Browsed by
Month: February 2022

Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Enak Dan Sederhana

Kerupuk ikan merupakan salah satu cemilan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya sebagai cemilan saja, kerupuk terkadang juga menjadi makanan pendamping ketika menyantap makanan utama.Makanan favorit orang Indonesia ini juga sangat mudah kita jumpai. Di tempat makan pun, kita bisa menemukan cemilan ini hampir di setiap meja.Cara membuat kerupuk ikan juga mudah dipraktikkan dan tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut beberapa cara membuat kerupuk ikan yang enak dan lezat gess…..

Cara Membuat Kerupuk Ikan

1. Kerupuk Ikan Gabus

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg daging ikan gabus, tanpa duri, kukus lalu tumbuk sampai halus
  • 1/2 kg tepung sagu/tapioka
  • 100 cc air yang sudah matang
  • 2 butir telur,lalu diutamakan untuk menggunakan telur bebek
  • Bawang putih secukupnya, haluskan
  • Gula secukupnya atau sekitar 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Gabus :

  1. Campurkan daging ikan gabus dengan tepung sagu atau tapioka, telur, gula, bawang, dan garam. lalu Aduk terus sampai tercampur rata.kemudian Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan.
  2. Giling adonan berulangkali sampai adonan menjadi benar-benar buram atau tidak lengket.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat panjang dan pipih.
  4. Bungkus adonan yang sudah dibentuk dengan menggunakan daun pisang atau plastik.
  5. Kukus adonan yang sudah dibungkus hingga matang.
  6. Angkat adonan dari kukusan, kemudian dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
  7. Setelah itu, lalu diiris tipis-tipis adonan yang sudah dikukus tadi. kemudian Jemur di bawah sinar matahari hingga adonan kering.
  8. Jika adonan sudah mengering atau membantu, adonan siap untuk digoreng.
  9. Goreng adonan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan gabus siap untuk disantap

2. Kerupuk Ikan Tongkol

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Bahan-Bahan:

  • 1600 gram tepung tapioka
  • 1-2 kg daging ikan tongkol (dihaluskan)
  • 2 sendok makan garam
  • 10 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sendok teh ketumbar halus
  • 1 sendok teh soda kue
  • 600 gram gula pasir
  • 10 butir telur
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol :

  1. Langkah pertama cara membuat kerupuk ikan tongkol adalah dengan mencampurkan semua bahan dan aduklah hingga rata.
  2. Uleni adonan tersebut hingga buram dan tidak lengket, dan lebih baik menggunakan tangan.
  3. Bungkus adonan dengan daun pisang dengan bentuk memanjang lalu kukus kurang lebih selama 2 – 3 jam sampai adonan terlihat matang.
  4. Angkat adonan tersebut dan dinginkan, kemudian irislah tipis-tipis dan jemur kurang lebih 2 – 3 hari.
  5. Siapkan minyak goreng dengan api sedang lalu goreng adonan yang telah mengering tersebut hingga terlihat mekar dan tiriskan.
  6. Simpan dalam toples lalu kerupuk ikan siap dinikmati.

 

3. Kerupuk Ikan Tenggiri

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Bahan-Bahan :

  • 3 kg gram ikan tenggiri, lalu ambil dagingnya saja sebanyak 1,5 kg
  • 1 kg tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam
  • ¼ sendok makan soda kue

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri :

  1. Daging ikan yang sudah dibersihkan durinya menggunakan mesin atau secara manual, lalu kamu cuci terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam mesin penggiling, dan giling daging ikan tenggiri tersebut hingga halus.
  2. Kemudian haluskan bawang putih, garam dan soda.
  3. Campurkan daging ikan dengan bumbu yang sudah disiapkan lalu masukan ke dalam cobek dan ulek hingga adonan mengembang.
  4. Tambahkan tepung tapioka kurang lebih 300 gram lalu uleni hingga tepung tercampur rata dengan daging ikan tersebut.
  5. Uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kenyal dan bisa dibentuk, kemudian bentuk dengan mencetaknya dengan cetakan lalu
  6. masukkan daging ikan ke dalam plastik atau daun pisang.
  7. Setelah itu, kukus adonan yang sudah kamu cetak sampai matang,lalu cara mengetahui apakah sudah matang atau tidak dengan cara menusukkan lidi ke dalam adonan yang dikukus tersebut, kemudian jika adonan sudah tidak lengket, lalu kamu bisa segera mengangkatnya dari alat pengukus.
  8. Diamkan adonan dahulu hingga dingin dan mengeras, kemudian potonglah adonan sampai tipis-tipis dengan menggunakan pisau atau bisa menggunakan alat pemotong adonan.
  9. Jemur kerupuk ikan mentah yang sudah diiris tersebut sampai benar-benar kering.
  10. Jika sudah kering, lalu kamu bisa menggorengnya secara langsung, kemudian di sajikan atau dikemas ke dalam plastik, atau kamu bisa juga menyimpannya dalam keadaan mentah dan bisa menggorengnya di kemudian hari.

4. Kerupuk Ikan Bandeng

Bahan Bahan :

  • 6 Ekor Ikan Bandeng yang sudah dipotong tipis dagingnya
  • 10 Sdm Tepung Tapioka
  • 3 Sdm Tepung Terigu
  • 1 1/2 Sdm Garam
  • 2 Sdt Kaldu Bubuk
  • 1 Sdt Merica Bubuk
  • 6 Siung Bawang Putih
  • 50 ml Air
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Bandeng :

  1. Pertama kali, untuk cara membuat kerupuk ikan bandeng, cuci bersih ikan bandeng terlebih dahulu, lalu kukus 1 jam.
  2. Blender ikan bandeng yang sudah dikukus, lalu tambahkan air dan bawang putih,kemudian lakukan sampai hancur semua
  3. Tuang adonan yang sudah halus kedalam wadah berisi tepung tapioka, tepung terigu, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk,lalu aduk hingga rata.
  4. Panaskan kukusan dengan api sedang,lalu masukkan adonan kedalam plastik ukuran 1/4 kg,lalu ikat dengan karet gelang dan masukkan kedalam panci kukusan, tunggu kurang lebih 30 menit,lalu angkat dan tiriskan.
  5. Jika sudah hangat jangan sampai dingin karena adonan akan mengeras,lalu iris tipis-tipis, gilas dengan botol kaca, lakukan sampai adonan habis, lalu jemur diterik matahari sampai kering.
  6. Goreng keripik dengan minyak panas, kemudian hidangkan sebagai teman makan.

5.Kerupuk Ikan Lele

Bahan :

  • 500 gr ikan lele segar
  • 250 gr tepung sagu
  • 2 btr telur ayam
  • 6 siung bawang merah, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele :

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lembut dan gampang dipisahkan dari tulang atau duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari durinya, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan ke dalam wadah,lalu masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk.lalu Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit lalu diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika kalo adonan terlalu kaku maka tambahkan air secukupnya. Tekstur adonan kira-kira masih seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan ke dalam plastik yang mempunyai diameter kecil tapi memanjang. Seperti plastik yang dipakai untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dituangkan ke dalam plastik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau sampai adonan di dalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong atau iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kurang lebih 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau prediksi saja ketebalannya seperti kerupuk mentah pada umumnya.
  8. Jemur kerupuk ikan lele yang mentah di terik matahari sampai benar-benar kering. Setelah itu, barulah kerupuk siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian masukkan kerupuk lele mentah lalu goreng hingga mengembang.lalu angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.

6.Kerupuk Ikan Asin Balado

Bahan-Bahan :

  1. 1 ons ikan asin kerupuk mentah
  2. 7 buah cabe keriting merah
  3. 4 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 bks Kaldu bubuk
  6. 4 sdt Gula putih
  7. secukupnya Air

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Goreng ikan asin kerupuk hingga matang & berubah warna
  2. Haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, dan cabe merah keriting
  3. Panaskan minyak,lalu masukan bumbu yang sudah di haluskan tadi. kemudian aduk-aduk agar tidak gosong
  4. Tambahkan kaldu bubuk, gula putih, dan air sedikit saja. Tes rasa sambil terus di aduk-aduk
  5. Kalau bumbu sudah wangi dan airnya menyusut, masukan ikan asin kerupuk yang sudah di goreng tadi. Aduk2 hingga bumbu merata
  6. Balado ikan asin kerupuk siap di hidangkan

7.Kerupuk Ikan Patin

Bahan-Bahan :

  • daging ikan (tenggiri/patin/jambal/kakap) 300 gram
  • 400 gram tepung kanji
  • 30 gram gula halus
  • 2 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vetsin (mecin)
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Cuci ikan dahulu, kemudian pisahkan antara kulit dan duri jika beli ikannya dalam keadaan masih utuh dan belum di fillet
  2. Haluskan bawang putih, garam, dan vetsin(mecin)
  3. Lalu Haluskan juga daging ikan dan telur menggunakan food processor hingga halus
  4. Setelah itu, pindahkan adonan ke dalam wadah kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, baking powder, dan gula halus,lalu aduk hingga rata
  5. Kemudian masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai kalis tepung kanji tidak harus semua nya digabungkan
  6. Bentuk adonan menajdi gulungan memanjang, lalu di kukus dengan menggunakan alas supaya tidak lengket sekitar 20 menit dengan api besar
  7. setelah dikukus lalu di potong-potong dengan ukuran seruas jari, kemudian di jemur hingga kering atau juga bisa dipanggang sekitar setengah jam
  8. Kemudian siapkan minyak panas dengan api kecil, lalu di goreng sampai mengembang ,kemudian tiriskan dan kerupuk siap disajikan

