Browsed by
Tag: ide usaha dari olahan kopi

Ide Usaha Dari Olahan Kopi Anti-Mainstream !!!

Ide Usaha Dari Olahan Kopi Anti-Mainstream !!!

Ide Usaha Dari Olahan Kopi – Kopi diminum doang udah mainstream kan, Nah kali ini mimin mau share Ide Usaha dari Olahan Kopi Anti-Mainstream !!!

Kalian yang lagi nyari Ide Usaha dari Olahan Kopi bisa coba sendiri di rumah dan pastinya gampang untuk diikuti.
Langsung saja, Berikut ini Ide Usaha Dari Olahan Kopi Anti-Mainstream !!!

Ide Usaha dari Olahan Kopi Anti-Mainstream

1. Kolak Pisang Kuah Kopi

 

Kolak Pisang kuah santan ? BIASA !! Ini dong kuahnya rasa Kopi, pastinya bisa kalian coba buat sendiri di rumah

RESEP
  • Pisang yang dipakai jangan kematangan dan jangan kementahan, pokoknya yang sedang sedang sajaa
  • Untuk kuahnya setengah gelas kopi bubuk dicampur dengan 2 gelas air putih
  • Agar pekatnya tidak over bisa tambahkan 2 irisan lemon dan yoghurt
  • Tinggal siram pisang dengan kuah kopi
  • Tambahkan yoghurt dan irisan lemon
  • Kolak Pisang Kuah Kopi siap disantap

2. Lapis Legit Kopi

 

Lapis legit biasanya kan olahannya telur, mentega, gula dan susu. Kali ini ditambahkan kopi

Supaya rasanya lebih legit. Rasanya bakal pahit sedikit tapi its okay lah.

Dan lapisannya ada berwarna hitam karena kopinya jadi bukan hanya kuning dan coklat.

Penasaran cara bikinnya ?? Simak resep dibawah ini

RESEP

Bahan-bahan :

  • 75 gr margarin
  • 1 sdm susu kental manis
  • 6 kuning telur, 4 putih telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdm Pengemulsi
  • 25 ml air kopi (1 sdm kopi instan dilarutkan dengan 25 ml air panas)
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr tepung protein sedang
  • 20 gr susu bubuk
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdm coklat bubuk

Cara Membuat :

  1. Kocok margarin 15 menit sampai jadi lembut, masukkan susu kental manis, kocok rata, sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, pengemulsi, air kopi, garam, tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sampai mengembang.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan margarin sambil diulen perlahan tuang 1/5 bagian adonan ke dalam loyang 20x20x4cm yang dialasi kertas roti, kukus selama 5 diatas dengan api sedang, taburi coklat sambil diayak.
  4. Untuk lapisan terakhir kukus selama 10 menit.
  5. Angkat, Taburi dengan gula tepung tipis secara merata, potong sesuai selera.

 

3. Ayam Goreng Saus Kopi

 

Jika biasanya kopi diminum setelah makan ayam goreng, kalau yang ini beda nih.

Makan ayam gorengnya ditambahin saus Kopi.

Cara buatnya sama sebenarnya dengan ayam goreng biasanya.

Mau tau cara bikinnya ? berikut ini Resepnya

RESEP

Bahan-bahan :

Sayuran

  • 100 ml minyak sayur
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 cm jahe, cincang halus
  • 350 gr bokcoy
  • 200 gr jamur shiitake segar
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt merica hitam bubuk

Daging Ayam

  • 1L air
  • 600 ml air jeruk nipis
  • 200 ml kecap asin encer
  • 100 ml kecap asin pekat (dark soy sauce)
  • 120 gr kopi bubuk instant (nescafe classic)
  • 100 ml madu
  • 50 ml balsamic vinegar
  • 50 g brown sugar, sisir
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 1250 gr daging dada ayam, bagi menjadi 8
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  • Untuk Sayuran :  Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe. Masukkan sisa bahan, masak hingga mengental. Angkat, sisihkan.
  • Daging ayam :  Rebus semua bahan hingga mendidih. Masukkan daging ayam, kecilkan api. Tunggu sampai bumbunya meresap ke dalam daging ayam. Lalu angkat.
  • Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga kulitnya cokelat kegelapan. Angkat, tiriskan.
  • Sajikan daging ayam bersama sayuran dan nasi pulen. Sajikan panas.

4. Sambal Kopi

 

Kalau sambal biasanya hanya pakai cabai, bawang dan garam. Kali ini

malah pakai kopi buat bahan bakunya. Cara bikinnya gampang kok

RESEP
  1. Potong kotak-kotak bawang bombay
  2. Diulek dengan garam, gula, 50 gram biji kopi, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih dan tomat.
  3. Setelah diulek sampai halus lalu ditumis hingga layu

Jadi deh sambal kopi yang rasanya pedas-pahit unik deh pokoknya. Bisa dijadikan cocolan untuk menu utama seperti Ayam goreng, Tempe Tahu, bisa juga dengan Lontong. Tambah lalapan makin mantap semlidut.

Gimana ? Pastinya Unik unik dan Anti-Mainstream banget kan Ide Usaha Dari Olahan Kopi yang mimin bagikan.

Sampai jumpa lagi ya di postingan berikutnya.