Mau Tau Cara Buat Arang Sekam Padi?

Mau Tau Cara Buat Arang Sekam Padi?

Cara buat arang sekam padi, dalam pembahasan kali ini kita akan sama-sama belajar tentang bagaimana cara buart arang sekam padi. Arang sekam sendiri secara arti harfiah bahwa arang sekam adalah proses daur ulang hasil pembarakaran parsial padi. Lebih luas dalam dunia pertanian arang sekam kaya akan manfaat dan kegunaan.

Arang

Arang sekam padi mempunyai integritas yang tinggi dalam pandangan masyarakat, harga yang mudah serta pengolahannya yang tidak begitu sulit. Membuat banyak orang yang menggeluti untuk bisnis dan mengetahui cara membuat arang sekam padi ini. Biasanya arang sekam padi ini sering digunakan untuk penggemburan tanah, dalam beberapa waktu yang lain biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan kompos.

Melalui proses pembakaran parsial sekam padi, arang sekam padu sebenarnya mempunyai  20 persen sampai 30 persen dari proses penggilingan. Setelah semua proses ini dilalui hasil dari itu akan dibuang dalam bentuk sekam padi. Artinya limbah hasil dari pembuangan inilah yang dimanfaatkan untuk membuat sekam arang padi. Baik kita sama-sama cermati langkah-langkah dalam membuat arang sekam padi ini :

baca juga : olahan bumbu lele bakar arang

Cara Buat Arang Sekam Padi

2 Langkah Mudah Membuat Arang Sekam Padi | Pak Tani Digital

Dalam cara pembuatan arang sekam padi ini ada beberapa proses tahapan yang perlu diperhatian dan disipakan. Bukan hanya itu karena dalam pembuatan arang sekam padi ini harus sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam proses ini membutuhkan bahan dan alat yang sesuai juga urutan yang cocok sehingga nantinya bisa jelas dan bisa sesuai akan hasil yang diinginkan. Berikut kita simak penjelasannya :

Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan:

  • Sekam padi sesuai kebutuhan
  • Tungku kayu bakar atau boleh kompor
  • Kuali tanah liat
  • Pengaduk dari kayu

Cara Buat Arang Sekam Padi:

  1. Sekam padi yang sudah disiapkan dimasukan ke kuali tanah tadi.
  2. Siapkan api yang sudah menyala, taruh kuali tadi di atas kompor
  3. Sekam didiamkan selama kurang lebih 2-5 menit
  4. KAduk sampai benar-benar merata semuanya. Semua arah diaduk harus sesuai.
  5. Untuk membuat sekam padi warnanya hitam lakukan adukan selama kurang lebih 2 menit saja
  6. Jika dalam kurun waktu 30 menit padi sudah hitam semuanya berarti sudah siap
  7. Selanjutnya matikan kompor dan proses ini membuat suhu arang padi menurun.
  8. Arang sekam sebaiknya dibasahi atau direndam dulu beberapa saat agar air meresap ke dalamnya, jika ingin digunakan untuk media tanam

Begitu adalah tahapan-tahapan yang bisa dilaksanakan dalam proses pembuatan aram sekam padi. Selanjutnya kita akan membahas tentang potensi bisnis yang bisa dikembangkan dari arang sekam padi. Tentu sebagai manusia kita mempunyai keunggulan untuk berkembang dan bisa menghasilkan uang sebagai investasi jangka panjang dalam hidup. Berikut adalah peluang yang bisa dijadikan referensi dari arang sekam padi.

Alasan Memilih Arang Sekam Padi

Selain solusi media tambahan/campuran yang efektif  dan efisien, pemilihan arang sekam padi ini menjadi pilihan yang tepat ketika ingin memulai bisnis. Banyak faktor yang bisa dipertimbangkan kenapa harus memilih arang sekam.

  1. Arang sekam mempunyai harga yang relatif murah dan terjangkau
  2. Sangat mudah dipahami dalam pembuatannya
  3. Pembakaran adalah salah satu teknik untuk menghasilkan limbah arang sekam
  4. Dalam campuran media tanam dalam penggunaan arang sekam sangat cocok
  5. Selain cocok sebagai media tanam, arang sekam juga bisa menyimpan air
  6. Membuat perubahan pada struktur tanah menjadi remah adalah keunggulan dari arang sekam
  7. Hebatnya arang sekam mampu membuat persediaan oksigen dalam tanah

Semakin banyak kita mengetahui dan ternyata sangat mudah cara pembuatannya. Tentu ini menjadikan kita membuka peluang lebih dalam lagi dalam proses bisnis. Sebelum kita lebih lanjut untuk melihat peluang apa yang bisa kita upayakan dari arang sekam pagi. Mari kita sama-sama melihat apa saja manfaat ataupun kegunaan dari arang sekam padi ini.

