Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Yang Sehat

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Yang Sehat

Hai, sobat-sobat semua kalian tau nggak pengertian dari bawang goreng ? Nah kalian pasti mau tau kan pengertian bawang goreng dan manfaat bawang goreng itu apa, yuk langsung aja simak pembahasan dibawah ini tentang cara membuat bawang goreng renyah.

Semua sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan bawang goreng, yang bisa dibuat untuk meracik makanan yang lezat. Bahan utama dalam membuat bawang goreng adalah bawang merah.

Bawang goreng merupakkan Sebuah bumbu masakkan yang berasal dari bawang merah yang diiris tipis-tipis dan memiliki aroma yang nikmat. Bawang merah sendiri adalah sejenis tanaman yang biasa digunakkan untuk bumbu masakkan dan sebagai obat berbagai penyakit.

Besarnya bawang merah sekitar satu ukuran jempol dewasa sampai satu kepalan tangan bayi, JIka sudah diolah menjadi bawang goreng teksturnya akan berubah menjadi kering dan renyah. Warnanya pun berubah kecoklatan dan rasanya tak bisa dipungkiri sangat gurih dan sedap.

Baca juga bisnis yang lagi trend untuk anak muda

FUNGSI

Karena rasa bawang goreng yang gurih dan teksturnya yang renyah, bawang goreng banyak digunakkan sebagai bahan tabur masakkan. Misalkan nasi goreng, soto ayam, sayur sop dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi, bawang goreng bisa dijadikkan sebagai MSG alami untuk setiap masakkan karena gurihnya sama seperti gurihnya MSG.

Bawang Goreng yang berasal dari bawang merah memiliki banyak kandungan gizi serat, kalsium, Zat besi, Protein,, dan vitamin C. Namun sayang, kandungan gizi bawang goreng akan hilang bila terlalu lama dipanaskan diatas api.

  1. Bahan-bahan :

  • 20 siungbawang merah, iris halus
  • 2 sdtgaram
  • 2 sdmtepung beras
  • Minyak untuk menggoreng bawang
  • Tepung meizena

CARA MENGOLAH

Jika digoreng dengan benar. Yakni menggunakkan minyak yang benar-benar panas, dan digoreng dengan cara deep fried, sebenarnya bawang goreng sudah cukup awet untuk bisa dilakukan lagi. Hanya saja, terkadang cara penyimpanan nya yang kurang tepat membuat bawang goreng jadi lebih cepat lembek dan tidak enak untuk digunakkan lagi.

Lantas, bagaimana cara membuat bawang goreng agar menghasilkan tekstur renyah dan terasa gurih? Berikut ulasannya:

1. Pilih bawang merah yang berukuran besar

Jenis bawang merah yang digunakan untuk membuat bawang goreng sangat menentukan hasil akhirnya. Pilihlah bawang merah yang berukuran besar atau sedang dan masih segar. Selain itu, pastikan bawang merah yang dipilih memiliki kadar air yang cenderung rendah.

2. Iris bawang merah dengan tipis

Usahakan untuk mengiris bawang merah dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis, namun juga jangan terlalu tebal. Bawang yang diiris terlalu tebal akan membuat teksturnya menjadi lembek. Untuk mendapatkan hasil irisan yang tipis dan sama rata, kamu juga bisa menggunakan slicer atau alat pengiris bawang yang lebih praktis.

 3. Rendam dengan air garam

Sebelum menggorengnya, campurkan satu sendok garam dengan satu liter air dan rendam bawang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Rendaman air garam tersebut akan membuat bawang terasa lebih gurih dan teksturnya menjadi lebih renyah.

4. Taburkan tepung maizena

Setelah selesai merendam bawang dengan air garam, taburkan sedikit tepung maizena agar bawang goreng terasa lebih renyah. Cukup tambahkan satu sendok tepung maizena untuk satu kilogram bawang merah dan diamkan selama beberapa menit.

5. Keringkan bawang

Letakkan bawang yang akan digoreng di atas wadah secara merata dan diamkan selama satu hingga dua jam. Cara ini dapat membuat kadar air dalam bawang merah berkurang dan menghasilkan tekstur bawang goreng yang renyah.

6. Goreng hingga berwarna keemasan

Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng agar bawang dapat terendam dengan sempurna. Selain itu, gunakan api kecil agar tidak membuatnya cepat gosong. Jangan lupa untuk mengaduk bawang yang sedang digoreng untuk membuatnya matang dengan merata.

Tiriskan segera setelah bawang goreng berwarna keemasan karena panas yang tertinggal pada minyak dapat membuatnya terlalu matang.

 7. Tiriskan bawang

Setelah bawang selesai digoreng, jangan terburu-buru untuk meletakkannya di atas kertas minyak. Kadar minyak yang terserap pada kertas akan membuat bawang merah yang diletakkan di atasnya menjadi basah dan tidak renyah. Sebaliknya, tiriskan terlebih dahulu di atas peniris hingga kandungan minyaknya berkurang.

Bawang goreng ini juga bisa digunakan sebagai peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan menguntungkan. Selain itu, kamu bisa menggunakan sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu lakukan.

Comments are closed.