Resep Kue Tradisional Manado yang Wajib Menjadi Oleh-oleh

Resep Kue Tradisional Manado yang Wajib Menjadi Oleh-oleh

Resep Kue Tradisional Manado yang Wajib Menjadi Oleh-oleh-Untuk kalian yang biasanya suka jalan-jalan ke Manado, pasti kalian sering membawa oleh-oleh berupa kue. Nah sekarang kalian tidak perlu jalan-jalan dulu untuk mendapatkan kue tersebut karena kalian bisa membuatnya dirumah.

Resep Kue Tradisional Manado

Resep kue tradisional manado

Bahan-bahan yang Digunakan :

  1. 150 gram Tepung Beras
  2. 150 gram Tepung Terigu
  3. 150 gram Gula Jawa
  4. 60 gram Gula Pasir
  5. 1/2 sendok teh Garam
  6. 1/2 sendok makan Kayu Manis
  7. 150 ml Air

Langkah-langkah yang Dilakukan :

  1. Campurkan tepung beras, terigu, dan garam menjadi satu
  2. Rebuslah gula jawa dan gula pasir dengan air
  3. Apabila sudah larut, diamkan airnya hingga agak dingin, kemudian masukkan kayu manis ke campuran tepung-tepungan
  4. Campur larutan air gula tadi ke bahan kering, kemudian aduk sampai rata selama 10 menit
  5. Diamkan selama minimal 1 jam 30 menit
  6. Setelah itu, goreng dengan minyak panas dan minyaknya disiram ke bagian tengah biar tengahnnya menggelembung

Oleh-oleh Makanan Khas Manado

Kalian semua pasti tau akan Manado bukan. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara ini memang sangat terkenal dengan adat, kebudayaan, tak lupa pula makanan khasnya yang sangat wajib dijadikan untuk oleh-oleh.

Dibawah ini merupakan oleh-oleh makanan khas Manado yang wajib kamu bawa pulang:

  1. Klappertaart :

    Klappertaart yaitu cake kelapa atau tart kelapa. Makanan ini dibuat dengan campuran kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Cara menyajikan kue ini dengan keadaan dingin. Kue ini pun menjadi kesukaan banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan teksturnya juga lembut.

    Resep kue tradisional manado

  2. Halua kenari :

    Halua Kenari merupakan kue khas Manado yang memiliki bahan utama kacang kenari dalam pembuatannya. Kacang kenari dilapisi oleh gula merah yang telah dilebur. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.Resep kue tradisional manado

  3. Panada :

    Makanan ini merupakan peninggalan bangsa Portugis yang datang ke Minahasa pada beberapa abad yang lalu. Nama Panada memiliki makna empanada, yaitu makanan yang berisi ikan yang dibungkus dengan roti. Bentuknya mirip dengan pastel, tetapi isinya yaitu ikan cakalang yang telah dibumbui panpis. Bumbu panpis yaitu ikan cakalang yang sudah dimasak menggunakan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang.

    Resep kue tradisional manado

  4. Pala manis :

    Pala manis sangat terkenal di Manado bahkan sampai ke negara tetangga, bahkan makanan ini pun sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Di daerah lainnya, manisan pala pada umumnya menggunakan gula pasir.Resep kue tradisional manado

  5. Kacang goyang :

    Kacang goyang ini akan selalu ada di acara-acara masyarakat Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom yang dibaluti dengan terigu yang kemudian dilumuri gula di bagian luarnya sehingga warna yang dihasilkan beragam. Dinamakan kacang goyang karena cara pembuatannya perlu digoyang-goyang.

    Resep kue tradisional manado

  6. Cakalang fufu :

    Makanan khas Manado ini dibuat dari ikan cakalang dengan proses pengasapan. Istilah fufu sendiri kalau di Manado itu berarti pengasapan. Sebelum diasap, ikan terlebih dahulu dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam.

    Resep kue tradisional manado

  7. Dodol amurang :

    Dodol bukan hanya terkenal di kota Garut, namun di Manado juga terkenal dengan dodol yaitu dodol amurang. Dodol amurang ini diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol ini dibuat dengan campuran gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang, dan kayu manis.

    Jika semua bahan sudah dicampur menjadi satu maka akan dibungkus dengan daun kelapa, kukus dodol ini dengan panas 120 derajat. Dodol amurang merupakan makanan wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado.

    Resep kue tradisional manado

Jangan sampai anda terlewatkan, Inilah Beberapa Resep Kue Kopi Minyak Manado yang Wajib Kamu Coba

Comments are closed.