Resep Roti Canai Yang Mengenyangkan dan Baik Buat Tubuh

Resep Roti Canai Yang Mengenyangkan dan Baik Buat Tubuh

Resep Roti Canai Yang Mengenyangkan – jika anda pecinta kue pasti sobat tahu roti canai khas dari timur tengah atau india ini.  Dan resep roti canai yang mengenyangkan ini banyak di gemari di setiap Negara, bahkan di Indonesia salah satunya. Sejarah roti canai berasal dari nama Bandar Chennai yang ada di india, kue ini  berbentuk bulat pipih.

Untuk di Indonesia roti canai banyak ditemukan  di daerah aceh, karena daerah aceh yang dekat dengan india atau Malaysia.  Roti canai yang bentuknya pipih dan cara membuat Resep Roti Canai yang mengenyangkan ini dipanggang dan rasanya gak diragukan lagi loo… sobat.

Apakah sobat sudah pernah membuat roti canai ini? atau sobat belum tahu cara membuat roti canai ini? tenang disini saya akan membagikan Resep Roti Canai Yang Mengenyangkan atau yang sering disebut dengan roti maryam di Indonesia. Roti canai ini banyak rasa varian yitu, ada rasa keju, coklat, susu, daging, dan masih banyak yang lainnya.

Roti canai sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat roti canai bagi kesehatan ini tentunya tidak lepas dari komposisi bahan baku pembuat roti maryam. Mungkin anda ingin tahu komposisi bahan bahan untuk membuat roti canai . Bahan utama untuk membuat rotmar atau roti canai adalah:

  1. Tepung terigu
  2. Telur
  3. Susu
  4. Margarine
  5. Minyak goring
  6. Garam

Roti canai ini memiliki kandungan nilai gizi yang baik

  1. kalori 2424 kkal
  2. lemak 5,9 g
  3. Protein 5,7 g
  4. Karbohidrat 40,7 g
  5. Sodium 267 mg

Manfaat Roti Canai

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan
  2. Menunda Lapar
  3. Membantu Usus Besar
  4. Rendah Lemak
  5. Mengendalikan Gula Darah

resep roti canai yang mengenyangkan

Ok, pasti sobat tidak sabar ya bagaimana cara membuat Resep Roti Canai Yang Mengenyangkan, sebelum itu sobat jangan lupa persiapkan alat untuk masak dan bahanya

Untuk membuat resep roti canai yang mengenyangkan kamu harus mempersiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Tepung terigu 300 gr
  2. Telur Ayam 1 butir
  3. Minyak Goreng/minyak sayur 50 ml
  4. air yang hangat 150 ml
  5. Susu bubuk 1 sendok teh
  6. Gula putih bubuk 1 sendok teh
  7. Garam 1/2 sendok teh
  8. Margarine sesuai selera (secukupnya)
  9. Minyak Goreng secukupnya yang digunakan untuk merendam adonan

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia, kamu harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, campur air hangat, telur, dan minyak goreng. Kemudian kocok adonan hingga menjadi rata.
  • Langkah kedua, masukan tepung terigu, gula bubuk, garam, serta susu bubuk. Kemudian uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket. Adonan juga perlu dibanting-banting supaya hasilnya lebih maksimal.
  • Langkah ketiga, setelah adonan dirasa sudah cukup kalis, adonan dibuat bulat-bulat, disarankan seukuran bola pimpong. Kemudian adonan yang sudah berbentuk bola bisa direndam dengan menggunkanan minyak goreng atau minyak sayur.
  • Langkah keempat, tutup adonan bola-bola dengan kain bersih kemudian diamkan selama 1 hingga 2 jam.
  • langkah kelima, setelah 2 jam adonan direndam, pipihkan adonan hingga tipis dan pastikan kalau adonan tidak robek. Setelah itu oleskan adonan dengan mentega.
  • Langkah keenam, kamu bisa menggulung adonan kemudian tarik adonan hingga panjang. Setelah itu gulung adonan dengan arah yang berlawanan sampai berbentuk menyerupai huruf s. Kemudian kamu harus tumpuk adonan hingga menjadi satu dan pipihkan adonan hingga lebar.
  • Langkah ketuju, kamu bisa melebarkan adonan sambil ditarik-tarik supaya bentuk adonan semakin pipih.
  • Langkah kedelapan, siapkan teflon yang sudah dipanaskan tanpa minyak. Kemudian panggang hingga warnanya berubah kecoklatan, lalu angkat roti canai.
Comments are closed.