8.Ikan Sambel Tauco Kerupuk Jangek

Bahan-Bahan :

  • 2 Ekor ikan nila
  • 15 bh cabe hijau
  • 3 bh cabe merah
  • 3 cm jahe
  • 3 lbr daun salam
  • 1 btg serai
  • 4 cm lengkuas/laos
  • 3/4 bks Tauco mikado
  • 1 sdt gula pasir
  • Air secukupny
  • Minyak untuk menumis & menggoreng
  • Kerupuk jangek

Bumbu Dihaluskan :

  • 30 gr cabe rawit
  • 4 bh cabe burung/setan
  • bame 5 bh
  • 2 bh bapu
  • 1/2 sdt garam kasar

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Cuci bersih ikan, potong sesuai selera. Kemudian goreng lalu tiriskan.
  2. lalu iris cabe hijau, cabe merah, jahe, lengkuas dan batang serai sesuai selera.lalu haluskan bumbu halus.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, kalo udah harum tambahkan tauco dan bahan-bahan yang sudah diiris lalu masukan daun salam. Tambahkan gula pasir, tambahkan sedikit air. Kemudian koreksi rasa. kalo bumbu mulai matang dan mengering, masukan ikan. aduk hingga bumbu merata, diamkan sebentar. kalo sudah mau diangkat masukan kerupuk jangek kemudian aduk kembali. Matikan kompor dan siap disajikan.

9.Kerupuk Ikan Cakalang

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ikan cakalang
  • 300 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung beras

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Pisahkan daging dan duri ikan cakalang. Campur daging dan bumbu halus, kemudian blender sampai halus.
  2. Campur tepung beras lalu tambahkan sedikit air,lalu aduk hingga rata kemudian masak dengan api kecil hingga kental. kemudian angkat.
  3. Campurkan bahan yang sudah diblender dengan jenang tepung beras,lalu tambahkan garam dan penyedap kemudian aduk rata. Terakhir tambahkan tepung kanji uleni sampai Kalis.
  4. Bentuk bulatan panjang, kemudian rebus di air mendidih sampai mengambang dan matang, lalu angkat dan dinginkan. kemudian simpan dilemari es selama semalam.
  5. Ambil bahan kerupuk kemudian diiris-iris tipis dan taruh di loyang atau baki. Jemur krupuk sampai kering. Kerupuk ikan cakalang siap digoreng dan siap menikmati

10.Kerupuk Ikan Tenggiri Homemade

Bahan-Bahan :

  • 350 gram ikan Tenggiri giling
  • 500 gram tepung tapioca
  • 3 butir telur
  • 1 1/2 sdt baking soda
  • 3 sdt garam
  • kaldu bubuk 3 sdt
  • 3 sdt gula pasir
  • secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Siapkan alat-alat
  3. Campurkan telur, garam, kaldu bubuk, baking soda dan gula pasir
  4. Tambahkan ikan Tenggiri giling aduk rata
  5. Tambahkan tepung tapioca lalu uleni sampai tercampur rata
  6. Pilin2 adonan sebesar jari
  7. Potong2 adonan
  8. Panaskan 2 wajan, wajan ke 1 isi minyak goreng dengan api kecil, kalo wajan ke 2 isi minyak goreng dengan api sedang
  9. Goreng adonan di wajan pertama sampai mengembang dengan 2kali, kemudian pindahkan ke wajan ke 2 lalu goreng sampai berwarna keemasan atau sampai matang.

11.Kerupuk Ikan Kakap Pedas

 Bahan-Bahan :

  • 200 gr kerupuk kakap
  • 100 gr minyak sayur (gak usah terlalu banyak)
  • 1 sdt cabe bubuk / bon cabe
  • 1 sdt penyedap rasa

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Panaskan minyak terlebih dahulu dengan api sangat kecil.lalu pertahankan api kecilnya biar kerupuknya gak ngembang sempurna. Jadi kriuknya dapet.
  2. Masukkan kerupuk kakap. Aduk bolak-balik sampai kerupuk agak mengembang dan warnanya menggelap.
  3. Cicipi dulu kerupuknya,kalo udah kriuk atau masih ada yang alot.,Lalu angkat dan tiriskan.
  4. Kemudian masukkan ke wadah tertutup atau misting, lalu tambahkan cabe dan bumbu.
  5. Tinggal kocok-kocok diwadah biar bumbunya merata, lalu siap dimakan.
  6. Kalau gak langsung dimakan, sebaiknya tunggu kerupuk dingin dulu, baru deh tutup wadahnya. Soalnya kalau pas anget langsung ditutup jadi alot kerupuknya.

12.Krupuk Ikan Amplang Original

Bahan-Bahan :

  • 500 gr daging ikan giling. (Tengiri lbh recomended)
  • 3 butir telor
  • 250 ml air es
  • 1 kg tepung tapioka
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm baking soda
  •  kaldu bubuk 1 sdm
  • 15 bh bawang putih
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Karena saya belinya daging ikan yg sadah di.giling.jadi pulang tinggal masukin blender.daging ikan giling.bawang putih.3 butir telor.1 gelas air.gula pasir.kaldu bubuk.garam.baking soda.blender sampe semua tercampur rata dan bawang putihnya halus.daging yang sudah di giling terlihat seperti mengembang dan lembut.setelah itu tuang dalam wadah baskom.ga usah di tambahi air lagi.langsung tambahkan tepung.uleni terus sampe kalis dan tidak menempel pada tangan
  2. Setelah itu bentuk sesuai selera.saya bentuk 3 macem.jangan terlalu besar karena adonan akan mengembang.saya buat paling kecil aja jadinya masih besar-besar..akhirnya di kecilin lagi.
  3. Untuk tepung tapioka 1 kg saya goreng sampe 5x goreng.masukkan dalam minyak dingin untuk mulai menggorengnya.kalo minyak panas amplang takut nanti akan meledak.
  4. Terakhir saya bentuk seperti kue daki.
  5. Anak-anak tetangga yang jadi testernya.katanya enak.gurih dan empuk.keringnya sampe dalam..
  6. Tanda-tanda amplang kering sampe dalam.bunyi dalam minyak gorengnya benar-benar senyap gak ada gemericik sama sekali.itu benar-benar dalamnya sudah kering.untuk menggoreng amplang tips harus terus di aduk-aduk.pegel memang di tangan.tapi hasilnya kekar ga keriput dan cantik seperti di toko-toko yang di jual.

13.Kerupuk Tenggiri Ala Hotmamakitchen

Bahan-Bahan :

  • 350 gr daging tenggiri, haluskan
  • 500 gr tapioka
  • 4 butir telur
  • 2 kuning telur
  • secukupnya Garam
  • Gula pasir secukupnya (sekitar 2 – 3 sdm)
  • Penyedap secukupnya (aku pake totole)
  • secukupnya Garam, gula pasir dan penyedap
  • 1 sdt soda kue
  • 1 ltr minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Masukkan ikan dalam wadah,tambahkan bumbu aduk sampai rata lalu masukkan telor yg sudah di kocok lepas…uleni terus sampai tercampur rata
  2. Ayak tapi.terigu dan soda kue,tuang perlahan kedalam campuran ikan dan telur,uleni sampai kalis
  3. Siapkan wajan,lalu tuangkan minyak,lalu bentuk bulat kecil-kecil adonan,kemudian masukkan ke dalam minyak dingin
  4. Letakkan wajan di atas kompor,nyalakan api kecil,aduk terus sampai matang kecoklatan.
  5. Angkat,tiriskan dan simpan dalam wadah kedap udara.
  6. Gorengnya jangan terlalu banyak atau kerupuk tidak mau mekar
  7. Gorengnya dengan api kecil atau sedang dan harus diaduk-aduk terus.kalo tidak nanti mekarnya tidak sempurna dan bentuknya penyok-penyok tidak jelas

 

kerupuk ikan berpengaruh terhadap kenampakan, warna, aroma, namun tidak berpengaruh terhadap rasa dan
tekstur. Formula kerupuk ikan terpilih yaitu perbandingan tepung sagu dan ikan

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus

Cara membuat muffin coklat kukus, kali ini kita akan membahas tenatang pembuatan muffin coklat yang di kukus. Teman-teman pasti tau dong apa itu muffin? pasti tau dong ya!. Mari kita lihat cara membuat muffin coklat kukus dibawah ini.

Pengertian Muffin

pengertian brownies

Baca Juga : cara bikin sandwich telur

Muffin yang merupakan kue panggang yang biasanya berukuran kecil satu kali makan (one-bite-sized). Ada dua gaya kue muffin merujuk pada bentuk dan juga penampilan yang sangat berbeda, yakni English muffin dan juga American muffin.

Di Inggris pada zaman Victoria, kue ini banyak dijualkan oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. English Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan juga tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberikan ragi. Kue manis ini biasanya dinikmati saat musim dingin dan juga disajikan bersama minuman hangat seperti teh ataupun kopi.

Cara makan muffin Inggris ini harus disobek lalu diberikan olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar cita rasanya lebih bervariasi, permukaannya dioleskan dengan selai buah buatan sendiri.

