Briket Arang Batok Kelapa

Briket Arang Batok Kelapa

Briket Arang Batok Kelapa

briket arang batok kelapa

Pengertian

Briket arang batok kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang kerap digunakan untuk memasak terutama untuk memanggang bahan makanan dan untuk keperluan rokok pipa shisha karena menghasilkan panas yang lebih besar dibandingkan dengan briket batu bara.

Cara Membuat

Alat:

  1. cetakan briket.
  2. oven briket.
  3. mesin adonan.
  4. mesin briket arang.

Bahan:

  1. tempurung kelapa.
  2. tepung kanji.
  3. air.

Cara Membuat:

  1. membakar tempurung kelapa lalu ditumbuk hingga halus.
  2. setelah ditumbuk, langkah selanjutnya adalah ayak hasil tempurung kelapa yang sudah ditumbuk.
  3. campurkan hasil tumbukan dengan lem kanji dan air yang telah disediakan.
  4. Setelah semua bahan bahan sudah tercampur cetaklah pada cetakan yang sudah tersedia.
  5. Jika sudah tercetak rapi dan dirasa sudah cukup, masukan ke dalam oven untuk di panaskan sehingga hasil cetakan dapat terbentuk sempunra.
  6. Angkatlah hasil dari oven jika sudah selesai dioven.

Spesifikasi:

  • Kadar kalori ( 6500-7000 kilo kalori )
  • Moisture ( 10% )
  • Ash ( 7% )
  • Shape ( Hexagonal )
  • Length ( 20-40cm )
  • Diameter ( 3.8cm )
  • Burning time ( 4jam )

Keunggulan:

  • ekonomis karena relatif murah dari bahan lain
  • melimpah dan mudah ditemukannya bahan utama
  • tidak mengeluarkan bising
  • yang paling penting adalah minimnya resiko ledakan tidak seperti kompor minyak tanah dan kompor elpiji.

Mengapa Briket Lebih Ramah Lingkungan?

Penggunaannya lebih hemat dan ekonomis, selain daripada itu juga aman dan ramah lingkungan. Briket dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif karena sangat memanfaatkan limbah sumber daya alam dalam pembuatannya, dan sangat amat ramah lingkungan.

briket arang batok kelapa

Riset Analisis

Menurut riset analisis tentang briket arang batok kelapa, usaha ini sendiri kurang mampu memenuhi kebutuhan pabrik arang karbon aktif yang dimana dibutuhkan kurang lebih sebesar 1800 ton/tahun.

Usaha ini sendiri sebenarnya memiliki pasar yang jelas, permintaan dari pasar lokal maupun luar tidak pernah sepi, dan juga dapat dikembangkan pada lahan terbatas, produk yang tidak mudah kadaluarsa, investasi usaha murah, dan alat produksi yang sederhana.

Kualitas

Briket itu sendiri dikatakan berkualitas bagus jika bertekstur halus, tidak mudah pecah, keras, aman untuk manusia dan lingkungan sekitar, dan serta memiliki sifat yang mudah menyala. Maksud dari mudah menyala yaitu waktu menyala yang cukup lama, tidak menimbulkan jelaga, asap sedikit dan cepat hilang, serta nilai kalor tinggi.

Namun briket arang memiliki waktu menyala lebih sedikit dibandingkan briket batu bara, dan juga nilai karbonnya rendah.

Manfaat Untuk Masyarakat Kecil

Manfaat briket arang batok kelapa untuk masyarakat kecil itu sendiri sangat bermanfaat karena minim biaya dan mudahnya pembuatan, maka dari itu perlu diberikan pemahaman tentang manfaat dan cara pembuatan agar tidak bergantung ke energi minyak bumi yang menipis,

Kompor Briket

Keamanan dari kompor briket ini adalah meminimalisir terjadinya ledakan, mudah perawatan, serta praktis. Kompor briket ini sangat ekonomis dan bebas polusi, sehingga mementingkan makna sehat dan hemat.

Masa Depan Briket Arang

Jika kita lihat dengan seksama untuk pasar briket arang yang sudah sangat meluas hingga ke berbagai macam benua, maka dapat dipahami bahwa briket arang batok kelapa ini sendiri masa depan yang cukup maju. Alangkah baiknya jika dibantu dengan dukungan dari pemerintahan agar terus berjalan maju untuk bisnis briket arang batok kelapa itu sendiri. Tanpa adanya bantuan dari pemerintahan, bisnis briket arang itu sendiri belum tentu bisa berkembang luas. Dirasa cukup untuk penjelasan briket arang batok kelapa, cara pembuatan, harga, spesifikasi, pemanfaatan batok kelapa dan lain lainnya.

Comments are closed.