Resep Kue Pancong Balap

Resep Kue Pancong Balap

Resep Kue Pancong BalapKue adalah makanan ringan atau kudapan yang bukan termasuk makanan utama. Biasanya, kue memiliki rasa manis dan gurih, tetapi ada pula yang memiliki rasa asin. Kue biasanya terbuat atau berbahan dasar tepung. Beberapa tepung tersebut, antara lain tepung beras, tepung tapioka, tepung sagu, tepung terigu, tepung almond, dan tepung gandum.

 

Kue terdiri dari dua jenis, yaitu kue basah dan kue kering. Pada umumnya, perbedaan kue kering dan kue basah terletak pada teksturnya. Kue Basah bertekstur lembut, empuk, dan tidak dapat bertahan lama. Sementara kue kering berstektur sedikit kasar dan lebih keras dan juga kue kering dapat bertahan lebih lama dibanding dengan kue basah.

 

Setiap negara memiliki kue khas mereka masing – masing, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, masing – masing daerah memiliki kue khasnya masing – masing. Beberapa kue tersebut antara lain kue bika ambon, kue klepon, kue mangkok, kue cucur, serabi solo, wajik, putri selat, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga : Resep Puding Kelapa Muda Thailand

 

Dari kue – kue tradisional yang ada di Indonesia, kita akan membahas salah satu kue yang berasal dari daerah Betawi, yaitu kue pancong. Kue Pancong adalah kue khas daerah Betawi yang berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan.

 

Bentuk kue ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pukis yaitu berbentuk seperti busur atau berbentuk setengah lingkaran. Kue ini tidak memakai gula pada adonannya. Gula pada kue ini terdapat pada toping atau di tambahkan saat kue sudah siap saji.

 

Biasanya, kue Pancong ada pada acara – acara besar seperti pernikahan atau khitanan. Kue Pancong juga bisa anda temukan sebagai jajanan pasar ataupun pedagang keliling. Kue pancong dapat anda temukan di wilayah betawi atau wilayah JABODETABEK, bahkan bisa anda temukan di provinsi lain hingga luar pulau jawa.

 

Kue pancong juga memiliki berbagai varian dan biasanya tergantung wilayah tempat kue pancong tersebut dibuat. Salah satu varian kue pancong tersebut adalah kue pancong balap. Kue pancong balap adalah salah satu varian kue pancong yang berasal dari daerah bekasi.

 

Bagi anda yang ingin mencoba kue pancong balap ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Untuk membantu anda membuat kue pancong balap, kami sudah mempersiapkan resep kue balap. Berikut resep kue pancong balap yang bisa anda coba untuk membuat kue pancong balap.

 

Resep Kue Pancong Balap

Resep Kue Pancong Balap

 

Alat dan Bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 2 butir telur yang telah dikocok
  • 125 gram gula pasir
  • ½ sdt ragi instan
  • 150 ml santan
  • Mentega atau margarin
  • 35 gram keju cheedar parut
  • Toping:
  • Keju parut secukupnya
  • Meises Coklat secukupnya
  • Susu kental manis putih atau coklat secukupnya

 

Cara Membuat Kue Pancong Balap Bekasi :

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan yang dIgunakan untuk membuat kue pancong balap
  2. Langkah berikutnya yaitu didihkan santan terlebih dahulu, setelah itu sisihkan. Sambil mendidihkan santan, campur tepung terigu dan ragi instan di suatu wadah hingga rata.
  3. Selanjutnya kocok telur bersama gula pasir hingga mengembang dan halus dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Jika dirasa sudah mengembang, turunkan kecepatan mixer menjadi sedang.
  4. Setelah itu, masukkan campuran terigu tadi sedikit demi sedikit ke dalam agar adonan benar – benar merata lalu tuang santan sambil diaduk hingga rata. Matikan mixer, lalu diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar mengembang baru kemudian masukkan keju parut. Setelah itu aduk rata.
  5. Langkah selanjutnya yaitu panaskan cetakan kue pancong lalu olesi cetakan tersebut dengan margarin. Tuang adonan ke dalam cetakan secukupnya dan jangan sampai penuh karena nanti adonan akan mengembang. Tutup cetakan lalu masak sebentar hingga kue setengah matang, angkat lalu taburi dengan toping coklat, keju dan susu kental manis diatasnya.
  6. Namun jika anda tidak suka setengah matang bisa dimasak hingga bawah kue berwarna kecoklatan, angkat, lalu siap ditaburi aneka toping seperti coklat, keju dan susu kental manis atau toping lainnya sesuai dengan selera.

 

Demikian artikel tentang resep kue pancong balap. Semoga artikel tentang resep kue pancong balap ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Comments are closed.