Amerika juga punya kue muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dan juga telur, bukan ragi. Muffin jenis ini lebih mirip cupcake atau shortbread. Dengan proses pembuatan yang lebih singkat. Muffin Amerika biasanya dibentuk dalam cetakan muffin khusus (muffin pan) di mana saat adonan akan mulai mengembang akan memunculkan puncak yang merekah.

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus Yang Simpel

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus

Apabila Ingin Lebih Mudah Guanakan : Mesin Produk Mixer Roti

Bahan-Bahan :

  • 13 sdm tepung terigu
  • 2 sdm susu cokelat bubuk
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 125 ml air
  • 20 ml kental manis cokelat
  • 100 gram margarin, cairkan
  • 100 gram cokelat batang (bisa sesuai selera)
  • 1 butir telur ayam

Cara Membuat Muffin Coklat Yang Simpel :

  1. Langkah pertama campur semua bahan adonan kering hingga rata. Lalu sisihkan.
  2. Langkah kedua campur semua bahan adonan cair sampai tercampur rata. Lalu sisihkan.
  3. Langkah ketiga tuang adonan cair ke adonan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Aduk hingga rata.
  4. Lalu panaskan kukusan.
  5. Langkah selanjutnya siapkan cetakan muffin yang sudah dialasi paper cup. Tuangkanlah adonan ke cetakan.
  6. Langkah terakhir lalu kukus muffin selama kurang lebih 40 menit hingga matang.

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus Dirumah

Cara membuat mufffin coklat kukus dirumah

Bahan-Bahan :

  • 200 gr tepung terigu pro sedang
  • 100 ml susu cair
  • 125 gr margarin
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue

Cara Membuat Muffin Coklat Kukus Dirumah :

  1. Langkah pertama lelehkan margarin, kemudian tambahkan susu cair. Aduk keduanya dan juga masak hingga hangat. Lalu sisihkan.
  2. Langkah kedua kocok telur bersama gula hingga larut dan juga tidak berbuih lagi. Kemudian masukkan tepung terigu, baking powder, soda kue dan juga coklat bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata dan juga tidak ada yang bergerindil.
  3. Langkah ketiga masukkan margarin yang telah dilelehkan bersama susu. Aduk kembali sampai rata.
  4. Lankah ke empat siapkan cetakan kue muffin yang sudah dilapisi dengan kertas cup sesuai ukuran. Kemudian tuangkanlah adonan ke dalam cetakan. Jangan sampai cetakan penuh karena adonan akan mengembang.
  5. Langkah terakhir kukus selama kurang lebih 20 menit di dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan. Lapisilah tutup dandang dengan kain supaya air tidak menetes ke kue. Jika sudah pas 20 menit, angkat kue muffin dan juga keluarkan dari cetakan.

Cukup sekian lah penjelasan ataupun pembuataan muffin coklat kukus kali ini. semoga dengan resep cara membuat muffin coklat kukus diatas bisa membantu anda. Cukup sekian terima kasih

 

Cara Buat Brownies Kukus Tanpa Mixer

Cara Buat Brownies Kukus Tanpa Mixer

Cara buat brownies kukus tanpa mixer, kali ini kita akan membahas tentang pembuatan brownies kukus tanpa mixer. Brownies kukus punya tekstur lembut dan juga empuk. Brownies kukus banyak disukai orang karena rasanya enak dan juga sangat manis. Tapi sebagian orang memilih untuk membeli kue ini di luar karena berpikir cara membuat brownies itu sangat sulit. Mesti punya mixer, oven, dan juga segala peralatan yang canggih lainnya.

Padahal membuat brownies itu bisa tanpa menggunakan mixer, lho. Resep brownies kukus tanpa mixer itu sangatlah mudah. Kamu bisa membuatkan kue ini buat keluarga di rumah mu. Terutama untuk anak-anak, supaya mereka tidak jajan di luar.

Pengertian Brownies

Brownies merupakan sebuah makanan yang dipanggang ataupun dikukus yang berbentuk persegi, datar ataupun bar dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad yang ke-19 dan juga dipopulerkan di Amerika Serikat dan atau Kanada pada paruh pertama abad yang ke-20.

Cara Buat Brownies Kukus Mekar Tepung Beras Tanpa Mixer

Cara Membuat brownies mekar tepung beras kukus tanpa mixer

Baca Juga : cara membuat muffin coklat kukus

 

Bahan-Bahan :

  • 70 gr tepung beras
  • 30 gr cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 50 gr gula halus
  • 130 ml susu cair
  • 30 gr dark chocolate, lalu lelehkan dengan cara ditim

Cara Buat Brownies Kukus Mekar Tepung Beras Tanpa Mixer :

  1. Langkah petama campur tepung beras, cokelat bubuk, gula halus, dan juga baking powder dalam wadah.
  2. Lalu tuang susu cair. Aduk hingga rata dengan whisk.
  3. Dan tambahkan DCC leleh. Aduk hingga rata pakai whisk.
  4. Langkah selanjutnya tuang dalam cetakan bolu kukus yang dialasi cup.
  5. Langkah selanjutnya ukus selama kurang lebih 20 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga beruap
  6. Langkah selanjutnya tutup dandang dengan serbet agar air tidak menetesi adonan.
  7. Langkah terakhir jangan buka tutup dandang sebelum kurang lebih 20 menit hingga matang.

Cara Buat Brownies Kukus Tanpa Mixer dan Tanpa Telur

Cara membuat brownies kukus tanpa telur dan tanpa mixer

Apabila Ingin Lebih Mudah Gunkan : Mesin Produk Mixer Roti

Bahan-Bahan :

  • 200 ml air mendidih
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 100 ml minyak goreng
  • 3/4 gelas gula pasir
  • 1 gelas tepung terigu
  • 2 sdm cokelat bubuk

Cara Buat Brownies Kukus Tanpa Mixer dan Tanpa Telur :

  1. Langkah pertama panaskan kukusan, alasi tutup dengan serbet bersih.
  2. Langkah kedua oles loyang dengan margarin, alasi kertas roti. Oles lagi dengan margarin, lalu sisihkan.
  3. Langah ketiga campur bahan kering, aduk hingga rata.
  4. Langkah ke empat campur bahan basah, aduk hingga rata.
  5. Langkah ke lima tuang bahan basah ke bahan kering. Aduk pakai spatula hingga rata. Jangan  terlalu lama-lama supaya tidak bantat.
  6.  Dan lalu masukkan ke loyang kukus selama kurang lebih 20 menit dengan api sedang cenderung kecil. Kukus hinggan matang.
  7. Langkah terakhir angkat biarkan dingin. Keluarkan dari loyang, lalu kupas kertas roti. Potong-potong lalu di sajikan.

Cara Membuat Brownies Tanpa Mixer Kukus Anak Kos

Cara membuat brownies tanpa mixer kukus anak kos

Bahan-Bahan :

  • Rice cooker atau kukusan
  • Mug, gelas, atau mangkuk tahan panas
  • 4 sdm atau 44 gram tepung terigu
  • 3 jumput baking powder
  • 1 jumput baking soda
  • 35 gr tepung susu
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 ml air yang panas, untuk melarutkan tepung dan juga susu
  • 2 sdm mentega cair

Cara membuat Brownies Kukus Tanpa Mixer Kukus Anak Kos :

  1. Campur bahan kering lalu sisihkan. Campurkan bahan basah sesuai urutan bahannya. Seduh tepung susu dan juga gula. Tambahkanlah mentega cair lalu aduk sampai rata.
  2.  Campurkanlah bahan kering dalam bahan basah yang sudah diletakkan di gelas.
  3. Hias sesuai keinginan sendiri.
  4. Kukus selama kurang lebih dari 30 menit. Kukus lagi hingga 15 menit jika masih lengket.
Cara Membuat Lontong Sayur Enak, Lezat dan Sederhana

Cara Membuat Lontong Sayur Enak, Lezat dan Sederhana

Cara membuat resep lontong sayur, beberapa hari yang lalu aku nyoba-nyoba membuat lontong sayur, setelah aku mencobanya dan meracik bumbu sendiri ,ternyata pembuatannya tidak terlalu sulit seperti yang perkirakan, pada awalnya sih aku kira bakalan kerepotan, karena gak pernah membuatnya,padahal sangat gampang sekali , buruan cobain resep dari aku.

