. Awal mula donat kentang diperkenalkan pada pertengahan 1900-an, dan sebuah resep dikeluarkan pada tahun 1938. Donat kentang biasanya cenderung lebih ringan dari donat tepung, dan dibuat dengan teknik yang sama dengan donat lainnya.

 

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi

Bahan Donat Kentang :

  • Kentang 300 gram
  • Tepung terigu 600 gram bisa menepung menggunakan mesin penepung¬†
  • 3 sendok makan baking powder
  • Susu cair 250 ml
  • 5 sendok makan margarin
  • Gula bubuk 200 gram
  • Gula pasir 300 gram

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Memakai Ragi :

  1. Pertama cuci bersih kentang dan rebus hingga matang. Kemudian kupas kulit dan haluskan hingga benar-benar halus. Jangan sampai terdapat kentang yang masih potongan
  2. Lalu campurkan adonan kentang dengan margarin yang telah dicairkan. Kocok bahan hingga halus dan merata,
  3. Kemudian tuangkan susu cari sedikit demi sedikit sembari tetap menganduk adonan hingga rata. Jangan sampai lupa untuk menambahkan baking powder dan gula pasir ke dalam adonan. Sembari terus di aduk hingga adonan tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan kentang, sambil di uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kalis.
  5. Lalu siapkan tempat yang rata dan taburi dengan tepung terigu. Kemudian ratakan adonan. Cetak adonan dengan cetakan bulatan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar mengembang.
  6. Sesudah itu bentuk adonan hingga bagian tengahnya bolong, sebelum di goreng diamkan dulu selama 20 menit.
  7. Terakhir goreng donat hingga berwarna kuning keemasan dan matang sempurna.

 

Fungsi Kentang Pada Donat

1. Membuat Adonan Donat Lebih Empuk

Dilansir dari All Recipes, Jeff Buckwalter salah satu pemilik The Holy Donut didaerah Maine, Amerika Serikat, mengatakan bahwa jika adonan donat yang diberi kentang tumbuk mempunyai tekstur yang berbeda dengan adonan donat yang tidak diberi kentang. Hal itu dapat membuat tekstur donat menjadi lebih empuk dari dalam dan renyah di luar sesudah digoreng. Kentang tumbuk mampu memberikan kelembaban pada donat dibagian dalam yang membuat donat menjadi terasa lebih lembut.

2. Menambahkan Rasa Manis Pada Adonan Donat

Masih dalam laman All Recipes yang sama, Drew Watson pemilik toko donat bernama Berkeley Donuts di Colorado, mengatakan bahwa fungsi kentang dalam adonan donat juga dapat untuk menambahkan rasa manis. Menurut Drew Watson, kentang juga dapat menambahkan rasa manis yang tak bisa ditiru oleh gula sehingga mampu membuat rasa dari adonan donat kentang memiliki terasa manis yang khas.

3. Membuat Adonan Roti Mengembang Lebih Cepat

Dikutip dari Southern Living, menambahkan kentang pada adonan roti mampu membuatnya mengembang lebih cepat.  Hal itu disebabkan karena kentang mengandung kalium yang bisa membuat ragi naik lebih cepat dibandingkan dengan adonan roti yang tak ditambahkan dengan bahan kentang dan hanya menggunakan ragi saja.

Baca juga: cara membuat keripik kentang

Demikian artikel saya tentang cara membuat donat kentang tanpa ragi. Semoga bisa bermanfaaat untuk anda yang membaca dan mohon maaf jika ada kesalahan kata. Jika anda tertarik cara membuat donat tanpa kentang simak cara membuat donat tanpa kentang . Terimakasih dan selamat mencoba!

Comments are closed.