Resep Puding Kelapa Muda Thailand

Resep Puding Kelapa Muda Thailand

Resep Puding Kelapa Muda ThailandPuding merupakan makanan penutup yang biasanya terbuat dari bahan – bahan yang direbus, dipnggang, atau dikukus. Istilah puding juga biasanya dipakai untuk berbagai jenis pai berisi daging, lemak hewan, atau buah – buahan yang dipanggang. Puding merupakan salah satu makanan penutup yang paling banyak digemari. Rasa puding yang manis dengan tekstur-mya yang lembut dan kenyal membuatnya menjadi primadona sebagai makanan penutup.

 

Puding biasanya berbahan baku susu atau yogurt, tepung tapioka, tepung maizena, ataupun telur yang dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding memiliki banyak varian rasa tergantung pembuatnya. Biasanya puding berperisa vanila, coklat, karamel, stroberi, serta rasa buah – buahan lainnya. Puding juga biasanya diberi toping tertentu dan biasanya sesuai dengan perisanya. Misalnya puding cokelat yang diberi toping makanan manis atau wafer yang juga terbuat dari cokelat atau puding stoberi yang diberi toping buah stroberi.

 

Walaupun terlihat sama, ternyata ada perbedaan antara puding, agar – agar, dan juga jelly. Puding adalah cemilan yang dapat dibuat dari jelly maupun agar – agar ataupun campuran keduanya. Pembuatan puding juga perlu ditambahkan susu dan santan. Sementara agar – agar merupakan makanan ringan yang terbuat dari ganggang atau rumput laut dengan tekstur yang padat, kenyal, dan agak keras. Jelly dan agar – agar hampir sama karena terbuat dari ganggang atau rumput laut, tetapi jelly lebih mudah dihancurkan.

 

Baca Juga : Cara Membuat Urap Tradisional

 

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis puding dengan berbagai varian rasa yang unik. Variasi rasa puding tersebut antara lain berperisa gula merah, santan, tapai ketan hitam, daun pandan, dan juga daun suji. Sementara buah – buahan yang biasanya dipakai untuk membuat puding di Indonesia antara lain mangga, sirsak, markisa, jeruk, dan nanas.

 

Dari banyaknya buah – buahan yang dapat dijadikan varian rasa puding, terdapat suatu buah yang dapat dijadikan varian rasa puding. Buah tersebut adalah buah kelapa muda. Meskipun sudah banyak yang membuat dan menjual puding dengan rasa kelapa muda di Indonesia, Puding kelapa muda masih kalah pamor dibanding dengan puding dengan rasa coklat, vanila, ataupun rasa lainnya.

 

Salah satu variasi puding kelapa muda yaitu puding kelapa muda Thailand. Bila anda tertarik, anda bisa membuat puding ini sendiri di rumah dengan resep puding kelapa muda Thailand yang telah kami berikan. Berikut Resep puding kelapa muda Thailand yang telah kami siapkan untuk anda.

 

Cara Membuat/ Resep Puding Kelapa Muda Thailand

Resep Puding Kelapa Muda Thailand

 

Alat dan Bahan

  • Alat dan Bahan yang diperlukan untuk membuat Puding Kelapa Muda Thailand:
  • 900 ( sembilan ratus ) cc air
  • Sebungkus agar-agar putih
  • 900 ( sembilan ratus ) cc santan kelapa
  • 240 gr ( dua ratus empat puluh gram ) gula pasir
  • kelapa muda yang diserut
  • daun pandan secukupnya
  • sebungkus agar – agar hijau

 

Cara Membuat

Cara Membuat Puding Kelapa Muda Thailand :

  1. Pertama – tama, rebus agar-agar putih bersama santan dan 120 gram gula pasir sampai mendidih, kecilkan apinya.
  2. Berikutnya, agar-agar hijau, pandan, air dan gula pasir rebus di panci yang terpisah sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya.
  3. Setelah itu, siapkan loyang puding yang telah disiram dengan air dingin. Setelah agar-agar mendidih, kemudian tuangkan agar – agar hijau ke dalam loyang kira – kira seperempat tinggi loyang. Tunggu sampai lapisan yg paling atas mengeras
  4. Setelah lapisan atas tersebut mengeras, tuang pelan-pelan agar-agar santan kurang lebih satu cm ( 1 cm ) tingginya. Tunggu hingga lapisan atas mengeras.
  5. Letakkan kelapa muda di atas agar – agar santan tersebut, kemudian siram lagi dengan agar – agar hijau hingga habis. Tunggu lagi sampai permukaannya mengeras.
  6. Terakhir, masukkan sisa agar – agar santan ke atasnya. Tunggu hingga agar – agar dingin.
  7. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas. Siap dihidangkan ketika sudah dingin

 

Note:

– Sementara menunggu permukaan agar – agar mengeras, sisa adonan agar-agar dibiarkan diatas kompor dengan api yang kecil dan sesekali diaduk-aduk biar tidak mengeras.

– Berhati – hatilah dalam menuang agar-agar ke dalam loyang agar tidak merusak permukaan agar -agar yang ada di bagian bawahnya.

 

Demikian artikel mengenai resep puding kelapa muda Thailand yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel mengenai resep puding kelapa muda Thailand kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel resep puding kelapa muda Thailand ini, kami memohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Comments are closed.