 

Cara Membuat Lontong Sayur

1. Lontong Sayur Kuah Susu

cara membuat lontong sayur

Bahan Lontong :

  • 3,5 cup beras
  • Secukupnya daun pisang
  • Secukupnya tusuk gigi
  • Secukupnya air

Bahan sayur :

  • 500 g buncis
  • 1 papan tempe
  • 2 kotak tahu
  • 1 buah wortel
  • 2 buah kentang
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt ketumbar (sangrai)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • 500 ml susu cair
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak

Bumbu halus (goreng)

  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cabe merah keriting
  • Sesuai selera rawit merah
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • Sedikit jahe
  • 1 bonggol lengkuas

Cara Membuat Lontong Kuah Susu :

  1. Cuci bersih beras, tiriskan. Siapkan daun pisang dan panggang sebentar supaya layu, gulung membentuk seperti tabung ukuran sesuai selera lalu semat salah satu ujungnya dengan tusuk gigi
  2. Isikan beras (hingga setengah tabung) lalu semat ujung daunnya. Lalukan hingga selesai. Rebus menggunakan air yang banyak selama kurang lebih 3 jam . Setelah matang, angkat airnya
  3. Potong potong tahu tempe ( sesuai selera) goreng setengah matang, ini untuk mengurangi asam yang biasanya pada tahu, dan untuk membuat tempe tidak langu akan menjadi gurih. Sisihkan
  4. Bersihkan wortel, kentang dan buncis terlebih dahulu, potong kotak kotak kecil (sesuai selera. Sisihkan dan Siapkan bumbunya… Dan ini adalah susu yang saya pakai sudah siap
  5. Goreng bumbu hingga matang dan tambahkan ketumbar sangrai lalu dihaluskan kecuali lengkuas di geprek saja. Dan juga utuhkan sebagian cabe rawitnya.
  6. Panaskan minyak untuk menggoreng bumbu, tumis sayuran sampai layu, tambahkan bumbu halus,kemudian masukkan tempe dan tahu goreng.
  7. Aduk hingga rata dan tambahkan daun jeruk, cabe rawit utuh.kemudian Tambahkan garam, kaldu bubuk dan air secukupnya, ungkep hingga sayur matang dan bumbu meresap sempurna.. Tambahkan susu cair, masak hingga mendidih. Test rasa..
  8. Iris iris lontong taruh dalam piring ,siram dengan sayur lodeh,kemudian tambahkan ayam suwir atau telur rebus jika ada
  9. kemudian lontong siap disajikan

2. Lontong Sayur Fibre Creme

cara membuat lontong sayur

Bahan-Bahan :

  • 6 porsi
  • 1/2 kg kacang panjang, potong kecil
  • 2 buah wortel ukuran sedang,dan potong korek api
  • 2 buah labu siam, potong panjang
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 3 buah lombok merah, saya buang bijinya
  • 1/2 sdt ketumbar
  • secukupnya Merica
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sdm fibre creme
  • 200 ml susu low fat, dan pakai frisian flagsecukupnya Gula
  • secukupnya Garam himalaya
  • 1 liter air
  • 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat Lontong Sayur Fibre Creme:

  1. Haluskan bawang merah dan putih, lombok merah, kemiri, ketumbar, lengkuas dan merica. Saya haluskan pakai blender ya mom
  2. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam,dan aduk sampai wangi
  3. Tambahkan air,lalu didihkan kemudian masukkan labu siam dan wortel sampai setengah tanag setelah itu baru masukkan potongan kacang panjang
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera
  5. Campurkan fibre creme dengan susu terlebih dahulu masukkan sayur, aduk rata
  6. Angkat dan siap sajikan bersama potongan lontong dan telur bacem, jangan lupa ditaburi dengan baqang goreng. Untuk resep lontong dan telur bacem akan saya posting juga ya mom.

3. Lontong Sayur Labu Siam (tanpa Santan)

Bahan-Bahan:

  • 1 buah labu siam
  • 1/2 potong papan tempe
  • 2 batang daun bawang potong
  • 1 batang serai geprek
  • 2 helai daun salam
  • 2 cabe hijau iris
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 100 ml susu UHT fullcream
  • 4 gelas air putih

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 cabe merah besar

Cara Membuat Sayur Labu Siam (Tanpa Santan):

  1. Potong labu siam memanjang seperti korek api. Cuci bersih. Sisihkan.
  2. Potong tempe kecil-kecil kotak. Goreng hingga setengah matang. Angkat.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan salam, serai aduk hingga matang
  4. Masukkan air dan labu siam. Aduk-aduk hingga mendidih, labu setengah matang.
  5. Masukkan tempe, garam, gula aduk, koreksi rasa. Tunggu 10 menit
  6. Masukkan bawang daun , cabe hijau dan susu. Aduk rata hingga air mendidih, labu siam matang. Angkat.
  7. lontong Sayur labu siam siap di sajikan

4. Lontong Sayur Tanpa Santan

Bahan-Bahan:

  • 3 porsi
  • 3 lontong
  • 1 labu siam agak besar, french cut
  • 1/2 wortel, french cut
  • 1 genggam tauge
  • 2 tahu, potong kotak
  • 2 tempe, potong segi panjang
  • 2 gelas air
  • 1 gelas susu cair
  • 2 daun jeruk
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 3 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 cabai merah besar, buang biji
  • 2 cm kunyit, kupas

Bumbu:

  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt gula palem1/2 sdt lengkuasSedikit meric
  • Sedikit ketumbar bubu

Cara Membuat Lontong Sayur (Tanpa Santan):

  1. Goreng tahu dan tempe sebentar, tiriskan.
  2. Semua bumbu halus masuk ke dalam blender kemudian blender sampe halus banget.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi,lalu tambahkan daun jeruk yang udah diremas.
  4. Masukan 2 gelas air kemudian masukan labu siam & wortel.
  5. Saat labu mulai lunak, masukan tauge.
  6. Tambahkan semua bahan bumbu,lalu koreksi lagi rasanya kalau kurang.
  7. Potong2 lontong sesuai selera
  8. Kalau rasa sudah pas,kemudian masukan 1 gelas susu.
  9. Masukan tahu tempe goreng, aduk rata.
    Masak hingga mendidih, sambil diaduk pelan pelan.
  10. Potong-potong lontong sesuai selera, tuangkan kuah kari ke atas nya.
    selesai!

Cara Membuat Lontong Sayur

Bahan-Bahan:

  • 2 buah Tahu
  • 1 buah tempe
  • 1 buah labu siam
  • 6 btr telor rebus
  • 8 btr bawang merah
  • 5 btr bawang putih
  • 5 buah cabe merah kriting
  • 5 btr kemiri
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 cm ruas jahe
  • 3 cm ruas kunyit
  • 1 cm kencur
  • 1 btg daun sereh
  • Lengkuas
  • Daun salam
  • 1 bungkus santan kara

Cara Membuat Lontong Sayur:

  1. Kupas dan potong memanjang labu siam dahulu
  2. Potonglah dadu tempe dan tahu,lalu goreng setengah matang
  3. Haluskan bawang merah,bawang putih,cabe merah,kemiri,ketumbar,merica,kunyit,jahe,kencur
  4. haluskan tumis bumbu ,lalu tambahkan daun salam dan daun sereh,tumis hingga harum, kemudian masukan labu siam, telor, tahu dan tempe
  5. Setelah bumbu merata,tambahkan air
  6. Setelah mendidih tambahkan dengan santan instan,garam,kaldu ayam dan gula merah secukupnya saja
  7. Setelah matang tambahkan bawang goreng
  8. Lontong sayur siap disajikan, tambahkan kerupuk dan sambal untuk pelengkapi

Cara Membuat Lontong sayur padang

 

Bahan-Bahan:

  • 1 kg nangka muda mentah
  • 250 gram santan kental
  • 250 gram tulang iga sapi
  • 13 butir telur rebus
  • bumbu lontong sayur basah beli di Uda Padang dengan harga Rp.5000,-
  • 2 lembar daun kunyit
  • Pelengkap :
  • Ketupat / Lontong
  • Kerupuk warna gonjreng
  • secukupnya bawang gorengS

Cara Membuat Sayur Padang:

  1. Siapkan nangka dalam panci, beri bumbu basah, rebus dengan air kaldu iga sapi.
  2. Masukkan telur rebus kupas serta daging tulang iga potong potong masukkan ikut direbus. Kalau air sudah agak menyusut tambahkan santan kental dulu. Masak kembali dengan api kecil sampai bumbu meresap lalu koreksi rasa (bumbu basah beli sudah mengandung garam).
  3. Potong potong Lontong atau ketupat
  4. Sajikan Lontong Sayur Padang dengan potongan Lontong atau ketupat,lalu dikasih kerupuk warna gonjreng serta taburi bawang goreng. Biasanya disajikan dalam satu porsi satu butir telur rebusnya.

 

Cara Membuat Lontong Sayur Medan

Bahan-Bahan:

  • Tauco Medan
  • Lontong
  • Bihun jagung
  • Baby corn ±100gr
  • bh Wortel ±1
  • 1 bh ukuran besar Labu
  • Bawang goreng
  • Kacang panjang ±100gr
  • 200 ml Santan kara
  • 1 sdm Bubuk kunyit ±
  • Bawang goreng jadi
  • 5 sdm Minyak makan ±
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 sdm Garam
  • 2 lbr Daun salam
  • 1 batang Daun serei

Cara Membuat Lontong Sayur Medan:

  1. Lontong saya beli jadi punya yah, Tauco ada di resep sebelum ini,lalu rendam bihun jagung nya satu jam, saya pake merk rose brand
  2. Pembuatan kuah lontongnya : potong-potong baby corn, wortel, labu dan kacang panjangnya, kemudian rebus sampai matang, setelah matang angkat dan tiriskan
  3. Lalu goreng irisan bawang putih,daun salam, serei dan masukan bahan-bahan yang sudah direbus matang dan bubuk kunyit,lalu aduk-aduk sampai bahan-bahan rebusan berubah warna dan menjadi wangi
  4. Campur santan kara dengan air ±3 liter, aduk2 sampai rata lalu masukan ke bahan2 di nomor 3, aduk terus sampai mendidih, agar tidak pecah santan kuahnya, masukan garam (koreksi rasa jika ingin lebih asin boleh ditambahkan sesuai selera), kalau sudah mendidih sudah boleh dihidangkan
  5. Pembuatan bihun jagung : panaskan minyak 1 sdm lalu goreng pakai sedikit iriasan bawang putih kemudian masukan bihun jagung nya,aduk-aduk kemudian masukan kecap asin secukupnya, sampai merata lalu boleh diangkat
  6. Cara penataan : potong lontong menjadi 5 pc kecil2, masukan 1 sdm bihun jagung yg sudah dimasak, tambahkan tauco tahu tempe nya sesuai selera (±2 sdm), tuang kuah lontong beserta isianya (wortel,labu,kacang panjang dan baby corn) lalu diatasnya taburin bawang goreng, siap disajikan