Manfaat Arang Sekam Padi

Arang sekam mengandung silika (Si) yang cukup tinggi yakni sebesar 16,98%, silika (Si) merupakan unsur yang tidak penting untuk tanaman dan bukan unsur hara. Akan tetapi keberadaan unsur silika (Si) diketahui dapat memperbaiki sifat fisik tanaman dan berpengaruh terhadap kelarutan P dalam tanah. Jika unsur silica (Si) dalam tanah kurang dari 5%, maka tegak tanaman tidak kuat dan mudah roboh.

Begitu banyak unsur yang dikandung oleh arang sekam sehingga sangat baik digunakan untuk media tanam. adapun manfaat menggunakan arang sekam sebagai media tanam adalah :

  1. Menjaga kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan
  2. Memacu pertumbuhan (proliferation) mikroorganisme yang berguna bagi tanaman
  3. Mengatur pH tanah pada kondisi tertentu
  4. Mempertahankan kelembaban
  5. Menyuburkan tanah dan tanaman
  6. Meningkatkan produksi tanaman
  7. Sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen
  8. Sebagai media tanam hidroponik
  9. Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air

Pembakaran sekam padi bertujuan untuk meningkatkan kandungan karbon dan unsur hara dalam sekam padi. Untuk menjaga kandungan unsur hara dalam sekam diperlukan teknik pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan arang sekam, bukan abu sekam. Sebab pembakaran sempurna yang menghasilkan abu sekam justru menghilangkan kandungan hara pada sekam padi tersebut. Demikian pemanfaatan arang sekam semoga bermanfaat.

 

Peluang Bisnis Arang Sekam Padi

Peluang Bisnis Arang Sekam Padi

 

Pengolahan terkait tanah arang yang sudah dilakukan memberikan fakta bahwa limbah pertanian dapat berbentuk bahan buangan tidak terpakai dan bahan sisa . Karena hal inilah limbah yang telah melalui proses penghancuran secara alami akan berlangsung lebih lambat. Relevan dengan limbah yang tadi, sehingga dengan hal itu selain berdampak pada kesehatan manusia ini juga bisa merusak dari pencemaran lingkungan sekitar. Seharusnya dengan adanya perkembangan dari teknologi bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media pembantu.

Provinsi Bali yang berada di wilayah Indonesia, nampaknya masih kurangnya eksploitasi arang sekam padi. Padahal untuk mendapatakan limbahnya ataupun bahannya ini sangat mudah, karena petani disana hanya menumpukkan limbah tanpa melakukan pendayagunaan. Kurangnya pemanfaatan teknologi membuat daya jual produk ini masih sangat terbatas. Abu gosok adalah salah satu pemanfaatan dari arang sekam padi ini.

Potensi Bisnis Pembuatan Briket “Arang Sekam”

Sekarang ini masih banyak sekaali peluang usaha yang bisa kita kembangkan sebagai salah satu bentuk mata pencaharian. Sekarang ini sudah ada inovasi terbaru dari potensi bisnis arang, khususnya dalam bentuk arang curah atau briket. Meskipun masih menggunakan alat dan pembuatannya secara manual, tapi sekarang ini sudah bisa menggunakan mesin briket arang.  Dengan peralatan yang sederhana berupa bambu berdiameter 10 cm dan tinggi 7 cm sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Arang dibuat adonan dengan cara dicampur dengan air secukupnya dan untuk merekatkannya ditambahkan tanah liat atau bahan perekat lain-nya. Adonan dicetak dalam tabung bambu kemudian dikeringkan.

Peluang Pemasaran Briket Arang Sekam

Di tingkat penggilingan, harga sekam kering sekitar Rp 50/kg dan bila diolah menjadi arang sekam harganya menjadi hampir Rp 150/kg. Ternyata sentuhan teknologi pengolahan sederhana tersebut mampu memberikan nilai tambah yang cukup besar. Harga arang sekam di tingkat petani bunga dan petani sayuran dapat mencapai Rp 700 – Rp 750/kg.

