Cara Membuat Baju Bekas Terlihat Baru, Yuk Baca !

Cara Membuat Baju Bekas Terlihat Baru, Yuk Baca !

Baju merupakan fashion item yang paling banyak ada di lemari. Cara Membuat Baju Bekas Terlihat baru, Kebiasaan terlalu sering membeli baju pun membuatnya jadi menumpuk di lemari. Kamu merasakan hal ini, girls? Padahal, jika dibiarkan begitu saja tanpa pernah dipakai lagi, baju-baju tersebut jadi bisa menurun kualitasnya, lho.

Maka dari itu, daripada baju lamamu jadi usang, lebih baik dimanfaatkan menjadi hal yang berguna. Misalnya mengkreasikan baju-baju tersebut menjadi barang baru, atau membuat baju bekas mu bisa terlihat menjadi baru.

1. Pangkas Celana Panjangmu dan Miliki Celana Pendek Baru

Mau punya celana jeans pendek nggak harus selalu beli kok! Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan bermodal celana lama dan gunting saja. Pertama, carilah celana jeans panjang yang sudah jarang dipakai di dalam lemarimu. Setelah itu, ambil gunting dan potonglah celana tersebut. Panjang dan pendeknya, sesuaikan dengan keinginanmu biasanya hingga batas 2/3 paha atau sedikit di atas lutut.

Hasil potongannya memang masih kasar dan menyisakan benang di ujung-ujung celana. Untuk merapikannya, kamu bisa bawa ke tukang jahit langganan atau ke tukang permak jeans yang sering lewat depan rumah. Tapi kalau kamu memang menginginkan penampilan yang sedikit messy look, biarkan saja hasil potongan yang kasar itu tanpa perlu merapikannya.

Baca juga bisnis yang lagi trend untuk anak muda

2. Manfaatkan Jeans yang Tidak Terpakai Jadi Sarung Ponsel Baru

Habis memangkas celana jeans panjangmu? Jangan buang sisa potongannya, karena kamu bisa membuat sarung ponsel dari bahan sisa ini.

Caranya:

Ambil bahan jeans sepanjang 30 cm, lipat menjadi 2.

Buat pola sesuai dengan bentuk ponselmu, kemudian potong pola tersebut dengan melebihkan 1 cm di setiap sisinya.

Satukan sisi kanan dan kiri dengan menjahitnya. Tidak perlu menggunakan mesin jahit karena kamu bisa menjahitnya dengan tangan. Gunakan tusuk jelujur, tikam jejak, atau feston untuk hasil yang lebih kuat.

Coba masukkan ponselmu ke dalam sarung barunya ini. Lihat apa panjang dan lebarnya sudah pas. Kalau masih kepanjangan, kamu bisa memangkas sedikit di bagian atasnya.

Yeay! Kamu punya sarung ponsel baru, deh!

3. Permak Kaos Lamamu Menjadi Tank Top Lucu

Pergi ke pantai memang enaknya memakai tank top. Selain lebih bebas bergerak, tubuhmu juga bisa merasakan sejuknya angin pantai menyentuh kulitmu. Tapi kalau belum punya tank top bagaimana, ya? Jangan khawatir karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa susah.

Pertama, siapkan kaos lamamu yang berukuran cukup besar atau longgar. Kemudian, potong kedua sisi lengan dan bagian garis leher. Potonglah sesuai dengan tingkat kerendahan dan tebal tali bahu yang kamu ingingkan. Berikutnya, pangkas sedikit bagian bawah kaos supaya tidak terlalu panjang. Untuk hasil yang lebih rapi, kamu bisa menjahit bagian pinggir kaos yang terpotong. Namun, tanpa perlu dijahit pun hasilnya juga sudah oke, kok!

4. Percantik Kaos Polosmu Dengan Teknik Dip Dye

Kaos polos yang sudah bosan dipakai, jangan dibiarkan di dalam lemari saja. Coba deh percantik kaos polosmu dengan teknik dip dye. Kamu hanya perlu menyiapkan kaos polos, pewarna tekstil merek Dylon, sarung tangan karet atau plastik, air hangat, garam, dan ember kecil sebagai wadah.

Langkah-langkahnya:

Larutkan 1/4 botol bubuk Dylon ke dalam 4 gelas air hangat dan tambahkan 4 sendok makan garam untuk ‘mengunci’ warnanya.

Setelah larut dengan baik, tambahkan sedikit air untuk mendapat warna lembut yang tidak terlalu pekat.

Cuci bagian bawah kaos polos yang ingin kamu percantik dengan air biasa dan peras hingga airnya habis.

Rendam bagian kaos polos yang basah ke dalam larutan Dylon selama 45 detik, lalu angkat. Kemudian lanjutkan pewarnaan dengan cara mencelup-celupkan bagian bawah kaos sebanyak 3-4 kali, supaya mendapat gradasi warna yang cantik.

Selanjutnya, peras bagian kaos yang telah diberi warna dan bilas menggunakan air dingin. Lalu, gantung kaos tersebut selama 15 menit sampai bagian yang diwarnai mengering.

Setelah 1/2 kering, taburkan sedikit bubuk pewarna Dylon di atas bagian yang diwarnai. Taburkan sesukamu untuk membuat efek berkilau.

Gantung kembali kaosmu hingga benar-benar kering. Kemudian, bilas dan keringkan sekali lagi untuk membuat warna terserap dengan baik.

Tada! Kaos polos membosankanmu telah berubah menjadi kaos dip dye yang sangat cantik.

Nah itulah, sedikit pembahasan tentang cara membuat baju bekas terlihat baru, dengan cara yang mudah, sekian terimakasih.

 

 

Comments are closed.