Cara Membuat Pecel Lontong Sayur

Bahan-bahan :

  • Bahan Utama
  • 1 bh Labu Siam
  • Secukupnya Toge
  • Secukupnya Kangkung
  • 2 bh Lontong Isi Oncom
  • Kerupuk Goreng
  • Kecap Manis
  • Bumbu Pecel
  • 2 sdm Kacang Goreng
  • 1 bh Gula Merah
  • 1 sdt Garam
  • 4 bh Cabe Merah Kriting
  • Secukupnya Cuka Makan
  • Secukupnya Air

Cara Membuat Pecel Lontong Sayur:

  1. Bersihkan sayuran lalu cuci dengan bersih kemudian rebus setengah matang atau sesuai selera,lalu angkat dan tiriskan.
  2. Potong-potong lontong (karna ini beli diabang-abang penjual dan salah ngambil yang ada isinya tapi gapapa tetep enak)
    Haluskan semua bumbu pecel sampai halus. Tambahkan air dan cuka makan aduk kembali. Tuang kedalam wadah berisi sayuran lalu lontong aduk dengan merata. lalu Beri taburan kerupuk dan kecap. Siap disajikan.

Cara Membuat Kuah Lontong Sayur

Bahan-Bahan:

  • Labu potong panjang diberi garam diuleni baru dicuci
  • Santan kara
  • Gula jawa
  • Garam
  • Masako
  • potong dadu Tahu
  • potong dadu Tempe
  • Telur ayam rebus
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Laos geprek
  • 1 batang sereh
  • Bumbu halus :
  • 6 cabe keriting
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • sedikit Jahe
  • sedikit Kencur
  • 2 ruas Kunyit

Cara Membuat Kuah Lontong Sayur:

  1. Ulek semua bumbu halus. Siapkan semua bahan agar mudah dalam proses memasak
  2. Tumis bumbu hingga harum dan masukkan daun salam, laos, sereh dan daun jeruk
  3. Masukkan santan, gula jawa, labu, telur, tempe dan tahu
  4. Tunggu hingga mendidih masukkan gula, garam dan masako
  5. Koreksi rasa dan hidangkan

Cara Membuat Lontong sayur semur tahu

cara membuat lontong sayur

Bahan-Bahan:

  • 1 lt beras
  • Secukupnya daun pisang untuk bungkus lontong
  • *Bahan Sayur***
  • 1 buah pepaya muda
  • 15 batang kacang panjang
  • 2 1/2 sdm garam (karena saya pakai banyak kuah)
  • 1/2 sdm sasa (opsi)
  • 1 1/2 sdm gula putih
  • 3 bks santan instan (75ml)
  • *Bumbu Halus***
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 12 buah cabe merah
  • 2 buah kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • (bahan di atas blender jadi satu)
  • 2 lembar daun salam
  • * semur kering***
  • 10 buah tahu coklat dipotong menjadi 2 bagian
  • 5 buah telur rebus
  • * bahan semur kering ***
  • 2 gelas air
  • 1/2 sdm Ketumbar
  • 1 buah kemiri
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdm sasa
  • Secukupnya merica bubuk (saya pakai hanya di ujung sendok makan)
  • 6 sdm kecap
  • * bahan sambal ***
  • 28 buah cabe rawit merah
  • Sedikit minyak goreng (untuk menumis)
  • Sedikit Penyedap rasa
  • Sedikit air agar tidak kering
  • *Pelengkap***
  • Bawang goreng
  • Kerupuk

Cara Membuat Semur Tahu:

  1. membuat lontong sama seperti mengisi lontong yang di bungkus dengan daun. Setelah beras di aroni,kemudian di beri garam sedikit, lalu di aduk rata dan di tumbuk bungkus bahan lontong dengan daun pisang dan dilanjutkan dengan mengukusnya kurang lebih 30 menit.
  2. Parut pepaya muda dengan parutan sayur (saya menggunakan ini agar waktu memasak lebih cepat). lalu potong kecil-kecil kacang panjang
  3. Siapkan wajan, jika minyak sudah panas tumis semua bumbu halus,lalu beri garam, gula dan sasa (opsi) disusul dengan memasukan daun salam. Tumis hingga harum dan pastikan benar-benar matang agar sayur tidak berbau bumbu mentah
  4. Masukan bahan sayur dan aduk rata. Beri 3 gayung air lalu tunggu sayur sampai matang. Masukan santan kara. Sayur lontong siap di hidangkan
  5. Di kompor lalu siapkan panci untuk membuat semur kering.
  6. Tumis bumbu semur, lalu sudah harum masukan kecap aduk rata, kemudian di susul dengan isian semur.
  7. Aduk rata semua isian semur.lalu masukan air, beri garam dan sasa tunggu sampai bumbu meresap dan air menyusut.
  8. Semur telah siap

Bumbu Sambal :

  1. Terakhir membuat sambal rebus terlebih dahulu setelah itu di ulek cabainya
  2. Kemudian tumis sambal, lalu beri secukup air dan penyedap rasa. Jika terasa cukup, jika sambal siap di sajikan bersama lontong
  3. Siapkan wadah mangkuk, potong lontong, siram lontong dengan sayur nya, lalu diberi tahu dan telur semur (ps: telur di potong setelah di semur, agar kuning nya masih terlihat cantik)
  4. Beri sambal agar terasa pedas dan menjadi lontong lebih nikmat.
  5. Terakhir ditaburi bawang goreng sama kerupuk

Cara Membuat Lontong Sayur Padang

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg nangka muda
  • 2 ltr air
  • 4 butir telur rebus
  • Lontong (beli yang udah jadi aja bun)
  • Kerupuk merah

Bumbu halus :

  • 10 biji cabe merah
  • 7 biji cabe rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 sdt asam kandis
  • 1 biji pala
  • 2 biji kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt jinten dan kapulaga(boleh skip)
  • Penyedap dan garam (di sesuaikan ya bun..)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 lbr daun salam (di remas)
  • 4 lbr daun jeruk lalu di remas biar wanginya keluar
  • 1 lbr daun kunyit(di simpul)

Cara Membuat Sayur Padang:

  1. Cuci bersih buah nangka dahulu, lalu panaskan air dalam panci masukan nangka.
  2. Selama merebus nangka kita tumis bumbu halus beserta daun salam,lalu daun jeruk,daun kunyit di wajan, sampai matang dan aroma bumbu tercium.
  3. Masukan bumbu tumis ke dalam panci berisi nangka kemudian masukan telur yang telah di rebus. Masukan garam dan penyedap. Test rasa nya yaa..
  4. Sajikan di piring dengan lontong dan kerupuk merah, selamat mencoba..

Cara Membuat Lontong sayur lodeh

Bahan-bahan :

  • 1 buah lontong
  • Nangka muda
  • Kacang panjang
  • Labu siem
  • 1 bungkus santan kara
  • 3 buah daun salam
  • Lengkuas
  • 1 batang serai
  • 3 buah daun jeruk
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Kaldu jamur

Bumbu :

  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 kemiri
  • 1 kunyit
  • 1 jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 buah cabai merah

Cara Membuat Sayur Lodeh:

  1. Haluskan bumbu halus, kemudian sangrai dengan minyak sedikit lalu tambahkan serai,daun jeruk, daun salam, lengkuas sampai harum
  2. Tambahkan air,lalu bumbui dengan garam gula dan kaldu jamur,koreksi rasa dulu
  3. Masukan sayuran, nangka muda, kacang panjang dan labu siem, lalu masak hingga sayur matang
  4. Terakhir masukan santan kara, kemudian aduk hingga mendidih lalu sajikan lodeh dengan lontong dan sate telur (saya beli di warung)

Jadi bagaimana ? apakah kamu tertarik cara membuat lontong sayur ini sendiri di rumah kamu bersama teman – teman ? Jika kamu berminat kamu bisa melihat resep-resep di atas dengan sangat mudah karna ada beberapa cara – cara yang bisa kamu lakukan bersama teman – teman kamu untuk membuat lontong sayur

 

Resep Lupis Ketan Untuk Jualan

Resep Lupis Ketan Untuk Jualan

Hai para pecinta jajanan manis, siapa sih yang mau nolak jajanan manis satu ini, selain bisa untuk dikomsumsi sendiri jajanan satu ini juga bisa jadi bahan dagangan loh. Ni aku kasi Resep Lupis Ketan Untuk Jualan. Selain bahan yang mudah ditemui jajanan satu ini juga memiliki rasa yang manis,legit serta gurih.

Pokoknya cocok banget buat cemilan disiang bolong atau jadi bahan untuk berjualan. Siapa sih yang gak tau jajanan Lupis Ketan satu ini? pastinya hampir seluruh masyarakat Indonesia tau jajanan yang berbahan dasar Ketan putih. Selain Memiliki rasa yang sangat khas, Lupis Ketan juga mempunyai sejarah loh?.