Pemanfaatan arang sekam dalam bentuk briket masih terbatas, namun prospeknya cukup cerah karena harganya lebih bersaing disbanding arang kayu. Harga arang kayu sekitar Rp 1.000-Rp 1.500/kg, sedangkan arang sekam Rp 600/kg.

Pangsa pasar arang sekam antara lain adalah perusahaan peleburan bijih baja, industry hortikultura terutama bunga potong dan paprika, serta rumah tangga. Briket arang sekam dapat pula dikembangkan penggunaannya sebagai media tumbuh tanaman bernilai ekonomis tinggi di samping sebagai bahan bakar ramah lingkungan. Untuk mendukung pemanfaatan sekam sebagai bahan bakar alternatif, ada beberapa model tungku yang dapat dikembangkan, antara lain tungku rumah tangga model Singer dan model Sumarni serta tungku briket arang sekam terbuat dari plat besi.

Alasan Memilih Arang Sekam Padi

P e s o n a B i o c h a r | No Boundaries

 

Selain solusi media tambahan/campuran yang efektif  dan efisien, pemilihan arang sekam ini menjadi pilihan yang tepat ketika ingin memulai bisnis. Banyak faktor yang bisa dipertimbangkan kenapa harus memilih arang sekam.

  1. Arang sekam mempunyai harga yang relatif murah dan terjangkau
  2. Sangat mudah dipahami dalam pembuatannya
  3. Pembakaran adalah salah satu teknik untuk menghasilkan limbah arang sekam
  4. Dalam campuran media tanam dalam penggunaan arang sekam sangat cocok
  5. Selain cocok sebagai media tanam, arang sekam juga bisa menyimpan air
  6. Membuat perubahan pada struktur tanah menjadi remah adalah keunggulan dari arang sekam
  7. Hebatnya arang sekam mampu membuat persediaan oksigen dalam tanah.

 

 

Macam-Macam Arang

Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh, Bisa Serap Racun Lho - Harapan Rakyat Online

Semakin berkembangnya zaman juga perkembangan dalam dunia kebutuhan sekunder bahkan primer juga semakin berkembang dengan pesat. Macam-macam aneka inovasi dan teknologi sekarang sudah banyak berkembangan. Termasuk arang, di bawah ini adalah penjelasan terkait arang yang akan menjadi tolok ukur betapa mudahnya zaman berkembang serta kreatifitasannya.

1. Arang Tempurung Kelapa

Arang tempurung kelapa adalah sebuah arang yang dibuat dari bahan dasar tempurung atau batok kelapa. Pemanfaatan arang tempurung kelapa ini termasuk cukup strategis sebagai sektor usaha. Hal ini di karekan banyak masyarakat yang jarang memanfaatkan tempurung atau batok kelapanya. Selain dimanfaatkan dengan dibakar langsung, tempurung kelapa dapat dijadikan sabagai bahan dasar briket arang.

Tempurung kelapa yang akan dijadikan arang harus dari kelapa yang sudah tua, disebabkan tempurung jauh lebih padat dan kandungan udara jauh lebih sedikit. Harga jual arang tempurung kelapa terbilang cukup tinggi. Karena selain berkualitas tinggi, untuk mendapatkan tempurung kelapanya juga sulit dan harganya cukup mahal. Ada tiga proses dalam membuat arang batok kelapa.

2. Arang Sekam Padi

Arang jenis ini biasanya digunakan untuk bahan pupuk atau sebagai media tanaman dan bahan baku briket arang. Sekam itu terbuat dari kulit padi atau biasa disebut gabah ini biasa didapatkan pada tempat penggilingan padi. Selain digunakan untuk arang, sekam padi juga sering dijadikan bekatul untuk pakan ternak. Arang sekam juga bisa digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Hal ini karena sekam padi memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyimpan udara sebagai cadangan makanan.

3. Arang Kayu

Arang kayu yaitu sebuah arang yang terbuat dari bahan dasar kayu yang dibakar. Jenis arang kayu ini paling umum digunakan untuk keperluan memamasak bahkan dapat digunakan sebagai penjernih air dan juga digunakan untuk kesehatan dll. Bahan kayu yang akan dibuat arang itu harus kayu yang berkualitas atau kayu tidak dalam keadaan membusuk.

