Apa Itu Es Krim Gelato dan Penjual Es Krim Gelato di Yogyakarta ?

Apa Itu Es Krim Gelato dan Penjual Es Krim Gelato di Yogyakarta ?

Apa Itu Es Krim Gelato ?

Apa itu es krim gelato ? – Jika dilihat secara sepintas dari tampak fisik es krim gelato tidak berbeda dengan es krim yang biasa kita konsumsi. Namun, ada perbedaan cukup besar antara es krim yang kita kenal dengan es krim gelato. Adapun perbedaan antar keduanya yaitu :

1. Gelato Diproduksi dalam Skala Kecil, Langsung Disajikan dan Dinikmati setelah Dibuat

Es krim gelato selalu dibuat dalam skala kecil dan ada yang dibuat menggunakan mesin gelato. Setelah proses pembuatan, es krim gelato bisa langsung segera disajikan. Oleh karena itu, es krim gelato selalu disajikan dalam keadaan segar. Berbeda dengan es krim yang dibuat oleh pabrik – pabrik dalam skala produksi yang besar dan disimpan dalam jangka waktu lama selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, terutama jika harus diimpor dari negara produksi.

2. Es Krim Gelato Dibuat Menggunakan Bahan-Bahan yang Masih Segar

Es Krim gelato selalu dibuat dengan bahan-bahan yang masih segar yaitu dari susu segar dan buah-buahan yang masih segar. Es krim gelato yang baik tidak menggunakan essence atau perisa. Es krim gelato yang baik selalu menggunakan buah segar asli seperti, kiwi, strawberry, durian,  lemon, dan lain sebagainya.  Juga dari pasta yang dibuat dari bahan asli seperti, nuttela, pistachio, coffee, moccachino, vanilla, dan masih banyak lagi.

3. Mengandung Lebih Sedikit Lemak

Es krim gelato hanya mengandung lemak 6–10% saja. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan es krim dari Amerika yang biasanya mengandung lemak sampai di atas 15%. Bahkan gelato jenis sorbet dengan rasa buah tidak mengandung lemak sama sekali atau 0% karena hanya dibuat dari buah asli.

4. Gelato Lebih Padat tapi Tetap Lembut

Es krim gelato mempunyai struktur lebih padat daripada es krim. Komposisi es krim gelato mempunyai campuran udara yang sedikit. Karena pada es krim gelato disajikan pada suhu yang lebih dingin dan  diperlukan jumlah udara yang banyak agar tetap lembut.

Sedangkan, es krim gelato disajikan pada temperatur yang tidak terlalu dingin sehingga komposisi udara dapat dibuat lebih sedikit. Hal ini memengaruhi rasa es krim gelato secara keseluruhan. Es krim gelato lebih mempunyai rasa yang ‘penuh’ dan padat berisi karena kandungan udaranya yang sedikit. Berbeda dengan es krim yang lebih terasa ‘ringan’ karena mengandung banyak udara di dalamnya.

Penjual Es Krim Gelato di Yogyakarta

Apa Itu Es Krim Gelato ?

1. Artemy Italian Gelato

Siapa yang tak kenal es krim gelato satu ini. Yup, Artemy merupakan pelopor es krim Italia atau es krim gelato di Kota  Yogyakarta. Bermula dari gelaterianya di dekat Mal Malioboro, sekarang Artemy sudah punya cabang lain di Jalan Kranggan. Awalnya Artemy hanya menyajikan gelato dengan cup dan cone saja, tetapi seiring berkembangnya dunia kuliner diikuti dengan perkembangannya, Artemy sudah merambah ke dunia pastry dan coffee. Bahkan sekarang makan gelato dengan waffle juga bisa.
Untuk tekstur dan rasa memang tidak diragukan lagi, Artemy memiliki kualitas tersendiri di kelasnya. Penulis paling suka memesan rasa vanilla, taro, dan dark choco kalau berkunjung kesini. Teksturnya creamy tapi padat jadi tidak gampang mencair.
Alamat Artemy Italian Gelato :
TKP 1
Jl. Kranggan No. 58, Yogyakarta
TKP 2
Jl. Perwakilan No. 5 (dekat Mal Malioboro)

2. Tempo Gelato

Gelateria satu ini disebut-sebut sebagai saingan dari Artemy Italian Gelato. Bagaimana tidak, Tempo Gelato juga memiliki berbagai macam rasa es krim gelato yang menjanjikan lidah. Bertempat di kawasan wisata yang notabenenya banyak dikunjungi orang-orang asing karena Tempo Gelato menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berkuliner di Kota Pelajar, Yogyakarta.
Tidak hanya rasa-rasanya yang standar tapi Tempo memiliki beberapa rasa gelato yang unik seperti lemongrass, jahe, kemangi, dan juga snickers. Sekarang Tempo Gelato jugatelah membuka cabang baru di Jalan Kaliurang bersebelahan dengan Kalimilk.
Favorit penulis di Tempo Gelato ini tentu saja greentea dan dark choco. Tapi rasa kemangi juga tak kalah saing. Kalau sorbetnya penulis suka rasa raspberry dan lemon. Menurut saya Tempo Gelato memiliki rasa yang tidak lebay dan tidak membuat eneg.
Alamat Tempo Gelato :
TKP 1
Jl. Prawirotaman, Yogyakarta
TKP 2
Jl. Kaliurang Km. 4, Yogyakarta

3. Myoozik

Myoozik sebenarnya bukanlah sebuah gelateria melainkan restoran. Namun, sekarang Myoozik sudah merambah ke dunia per-gelatoan dengan berbagai varian rasa yang diusung sangat banyak dan unik. Varian rasa yang dimiliki Myoozik totalnya ada sekitar 40-an rasa yang bisa kamu coba di sini.
Sejauh ini yang menjadi favorit penulis di Myoozik adalah rasa red velvet dan cookies. Gelato di Myoozik ini memiliki tekstur yang padat namun cenderung kasar atau tidak creamy seperti gelato lainnya. Myoozik juga menyediakan gelato dengan menggunakan cup atau cone. Conenya juga ada yang diberi lelehan coklat serta sprinkle di atasnya.
Alamat Myoozik Gelato:
Jl. Dewi Sartika No. 17
Sagan, Yogyakarta
Comments are closed.