Banyak Masyarakat yang mengetaui jajanan Lupis Ketan satu ini, tapi tidak banyak juga masyarakat yang tau sejarah dan asal usul dari Lupis Ketan saatu ini, maka dari itu disini kita akan membahas tuntas semua tentang Lupis Lontong, mulai dari resep,bahan bahkan sejarah kita bahas disini.

Sejarah

Di wilayah Indonesia banyak sekali jajanan-jajanan manis yang menggugah selera, yang salah satunya adalah kue lupis. Camilan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat lokal. Yang tekstur lembutnya dan terdapat rasa manis dari kudapan ini membuat orang tidak bosan untuk terus memakannya.

Lupis atau sering disebut dengan Kue lupis adalah jajanan khas Negara Indonesia, yang khususnya di daerah Jawa. Panganan satu ini memiliki dua bentuk yang berbeda, yaitu yang satu berbentuk segitiga dan satunya berbentuk bulat memanjang. Kuliner yang berwarna hijau satu ini kerap ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun di tepi jalan.

Lupis yang terbuat dari beras ketan, yang bahan itu kemudian dimasak dan lanjut dibungkus dengan daun pisang. Dan dalam peyajiannya, kue satu ini biasanya ditaburi dengan tambahan parutan kelapa serta tambahan gula merah cair, sehingga memiliki rasa yang sangat khas.

Walaupun di zaman sekarang banyak sekali terdapat jajanan-jajanan baru yang bernuansa ke barat-baratan, yang faktanya camilan satu ini mampu bertahan hingga sampai sekarang dan menyaingi kudapan-kudapan modern. Karena dalam segi rasa nya dan juga tekstur kue lupis tidak kalah saing dengan makanan lainnya.

 

Baca Juga : Resep Sayur Ketupat Labu Siam

Resep Lupis Ketan Untuk Jualan

Bahan Saus Kinca :

  • 300 gram gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan, lalu tali berbentuk simpul
  • 135 ml air 1/5 sdt garam

Bahan Lupis Ketan (15 buah) :

  • 500 gram beras ketan putih
  • 1 1/5 sdt air kapur sirih
  • 1/5 sdt garam
  • Ambil Daun pisang dan benang kasur untuk membungkus (sesuai kebutuhan)

Bahan Kelapa Parut :

  • 300 gram kelapa parut kasar
  • 2 lembar daun pandan, lalu tali berbentuk simpul
  • 1/5 sdt garam

Cara dan Resep Lupis Ketan Untuk Jualan :

  1. Lanjut untuk merendam beras ketan putih selama lebih kurang 2 jam.  Lalu angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan air dari kapur sirih, dan campur dengan beras ketan putih dan tambahkan garam. Campurkan dengan  rata.
  3. Bentuk daun pisang menjadi bentuk bangun segitiga. Masukkan beras ketan putih ke dalamnya, isi sampai 3/5 bungkusan. Hingga hasilnya agak menggembung. Ikat dengan rapat dengan benang kasur.
  4. Isi panci yang sudah disiapkan dengan air, rebus air sampai mendidih. Dan masukkan bungkusan lupis.
  5. Rebus lupis sampai menjadi matang, sekitar 4 jam.
  6.  Sementara menunggu hingga lupis matang. Lanjut bikin saus kinca nya. Dalam panci yang tercampur gula merah, daun pandan, air, dan tambahan garam. Masak sampai menjadi kental, aduk dengan berkala.
  7. Untuk kelapa parut : campurkan kelapa yang sudah diparut, daun pandan, dan tambahkan garam. Kukus selama 16 menit di atas api kompor yang sedang.
  8. Lalu angkat lupis ketan. Biarkan agak menjadi dingin. Buka bungkusan lupis ketan, tata di atas piring yang sudah disiapkan. Taburi dengan kelapa yang sudah parut dan tambahkan siram saus kinca diatas samping lupis.
  9. Dan lupis ketan siap untuk disajikan atau dijual.

Terimakasih sudah memakai resep dari saya. Semoga anda menyukainya. Sampai jumpa diresep-resep selanjutnya.

Cara Membuat Brownies Pandan Kukus

Cara Membuat Brownies Pandan Kukus

Cara membuat brownies pandan kukus, disini kita akan membahas cara pembuatan brownies pandan yang sangat enak dan lezat.  Brownies kukus pandan cokelat mempunyai cita rasa yang sangat manis legit yang membutnya tepat sebagai camilan teman minum kopi. Selain membeli di toko roti, kamu juga dapat membuat brownies kukus pandan cokelat sendiri di rumah. Gunakan bahan-bahan berkualitas baik agar hasil akhir nya brownies lembut.

Sejarah Brownies

Sejarah Brownies

Baca Juga : cara membuat muffin coklat kukus

Kisah awal munculnya brownies dimulai dengan cokelat. Pada tahun 1670, keberadaan cokelat sangat populer di kalangan elit Inggris-Amerika. Catatan menunjukkan bahwa keluarga yang lebih kaya sering kali menikmati secangkir cokelat dengan atau sebagai sarapan mereka di New England pada akhir abad ke-17 dan juga awal abad ke-18. Minuman cokelat panas dibuat dengan gaya Eropa, menggunakan panci khusus cokelat yang terbuat dari timah, tembaga, batu, dan juga perak. Panci cokelat berukuran lebih tinggi dan juga lebih besar dari pada teko. Panci ditempatkan di atas sumber panas, dan juga kue cokelat yang kasar direbus dalam.

Cara Membuat Brownies Kukus Pandan Simpel

Bahan-Bahan :

  • 3 btr telur ukuran sedang
  • 110 gr gula pasir
  • 1/2 sdt SP
  • 90 gr tepung terigu pro sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 80 gr margarin cair
  • 2 sdt susu cair plain
  • 1 sdt pasta pandan

Cara Membuat Brownies Kukus Pandan Simpel :

  1. Langkah pertama masukkan telur tambahkan gula pasirdan juga SP pada sebuah wadah.
  2. Lalu mixer dengan kecepatan yang tinggi secara bertahap hingga mengembang, putih, berjejak.
  3. Langkah selanjutnya masukkan terigu tambahkan baking powder dan juga garam ayak jadi satu. Mixer dengan kecepatan yang sangat rendah.
  4. Langkah selanjutnya masukkan margarin cair tambahkan susu cair dan pasta pandan. Aduk menggunakan spatula sampai  tercampur rata.
  5. Langkash selanjutnya tuangkan ke dalam loyang. Bisa dialasi baking paper/diolesi mentega dan juga ditaburi tepung.
  6. Langlah terakhir kukus selama kurang lebih 20 menit/matang dengan api yang sedang. Dan jangan lupa panaskan kukusan terlebih dahulu sebelum memasukkan loyang agar brownies tidak bantat. Dan jangan lupa juga tutup kukusan dialasi dengan serbet.
  7. Brownies pandan siap untuk dihidangkan.

Cara Membuat Brownies Kukus Pandan Coklat

Cara membuat brownies kukus pandan coklat

Apabila Ingin Lebih Mudah Gunakan : Mesin Produk Mixer Roti

Bahan-Bahan :

  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh cake emulsifier (TBM, SP, atau Ovalet)
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 ml santan kental instan
  • 2 sdm air suji pekat sekali
  • 1 tetes pasta pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 50 gram cokelat masak putih, lelehkan
  • 1 sdt cokelat pasta

Cara Membuat Brownies Kukus Pandan Coklat :

  1. Langkah pertama kocok telur, gula pasir, dan juga cake emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil ayak dan juga aduk sampai rata.
  2. Langkah selanjutnya masukkan santan, air suji, pasta pandan, dan juga garam sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk perlahan.
  3. Langkah selanjutnya tambahkan cokelat masak putih leleh sedikit-sedikit sembari aduk pelan-pelan. Ambil 100 gram adonan. Tambahkan pasta cokelat. Aduk hingga rata.
  4. Langkah selanjutnya lalu olesi loyang 24x10x7 sentimeter dengan margarin dan juga alasi kertas roti. Tuangkanlah setengah bagian adonan hijau ke dalam loyang. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
  5. Langkah selanjutnya tuang adonan cokelat ke atas adonan hijau yang telah dikukus. Kukus kembali selama kurang lebih 5 menit. Angkat, lalu tuang sisa adonan hijau. Kukus lagi kurang lebih 15 menit sampai semua lapisan matang.
  6. Langkah terakhr keluarkan brownies dari loyang. Potong sesuai selera anda. Dan siap untuk di sajikan ikmati brownies kukus pandan cokelat sembari minum kopi.

Cukup sekian cara membuat browniesnya. Mungkin ini bisa membantu anda semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Resep Sayur Ketupat Labu Siam

Resep Sayur Ketupat Labu Siam

Kali ini kita akan membahas tentang Resep Sayur Ketupat Labu Siam. Resep sayur ketupat yang enak kuncinya ada pada bumbu dan juga santan nya. Selain makan opor ayam, menu sayur pendamping seperti ketupat ala Betawi ini wajib dicoba loh.

Sayur ketupat biasanya yang dibuat dengan campuran daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, gula merah dan garam.

Untuk membuat sayur ketupat yang sangat enak dan nikmat, kamu bisa menggunakan campuran udang-udang  kecil kupas supaya membuat rasa kaldu kuahnya menjadi lebih gurih. Agar rasanya tak menjadi langu, jangan lupa juga untuk menumis bumbu sampai matang.

