Resep nastar coklat yang enak dan mudah dibuat dirumah

Resep nastar coklat yang enak dan mudah dibuat dirumah

Resep Nastar coklat-Idul Fitri akan segeratiba, Kue nastar merupakan salah satu kue lebaran yang menjadi andalan sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia.

Tak lengkap rasanya jika tidak memiliki kue nastar ini di atas meja di rumah. Biasanya kami hanya membuat nanas versi isi. Kali ini kami akan membuat versi yang berbeda yaitu resep nastar coklat.

Bahan dan cara membuat nastar coklat sebenarnya tidak berbeda dengan versi aslinya. Perbedaannya hanya terletak pada isiannya, yang tidak menggunakan nanas melainkan isian coklat.

Tips resep kue nastar agar awet

 

Kalau gitu, cara membuat nastar coklat bisa bertahan cukup lama, lho. Anda bisa membuat 1 atau 2 resep nastar coklat lalu menyimpannya untuk camilan di rumah. Syaratnya, jika menggunakan selai nanas sebaiknya membuatnya sendiri.

Memang selai di warung ini awet lama, tapi jika digunakan untuk kue lebaran nanti akan bikin kuenya berjamur. Saat memanggang kue nastar, sebaiknya gunakan juga api kecil agar benar-benar matang.

Selai buatan sendiri yang kita buat nanti jangan terlalu basah dan sedikit kering. Selain itu, pastikan kue harus benar-benar dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples untuk penyimpanan agar lebih tahan lama. Selain itu tepung terigu yang digunakan juga bisa di panggang agar lebih renyah dan lebih tahan lama.

Resep Nastar Coklat

 

Resep nastar yang enak dan banyak dicari oleh masyarakat yang lembut dan lumer di mulut. Meski sebagian orang tidak terlalu menyukai kue lebaran spesial yang terlalu empuk ini. Namun kali ini kita akan mencoba membuat adonan resep nastar coklat yang empuk dan lumer di mulut tanpa gagal.

Umroh.com merangkum yang ingin tampil beda, tentunya versi cokelat ini bisa dicoba di rumah. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil, tentunya resep kue nastar coklat ini lebih diminati oleh anak kita atau keluarganya di rumah. Berikut resep nastar coklatnya, termasuk.

 

1. Kulit Nastar:

200 gram mentega (saya pakai Wijsman)
50 gram margarin
90 gram gula rafinasi (gula juga bisa diblender)
3 kuning telur
100 gram susu bubuk
250 gram tepung terigu protein rendah (saya menggunakan kunci biru)
100 gram tepung maizena
1 sdt ekstrak vanilla atau 1/4 sdt vanilla powder / essence (saya menggunakan esensi vanilla)

2.  isian

kuning telur, minyak sayur dan susu kental manis, aduk rata

3. Bahan Isi Coklat

100 gram tepung terigu protein sedang, disaring (saya pakai segitiga biru)
20 gram bubuk kakao
90 gram gula pasir
35 gram butter / margarine (saya pake blue band cookies)
35 gram air matang
75 gram dark cooking chocolate (saya pakai dcc colatta)
Apakah Anda punya rencana umroh bersama keluarga? Ayo wujudkan rencanamu hanya di umroh.com!

4. Bagaimana Membuat isian

Cokelat masak pekat, potong atau parut agar mudah meleleh nantinya.
Campur dan saring tepung terigu dan coklat bubuk. Menyisihkan.

Campur gula, mentega / margarin dan air. Panaskan dengan api kecil, aduk hingga mendidih dan gula larut.
Tambahkan cokelat masak pekat cincang, aduk hingga semua cokelat meleleh dan tercampur rata. Matikan api.
Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk, aduk rata dengan sendok kayu.

Nyalakan kembali api kecil sambil diaduk hingga membentuk pasta yang halus dan lembut. Mengangkat. Biarkan sedikit hangat.

isian adonan dan bentuk bulat sesuai ukuran nastar. Menyisihkan.

5. Cara Membuat Kulit Nastar

Kocok mentega, margarin, gula halus dan vanili sebentar menggunakan mixer, biarkan lembek dan aduk rata. Karena mixer saya rusak, saya kocok saja pakai pengocok telur.
Masukkan kuning telur satu persatu. Matikan mixer.

Tambahkan sedikit tepung dan campuran susu bubuk, aduk dengan sendok kayu / spatula hingga tercampur rata.
Bungkus adonan dengan plastik pembungkus dan diamkan adonan di lemari es selama + 1 jam. Lewati proses ini jika adonan cukup fleksibel untuk dibentuk.

Keluarkan adonan, gulung dan isi adonan dengan lingkaran pasta coklat, bulatkan.
Susun cake di atas loyang yang sudah diolesi sedikit margarin, bisa juga ditutup dengan kertas minyak. Sisakan ruang antar kue, jangan terlalu berdekatan.

Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, suhu oven sekitar 150 derajat. Saya sendiri menggunakan oven kompor (otang) jadi saya buat suhunya sedikit lebih rendah, sekitar 120 derajat.

Panggang selama kurang lebih 15 menit, angkat dan oleskan, masukkan kembali dan oven lagi hingga berwarna cokelat keemasan selama kurang lebih 15 menit. (Waktu memanggang tidak sama, sesuaikan untuk setiap oven).
Keluarkan dari oven dan biarkan kue dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples kedap udara.

Untuk mendapatkan coklat dengan kualitas terbaik , gunakan mesin coklat yang tersedia dipasaran. Atau anda bisa mengunjungi grosirmesin.com untuk mesin coklat dengan harga murah dan berkualitas.

Comments are closed.