Inilah Binatang Yang Makan Rumput Untuk Beternak

Inilah Binatang Yang Makan Rumput Untuk Beternak

Binatang yang makan rumput atau sering kita sebut Herbivora, merupakan golongan hewan pemakan tumbuhan. Hewan ini bertahan hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar sebagai sumber tenaga utamanya. Kebanyakan semua hewan pemakan tumbuhan atau bisa disebut dengan herbivora, tidak memiliki gigi taring yang tajam. Karena memiliki gigi yang tidak terlalu tajam menyebabkan mencerna makanannya dengan mudah.

Binatang Yang Makan Rumput Memiliki Ciri :

  • Memiliki gigi geraham yang lebar.
  • Kebanyakan hewan ini Hidup di daratan.
  • Hewan pemakan tumbuhan tergolong hewan Mamalia.
  • Berdarah panas.
  • Termasuk kedalam perkembangbiakan secara vivipar (beranak)

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri binatang pemakan rumput selanjutnya, kita akan membahas beberapa contoh hewan ternak pemakan tumbuhan. Berikut binatang pemakan rumput :

1. Kambing

Hewan Yang Makan Rumput Kambing

Hewan kambing juga merupakan hewan pemakan rumput lainnya, kambing mempunyai gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah rumput-rumputan dan dedaunan. Hewan kambing memiliki kaki empat yang sangat memungkinkan untuk berlari kencang sehingga bisa menghindar dari serangan binatang buas. Kambing sering dijadikan sebagai hewan ternak.

Hewan kambing bermanfaat penting dari mulai dagingnya samapai kotorannya pun, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, terutama para petani. Kambing juga memiliki banyak manfaat yang manfaat utamanya untuk konsumsi karena mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh manusia. Saat ini terdapat banyak jenis kambing salah satunya yaitu kambing etawa yang bisa menghasilkan susu. Susu kambing etawa mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dari susu sapi perah, sehingga sering dimanfaatkan sebagai barang konsumsi yang menyehatkan.

Untuk perawatan cara merawat kambing memang gampang-gampang susah.

2. Sapi

Hewan Yang Makan Rumput

Hewan sapi adalah salah satu contoh yang sangat mudah dari hewan pemakan rumput lainnya. Sapi pada umumnya memakan rerumputan dan dedaunan. Hewan ini termasuk herbivora yang makanan utamanya tidak bergantung pada rumput. Rumput akan lebih mudah dicerna oleh sapi jika sudah diproses menggunakan mesin chopper rumput perajang rumput.

Sapi sering dimanfaatkan tenaganya untuk transportasi dan untuk membajak sawah. Zaman yang semakin canggih dan modern, kebanyakan sapi dijadikan binatang ternak. Bukan hanya pemanfaatan dagingnya yang mengandung kaya akan gizi. Namun sapi juga termasuk sumber protein hewani seperti susu sapi yang dimanfaatkan untuk memperbaiki nilai gizi pada manusia.

Bukan hanya tenaga, daging dan susunya yang bisa dimanfaatkan, tetapi kotoran sapi pun juga bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan dapat digunakan sebagai bahan bio gas.

3. Domba

Hewan Yang Makan Rumput Domba

Banyak orang selalu kebingungan untuk membedakan antara domba dan kambing. Domba atau biri-biri memiliki rambut yang tebal dan dikenal sebagai hewan ternak untuk diambil rambutnya, dagingnya serta susunya. Saat ini, setidaknya ada 7 spesies domba di dunia yang tersebar dari Asia hingga Eropa. Layaknya hewan pemakan rumput yang lain, domba juga suka menyantap rerumputan, dedaunan dan jerami untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

4. Kerbau

Kerbau

Hewan kerbau sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu, bahkan lebih dahulu populer dibandingkan dengan sapi. Daging kerbau memang memiliki nilai gizi yang baik, walaupun saat ini daging yang tersedia dipasaran lebih banyak daging sapi namun masih banyak yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasar masakannya. Budidaya ternak kerbau masih banyak dilakukan di daerah-daerah baik perorangan maupun skala besar.

Budidaya ternak kerbau yang dilakukan oleh peternak kecil biasanya juga di sewakan untuk membajak sawah. Sedangkan untuk peternakan kerbau sekala besar sudah sangat jarang dan digantikan dengan ternak sapi, biasanya masih ada didaerah yang memiliki tanah kurang subur untuk pertanian seperti NTT dan NTB.

5. Kelinci

Kelinci

Hewan kelinci yang merupakan mamalia dari famili Leporidae adalah salah satu hewan yang cukup sering kita jumpai. Tempat tinggal utama kelinci awalnya adalah di Afrika dan Eropa yang kemudian ditemukan spesies kelinci sumatera pada tahun 1972. Saat ini, kelinci kerap dijadikan hewan peliharaan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Kelinci menyukai berbagai macam sayuran dan buah-buahan sebagai pakan kelinci.

Itulah hewan pemakan rumput yang cocok untuk jadi hewan ternak dan untuk mencari peluang bisnis bisa kunjungi tehnoblogija.

Comments are closed.