Resep sayur ketupat labu siam satu ini juga dipadu dengan santan yang segar, kental dan encer. Selain buah labu siam, sayur ketupat juga bisa dipadu padakan dengan sayuran-sayuran lain seperti kacang panjang, daun melinjo muda dan kulit melinjo merah.

Untuk menghilangkan getah dari buah labu siam, sebaiknya setelah dipotong irisan dari labu siam ditaburi dengan garam lalu dibilas dengan air yang bersih.

Sejarah

Ketupat sudah menjadi kuliner yang sangat wajib yang selalu muncul di saat lebaran. Ketupat yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun kelapa atau janur yang dianyam hingga menjadi bentuk jajaran genjang lalu dimasak dalam waktu yang cukup sangat lama.

Yang biasanya waktu memasak ketupat antara 7-8 jam sehingga banyak sekali orang-orang yang lebih memilih untuk membelinya dalam bentuk yang sudah matang. Ketupat biasanya bisa disantap dengan sayur kuah santan. Di Negara Indonesia, sayur santan yang digunakan sangat banyak beragam jenisnya.

Masyarakat Daerah Jakarta lebih suka menyantap ketupat dengan sayur yang bersantan dengan tambahan dari labu siam, sedangkan masyarakat Daerah Padang menggunakan tambahan buncis dan tetelan, lain halnya dengan masyarakat di Daerah Jawa yang menggunakan tambahan kacang panjang dan kentang.

ketupat

Ketupat sangat dipercaya sudah ada mulai sejak masa Sunan Kalijaga orang yang pertama kali mengenalkan Islam pada masyarakat di Jawa. Pada saatbmasa itu, ada budaya dua kali bakda yaitu dua kali hari raya, yaitu bakda lebaran dan bakda kupat.

Yang Bakda lebaran adalah perayaan Idul Fitri itu sendiri sedangkan yang bakda kupat dirayakan satu minggu setelah lebaran. Beberapa daerah di pulau Jawa masih ada yang merayakannya hingga sekarang ini.

Pada masa itu juga, hampir di setiap rumah di Daerah Jawa terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda menjelang hari lebaran.

Berdasarkan filosofi Jawa ini, ketupat ini memiliki makna yang khusus yakni kupat yang merupakan kependekan dari kata ‘ngaku lepat’ yang artinya itu adalah meminta maaf dan “laku papat” yang artinya itu  adalah empat tindakan.

Empat tindakan ini adalah kata dari lebaran, luberan, leburan, dan laburan. Kata Lebaran yang berarti berakhirnya waktu berpuasa, kata luberan yang berarti melimpahnya harta kita yang harus disedekahkan pada fakir miskin seperti zakat fitrah.

kata Leburan yang berarti dosa dan kesalahan kita akan melebur habis karena umat Islam harus saling memaafkan satu sama lain. Dan yang terakhir adalah kata laburan yang berarti kapur yang menandakan bahwa kita sebagai manusia harus menjaga kesucian lahir dan batinnya setelah bulan Ramadhan berakhir.

Sekarang kamu sudah tahu kan asal usul datangnya ketupat itu DONG!!.

 

Baca Juga : Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan

Resep Ketupat Sayur Labu Siam

Bahan :

  • 3 buah labu siam, kupas, iris-iris kecil memanjang
  • 200 ml minyak sayur
  • 4 buah cabe merah besar, iris-iris tipis
  • 3 buah cabe hijau besar, iris-iris tipis
  • 100 g udang kecil kupas
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serai, lalu memarkan
  • 3 cm lengkuas, lalu memarkan
  • 3 liter santan encer segar
  • 600 ml santan kental segar
  • 7 helai kacang panjang, potong 3 cm
  • 17 buah cabe rawit merah

Bumbu yang dihaluskan :

  • 9 buah cabe merah besar
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/5 sdt terasi goreng
  • 1/5 sdm gula merah
  • 2/5 sdm garam

Cara Membuat Resep Sayur Ketupat Labu Siam :

  1. Tambahkan taburan irisan labu siam dengan tambahan garam. Remas-remas hingga labu siam menjadi layu.
  2. Bilas dengan air bersih hingga bersih lalu tiriskan.
  3. Tumis bumbu-bumbu halus hingga menjadi wangi dan matang.
  4. Lanjut untuk memasukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai, aduk hingga menjadi layu.
  5. Tambahkan iri-irisan dari cabe merah dan hijau, aduk hingga menjadi layu.
  6. Masukkan udang yang sudah disiapkan, aduk hingga udang menjadi kemerahan. Matikan api kompor.
  7. Taruh tambahan santan encer ke dalam panci, masak air hingga menjadi mendidih.
  8. Tambahkan tumisan bumbu-bumbu dan tambahan udang lalu didihkan.
  9. Masukkan buah labu siam, kacang panjang, dan cabe rawit merah. Masak hingga semuanya menjadi lunak dan matang.
  10. Angkatlalu sajikan dengan tambahan lontong atau ketupat. Dan Sayur ketupat labu siam siap untuk disaanpat dalam keadaan hangat akan menambah kenikmatan sayur lontong anda.

Terimakasih sudah memakai resep masakan saya, semoga anda menyukainya. Selamat jumpa di rese-resep saya selanjutnya.!!

Cara Buat Bakso Lava

Cara Buat Bakso Lava

Kali ini saya akan memberikan kamu tips cara buat bakso lava yang tentu menggunakan bahan yang mudah di dapat dan juga cara membuatnya sangat mudah.

Banyak yang mengira kalo bakso ialah makanan yang khas Indonesia, padahal sebenarnya asal mula bakso ialah dari Tionghoa, meskipun begitu tetap saja makanan yang satu ini sudah menjadi salah satu makanan favorit sejuta umat.

Dari kata bakso itu sendiri terdiri dari dua kata. Di dalam bahasa hokian, “bak” yang berarti babi sedangkan “so” makanan. Maka, bakso ialah olahan makanan yang berasal dari daging babi.

Bakso lava ialah varian bakso yang kekinian atau terbaru, pedas, lezat, dan juga ubuk pastinya! Kalian para pencinta bakso dan juga penggila pedas wajib bangat cobain bakso lava yang berukuran besar yang isinya sambal cabai yang berlimpah.

 

Baca Juga : cara membuat bakso sapi sendiri di rumah

Cara Buat Bakso Lava :

Cara buat bakso lava

Bahan-bahan

  • Siapkan 500 gram Daging sapi
  • Siapkan 70 gram Es batu
  • Siapkan 2 buah Putih telur
  • Siapkan 6 sendok makan tepung tapioka  atau tepung aci
  • Siapkan 1 sendok makan bawang putih bubuk
  • Siapkan 2 sendok teh garam
  • Siapkan 1 ½ sendok teh Penyedap (saya menggunakan Royco sapi)
  • Siapkan 1 sendok teh Merica bubuk
  • Siapkan 1 sendok teh Minyak goreng
  • Siapkan 1 ons Cabe rawit merah atau setan (rebus kemudian haluskan)
  • Siapkan saus BBQ secukupnya saja

Langkah Cara Buat Bakso Lava :

  • Pertama haluskan daging sapi dengan menggunakan es batu sampai halus.
  • Kemudian masukkan bagian putih telur, selanjutnya haluskan kembali sampai benar – benar tercampur rata.
  • Selanjutnya masukkan tepung tapioka n garam n merica n bawang putih dan juga penyedap rasa. sehinga haluskan lagi sampai membentuk seperti pasta.
  • Selanjutnya panaskanlah airnya hingga benar-benar mendidih, kemudian kecilkan api dan juga mulai mencetak bakso kecil untuk isian.
  • Apabila bakso sudah mengambang itu tandanya bakso sudah matang, tiriskan, biarkan saja api menyala.
  • Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan cetak bakso lava masukkan ke dalam mangkok yang telah di baluri dengan sedikit minyak. Masukkan juga saus BBQ, bakso kecil dan juga rawit yang telah direbus dan juga dihaluskan tadi. Lalu tutup adonan sapmai menjadi seperti bola.
  • Kemudian rebus bakso lava dengan pelan-pelan masukkan ke dalam air mendidih, tunggu beberapa menit sampai matang. Apabila punya mangkok yang aman untuk direbus, maka dapat cetak dulu bakso masukkan ke dalam air rebusan nanti jika sudah matang kemudian keluarkan dari cetakan mangkok supaya hasilnya bagus dan juga tidak retak.
  • Terakhir rebus kembali bakso sampai benar-benar matang.

Saran Penyajian

  • Pertama silahkan kamu buat kuah bakso denga menambahkan rendaman air bakso tadi. Jangan lupa beri merica n garam n penyedap rasa n bawang putih yang sudah dihaluskan dan juga rawit utuh sampai mendapatkan kuah yang lezat sesuai dengan selera.
  • Di dalam mangkok  tambahkan juga mie kuning n bihun n irisan sayur n bakso kecil, bakso lava kemudian beri saus kecap dan juga bawang yang sudah di goreng sesuai dengan selera.
  • Tidak lupa peras jeruk nipis supaya mendapatkan kuah yang segar dan nikmat.

Catatan

Tips Memasak Bakso Isi Sambal:

  1. Pertama haluskan daging dengan menggunakan blender ataupun food processor bakso sampai halus.
  2. Kemudian untuk bagian bumbu kuah sesuai dengan selera, jika kamu mau gurih tambahkan tetelan dengan daging sapi yang tentu itu berlemak.
  3. Sajikan, selamat menikmati.

