Resep Kue Sarang Semut Kukus Yang Lembut, Enak Dan Spesial

Resep Kue Sarang Semut Kukus Yang Lembut, Enak Dan Spesial

Resep Kue Sarang Semut Kukus Yang Lembut, Enak Dan Spesial – Kue sarang semut merupakan kue yang memiliki bentuk seperti dengan kue bolu. Kue ini sangatlah unik karena pada bagian dalamnya memiliki tekstur yang sekilas sangat mirip dengan sarang semut.

Mungkin karena memiliki bentuk yang mirip sarang semut inilah akhirnya kue basah ini diberi nama dengan kue sarang semut. Selain kue ini mirip dengan bentuk sarang semut, kue ini juga memiliki rongga-rongga yang sangat mirip dengan kue bika ambon khas kota Medan.

Kue yang satu ini banyak disukai oleh orang Indonesia, kue sarang semut ini ternyata juga sudah cukup populer oleh orang-orang di luar negeri terutama di negara – negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pada saat ini kue Sarang Semut banyak kita temui di pasar-pasar tradisional ataupun di toko roti. Sejak dahulu resep kue sarang semut ini masih benar-benar dipertahankan untuk rasa dan teksturnya sehingga banyak yang menyukai kue ini.

Resep Kue Sarang Semut Kukus Yang Lembut, Enak Dan Spesial

resep kue sarang semut kukus

Untuk anda semua yang belum tahu bagaimana cara membuat kue sarang semut ini. Berikut ini kami bagikan untuk anda resep kue sarang semut kukus yang lembut, enak dan spesial :

Bahan-Bahan Kering Membuat Kue :

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 85 gram tepung maizena
  • 400 gram gula pasir
  • 0,25 gram garam
  • 1 sendok teh soda kue

Bahan-Bahan Basah Membuat Kue :

  • 400 mililiter air putih
  • 6 butir telur ayam
  • 150 gram susu kental manis cokelat
  • 100 gram margarin

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Kukus yang Lembut, Enak dan Spesial :

  1. Langkah pertama masukkan gula kedalam wajan atau panci dan masak hingga sampai gula berubah menjadi lebih gosong.
  2. Kemudian masukkan air panas kedalam wajan tersebut sedikit demi sedikit dan masak lagi hingga gula larut dalam air, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Silahkan angkat gula yang sudah menjadi karamel, lalu diamkan sejenak supaya suhu gulanya menjadi lebih dingin.
  4. Selanjutnya anda dapat mengocok telur ayam dengan garam hingga bahan ini menjadi tercampur rata dan berbuih, anda juga dapat menggunakan mixer atau alat yang lain untuk mengocok bahan ini.
  5. Berikutnya masukkan sedikit demi sedikit bahan-bahan keringnya seperti tepung terigu, tepung mazeina, soda kue kedalam adonan dan aduk-aduk hingga semua adonan tercampur rata.
  6. Kemudian tuangkan karamel gula kedalam adonan kue dan aduk-aduk lagi hingga adonan tercampur rata.
  7. Silahkan masukkan bahan – bahan seperti margarin bersama dengan susu kental manis kedalam adonan, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kental.
  8. Langkah selanjutnya siapkan loyang dan olesi loyang tersebut dengan margarin secara merata supaya kue yang sudah matang tidak susah dikeluarkan dari loyang.
  9. Berikutnya masukkan adonan kue kedalam loyang dan rakatan menggunakan spatula bagian atasnya secara rata.
  10. Lalu kukus adonan kue tersebut menggunakan alat pengukus selama kurang lebih 70 menit.
  11. Jika kue sarang semut sudah matang, angkat dan diamkan sejenak agar kue dingin.
  12. Sajikan kue ini dengan dipotong – potong terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai Resep Kue Sarang Semut Kukus Yang Lembur, Enak Dan Spesial yang dapat kami berikan untuk anda semua di rumah, semoga berguna dan bermanfaat.

Anda juga dapat membuat kue cubit yang begitu lumer yang tidak kalah enaknya dari kue sarang semut kukus yang satu ini. Selamat Mencobanya!

Comments are closed.