4. Arang Serasah

Jenis arang serasah ini dibuat dari bahan serasah atau sampah dari daun-daunan. Arang biasa digunakan untuk dijadikan briket arang karena arang serasah ini mudah dihancurkan. Jika dibandingan dengan jenis arang lainnya arang serasah termasuk bahan yang paling mudah didapatkan.

Arang serasah yang berasal dari bahan sampah daun ini merupakan hasil penelitian dari usman (26), guru SMAN 17 Palembang, sumatra selatan. Ini adalah salah satu lulusan sarjana biologi dari Universitas Sri-Wijaya, bapak usman merupakan salah satu dari 10 peraih dari penghargaan dalam bidang pendidikan sains. Pada saat itu dia berfikir bahwa arang dapat dibuat dari berbagai macam bahan, salah satunya yang belum pernah ada dari sampah-sampah arsitektur.

5. Briket Arang

Jenis briket arang ini sudah banyak dikenali oleh masyarakat. Arang ini merupakan arang yang dibuat dari arang jenis lain yang dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicetak sesuai kebutuhan dengan campuran tepung kanji. Tujuan dari pembuatan briket arang yaitu untuk menambah jangka waktu bakar dan untuk biaya.

Arang yang sering dijadikan briket arang di antaranya adalah arang sekam, arang serbuk gergaji, dan arang serasah. Arang-arang tersebut terlalu kecil untuk digunakan langsung dan akan cepat habis. Sehingga akan lebih awet jika diubah menjadi briket arang. Untuk arang tempurung kelapa dapat dijadikan briket arang, tetapi hanya tempurung yang sudah hancur saja. Sedangkan tempurung yang masih utuh tidak perlu dijadikan briket arang.

6. Arang Serbuk Gergaji

Arang serbuk gergaji merupakan sebuah arang yang dibuat dari bahan gergaji serbuk yang dibakar. Serbuk gerjadi bisa mendapatkan dari tempat-tempat pengrajin kayu atau tempat penggergajian. Serbuk gergaji ini sudah tidak dimanfaatkan lagi oleh seorang pemiliknya dan bisa diambil untuk dibuat arang, sehingga pembuatan arang ini terbilang murah. Selain dapat digunakan sebagai bahan bakar, serbuk gergaji juga dapat digunakan sebagai campuran pupuk dan juga dapat digunakan sebagai bahan bakar menjadi briket arang.

7. Arang Kulit Buah Mahoni

Arang kulit buah mahoni yaitu sebuah arang yang berbahan dasar dari kulit mahoni itu bila dilihat secara kasat mata mempunyai tekstur yang keras dan juga padat, sayang jika tidak dimanfaatkan. Oleh sebab itu kulit buah mahoni di olah menjadi arang, proses pembuatannya sama pada saat pembuatan arang kayu yang menggunakan tungku drum.

Arang yang dihasilkan dari kulit buah mahoni juga terbukti memiliki kualitas yang cukup baik. Jika dibakar hanya mengeluarkan sedikit asap. Nilai kalor yang dihasilkan saat dibakar sangat tinggi dan lebih tahan lama sehingga dapat memberikan biaya pengeluaran. Arang kulit buah mahoni ini memang terdengar baru. Akan tetapi melihat kualitas arang yang dihasilkan, arang ini pasti akan banyak diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hal ini juga dapat dijadikan produksi alternatif bagi para wirausaha arang.

 

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Arang Sekam Padi semoga apa yang disampaikan di awal tentang cara pembuatan, dan juga tentang bagaimana manfaat, sedikit juga menyinggung macam-macam aneka varian arang. Semua yang sudah dijelaskan di awal sampai akhir ini semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Semoga bisa dipermudah jika ingin mencoba hal yang baru dan inovasi baru.

Sehingga ilmu yang sudah temen-temen tahu diharapkan juga bisa dipraktikan dengan baik, dan juga bisa berbagi pengalaman untuk orang lain dan juga bisa menjadi contoh yang baik. Akan lebih baik jika malah membuka cabang bisnis untuk membuka usaha tentang bisnis abon. Tentu pastinya akan banyak sekali yang berminat untuk membelinya.

Sekian temen-temen, semoga bermanfaat dan semoga sukses, sehat selalu.

Comments are closed.