Gimanah mudah bukan ? tertakik untuk mencobanya ? cukup sekian artikel saya kali ini apabila ada kata yang salah saya mohon maaf sampai bertemu di artikel saya selanjutnya.

Resep Membuat Bakso Aci Kuah Pedas

Resep Membuat Bakso Aci Kuah Pedas

Artikel saya kali ini ialah resep membuat bakso aci kuah pedas, bakso aci kuah pedas ialah salah satu jenis jajanan yang paling banyak diburu oleh semua orang di negara Indonesia.

Kuliner yang satu ini khas Garut loh Jawa Barat yang mempunyai tekstur kenyal dan juga kuah bercita rasa asam gurih yang tentu lezat membuat kita ketagihan ketika sudah mencobanya.

 

Baca Juga : cara buat bakso lava

Resep Membuat Bakso Aci Kuah Pedas :

Resep Cara Membuat Bakso Aci Kuah pedas

Bahan-bahan baso aci kuah pedas yang dibutuhkan: 

  • Siapkan 15 sendok makan untuk tepung terigu
  • Siapkan 8 sendok makan tepung kanji ataupun tapioka
  • Siapkan 250 ml air yah
  • Siapkan garam
  • Siapkan penyedap rasa (saya menggunakan royco rasa ayam)
  • Siapkan lada (secukupnya saja)
  • Siapkan ½ sendok teh bawang putih yang sudah di goreng
  • Siapkan ½ sendok teh bawang merah yang sudah di goreng
  • Siapkan 1 batang daun bawang yang sudah di cincang halus
  • Siapkan daging sapi ataupun tetelan

Bahan kuah pedas:

  • Siapkan 500 ml air ataupu kaldu
  • Siapkan 3 buah bawang merah
  • Siapkan 1 buah bawang putih
  • Siapkan 3 buah cabe rawit (dapat tambahkan sesuai dengan selera)
  • Siapkan 1 buah cabe merah besar
  • Siapkan 1 batang daun bawang & seledri
  • Siapkan garam, lada dan penyedap rasa secukupnya saja
  • Siapkan ½ sendok makan cabe bubuk

Tambahan: 

  • Siapkan tahu goreng dan juga pilus
  • Siapkan berasan Jeruk limau (secukupnya saja )

Cara Membuat Bakso Aci Kuah Pedas :

  1. Pertama rebus daging sapi ataupun tetelan di dalam panci yang panas. Tunggu sampai benar- benar mendidih.
  2. Siapkan juga adonan bakso aci. Kemudian masukkan tepung terigu ke dalam pan, tambahkan garam + gula + kaldu dan kemudian aduk hingga rata. Kemudian tuangkan 250 ml air dan juga aduk kembali.
  3. Selanjutnya nyalakan kompor dan juga masak sampai menggumpal dan juga sambil diaduk terus sampai berbentuk adonan.
  4. Lalu pindahkan di dalam wadah kemudian tambahkan tepung tapioka + bawang putih goreng + bawang merah goreng + dan juga daun bawang. Uleni adonan sampai kalis dan juga bentu bakso aci.
  5. Selanjutnya isi bakso aci dengan menggunakan  tetelan daging sapi ataupun lainnya sesuai dengan selera sampai adonan habis.
  6. Lalu panaskan air dan juga tuang sedikit minyak supaya tidak ada yang lengket.
  7. Masukkan bakso aci, lalu didihkan sampai bakso aci mengapung itu artinya sudah matang.
  8. Selanjutnya matikan api dan diamkan 4 sampai 5 menit.
  9. Masukkan juga bakso aci ke dalam panci kukusan beserta dengan tahu gorengnya.
  10. Kukus sampai teksturnya matang.
  11. Buat kuah pedasnya, pertama haluskan cabai sesuai dengan selera +  bawang merah dan juga bawang putih, lalu tambahkan sedikit air ataupun minyak.
  12. Panaskan juga panci bekas kaldunya tadi, kemudian tumis sambalnya, aduk sampai ada muncul bau harum.
  13. Kemudian tuang air kaldunya ataupun dapat dengan air biasa.
  14. Tambahkan juga daun bawang dan juga seledri. Lalu tambah penyedap rasa + garam + dan juga lada secukupnya saja.
  15. Selanjutnya aduk dan kemudian saringlah kuah pedasnya. Dapat kamu tambahkan bubuk cabe sesuai dengaan selera mu.
  16. Terakhir bakso aci kuah pedas sudah siap disajikan selamat menikmati.

Itulah bahan-bahan yang tentu sederhana dan juga resep membuat bakso aci kuah pedas tetapi super lezat. Kamu tertarik mencobanya di rumah? yuk buat sesuai dengan cara di atas

cukup sekian artikel saya kali ini apabila ada kata yaang salah saya mohon maaf, semoga artikel saya resep membuat bakso aci ini dapat bermanfaat see you nex time.

Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan

Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan

Hai para pecinta makanan Bersoto! Pasti tau dong Soto itu sepeti apa? Buat pecinta Soto pastinya tau dong!! Kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan. Soto adalah salah satu makan khas Indonesia lohhh.

Selai memiliki rasa yang sangat enak, Soto juga memilik rasa yang gurih serta rasa yang khas karena perpaduan rempa-rempah yang gak bisa dilewatkan. Buat para pecinta Soto, kamu pastinya tau dong Sejarah dari Soto??.

Yang belum tau sejarah Soto itu gimana, mari kita bahas semua tentang Cara Membuat Soto Medan Pakai Satan satu ini!!

Sejarah dan Cara Mebuat Soto Medan Pakai Santan

Hanya Menyebut kuliner yang satu ini, tentunya banyak orang-orang yang langsung berasosiasi pada masakan khas yang kerap ditemui di Daerah Pulau Jawa, yakni soto.

Namun di balik dominasi kuliner soto yang kerap ditemui berasal dari Daerah Pulau Jawa, terselip soto yang berasal dari Daerah Pulau Sumatera. Salah satunya adalah, Soto Medan.

Jika berangkat dari asal-usul nya, tentunya nama Soto Medan menjadi kuliner yang memiliki cerita sangat panjang.  Yang Kali pertama soto dibuat, tentunya tak bisa dilepaskan dari makanan asal Negara China dari asal kata yaitu chau do.

Kata Chau Do sendiri sebenarnya berarti jeroan dan rempah-rempah. Di Negara Indonesia, soto kali pertama diperkenalkan di Daerah Pesisir Pulau Jawa pada abad ke-19.  Booming nya makanan soto pun kemudian merebak ke Daerah wilayah nusantara, termasuk Daerah Kota Medan, Daerah Sumatera Utara.

Soto pun kemudian sangat berkembang mengikuti lokalitas citarasa daerahnya masing-masing. Pun Soto Medan yang memiliki aroma yang khas dan unik.  Yang Terbuat dari santan yang kental dan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, merica dan campuran bahan lainnya akan memanjakan lidah siapaun yang menyantapnya.

Kenikmatan dari makanan Soto Medan, tentunya akan membuat siapa saja menjadi penasaran dong. Tapi bagaimana seandainya kalau tempat makan Soto Medan nya lagi tutup karena lagi banjir atau yang punya lagi pulang kampung? Tentunya kamu bisa membuatnya sendiri.

Tidak terlalu sulit untuk membuat Soto Medan Pakai Santan satu ini, asal kita benar-benar mau mempelajarinnya pasti semua hal bisa kita coba. Banyak sekali jenis-jenis soto medan, tapi kali ini kita akan membahas Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan yang pastinya menggugah selera makan anda!!

 

Baca Juga : Cara Membuat Gulai Ayam Sederhana

Cara Membuat Soto Medan Pakai Santan

cara membuat soto medan pakai santan

 

Bahan yang dibutuhkan untuk (10 porsi)

  • 10 potong ayam
  • 700 ml santan encer
  • 350 ml santan kental
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 4 lembar daun salam
  • 1/5 batang serai, memarkan
  • 1/5 ruas jari lengkuas
  • Garam secukupnya sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya sesuai selera

Bumbu Halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1/5 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/5 sendok teh merica
  • 1/5 ruas jahe
  • 1/5 ruas jari kunyit

Pelengkap :

  • 10 buah perkedel kentang
  • 5 telur rebus, potong menjadi 2 bagian
  • 3 genggam tauge, seduh dengan air panas
  • 2 batang daun bawang, iris-iris halus
  • 3 batang daun seledri, iris-iris halus
  • 2 tomat merah, potong menjadi 8 bagian
  • 1/5 buah jeruk nipis, potong – potong
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Emping goreng secukupnya
  • Cabe rawit secukupnya, rebus dan ulek

Cara membuat soto medan pakai santan

  1. Rebus daging ayam bersamaan dengan santan cair dan bumbu-bumbu halus sampai matang.
  2. Rebus santan kental sambil diaduk agar tidak pecah. Bumbu dengan garam, kemudian matikan api.
  3. Panaskan minyak dalam yang cukup jumlah banyak, kemudian goreng daging ayam hingga permukaannya cukup kering. Setelah itu suwir-suwir dagingnya dan sisihkan.
  4. Masukkan ayam suwir dan bahan pelengkap kedalam mangkuk, lalu tuang kuah soto. Sajikan soto dalam keadaan hangat akan menambah kenikmatan soto medan ini.

Terima kasih sudah memakai resep saya dan semoga anda menyukainya. Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya!!