Resep Sagon Jawa Turun Temurun

Resep Sagon Jawa Turun Temurun

Resep Sagon Jawa – Kue kering adalah kue yang bertekstur keras dan renyah karena memiliki kadar air yang relatif minim. Sehingga mempunyai daya simpan yang sangat tinggi. Bahannya terdiri dari tepung beras, tepung ketan, terigu, sagu dan lain sebagainya. Cara pembuatannya biasanya di goreng atau di panggang dalam oven. Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.

Salah satu jenis kue kering tradisional yang cukup dikenal dari jaman dahulu hingga sekarang adalah kue sagon kelapa. Kue sagon ini sepertinya tak pernah lekang di telan jaman, bahkan hingga saat ini dimana kue jaman sekarang atau kue modern sudah mulai mengambil alih keberadaan kue tradisional dan jajanan pasar Nusantara.

Kue sagon adalah kue kering dengan bahan utamanya dari tepung beras ketan dengan campuran kelapa, kue ini termasuk kedalam jenis makanan ringan yang lezat dan enak dikonsumsi kapan saja, terutama ketika disaat santai dengan di temani secangkir teh.  Ciri khas Kue Sagon adalah dihidangan ketika hari raya lebaran maupun hari raya lainnya dan ketika ada perayaan perayaan.

Dengan cita rasanya yang manis, gurih dan renyah sewaktu digigit, membuat kue sagon tak pernah kehabisan pecintanya. Asal muasal kue sagon sendiri hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti dari mana asalnya. Namun sebagian ada yang berpendapat bahwa kue kering ini berasal dari Jawa dan sebagian lain berpendapat bahwa kue ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

Kita patut berbangga dan berterimakasih kepada siapapun penemunya yang telah menciptakan kue kering tradisional yang memiliki rasa yang begitu nikmat ini.

lihat juga! cara membuat kue sagon

Inovasi Kue Sagon

Kue kering ini memiliki bentuk standar antara kotak atau lonjong, namun seiring bergantinya waktu, kue sagon mengalami banyak perubahan terutama dalam hal bentuk. Kebanyakan orang berkreasi menggunakan cetakan kue dengan berbagai bentuk sehingga membuat kue sagon terlihat lebih menarik.

Selain dari bentuk, kini orang orang mulai menambahkan beberapa bahan seperti keju, kacang, santan dan bahan tambahan lainnya, bahkan tidak sedikit yang mencoba mengkreasikan dengan bahan utama seperti tepung beras dan tepung kanji.

Resep dan cara pembuatan kue sagon sendiri umumnya begitu sederhana, dengan bahan bahan yang begitu mudah dan umum dijumpai. Dan berikut ini adalah salah satu resep dari kue sagon kelapa yakni kue sagon jawa. Semoga dengan resep  yang kami bagikan ini dapat menambah pengetahuan dan mempermudah anda dalam membuat kue sagon dirumah yang memiliki citarasa sesuai dengan selera anda.

sagon jawa

 

Cara Membuat Kue Sagon Jawa

Bahan Pembuatan Kue Sagon Jawa :

Tempung ketan 200 gram

Kelapa parut 600 gram

Gula pasir 150 gram

Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Garam 1/2 sendok teh

Jeruk Purut 1 buah di parut

Langkah  Langkah Membuat Kue Sagon Jawa :

Siapkan tepung ketan, kelapa, gula pasir, garam, vanili dan jeruk purut campurkan semuanya dan aduk aduk hingga adonan tercampur semua sampai merata.

Siapkan cetakan dan oleskan sedikit minyak goreng ke dalam cetakan agar tidak lengket.

Masukkan adonan ke cetakan yang sudah di siapkan sambil di tekan tekan agar adonan menyatu. Selanjutnya di panggang dengan oven selama 25 menit hingga kue benar benar matang dan kering.

Kemudian angkat dan keluarkan kue dari cetakan.

Kue sagon jawa siap di sajikan.

Demikian resep kue sagon jawa, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Comments are closed.