Resep Kue Bolu Kelapa Kering Yang Lembut Dan Empuk!!

Resep Kue Bolu Kelapa Kering Yang Lembut Dan Empuk!!

Resep kue bolu kelapa kering adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara.

Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan.

Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok :

  • Butter cake atau shortened (cream cake)

Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue.

Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.

  • Sponge cake(foam cake)

Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:

  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah

Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.

  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).

Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

Cara membuat dan bahan-bahan membuat resep kue bolu kelapa kering :

Bahan-bahan membuat resep kue bolu kelapa kering :

  1. 4 butirtelur (ukuran sedang).
  2. 100 gramtepung terigu (segitiga biru).
  3. 120 gramgula pasir.
  4. 100 gramkelapa parut (serut).
  5. 5 gramvanili bubuk

 

Cara membuat resep kue bolu kelapa kering :

  1. Pisah putih dan kuning telur kemudian taruh dalam dua mangkok yang berbeda.
  2. Masukkan 1/3 gula pasir pada putih telur dan mixer hingga mengembang dan kaku.
  3. Masukkan 2/3 gula pasir (sisanya) pada kuning telur lalu mixer hingga mengembang dan warnanya berubah lebih terang.
  4. Campur tepung terigu dan vanili bubuk, kemudian tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk pada adonan kuning telur. Selingi dengan menuangkan adonan putih telur sedikit demi sedikit.
  5. Masukkan parutan kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan lupa untuk menyisakannya untuk toping.
  6. Lapisi loyang ukuran 26x10x7 dengan kertas roti, kemudian tuang adonan. Taburi dengan sisa parutan kelapa
  7. Panggang di oven dengan suhu 170 derajat celcius dengan api atas bawah selama 40 – 50 menit (hingga kuning kecoklatan).
  8. Keluarkan dari oven dan diamkan hingga dingin.
  9. Potong kue sesuai selera dan sajikan.

 

Sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan kering lainnya.

Selan itu, kue bolu yang sudah matang dapat dibelah secara horizontal untuk diolesi krim mentega, vla, pasta coklat, krim keju, selai, atau diperciki dengan campuran sirup atau minuman keras seperti rhum.

Istilah cake sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, walaupun bahan dan teknik pembuatannya tidak seperti cake.

Cheesecake tidak termasuk kue bolu (cake), melainkan kue pai. Fried carrot cake dari Singapura dibuat adonan tepung beras dan lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng.

Dalam bahasa Inggris, rice cake adalah sebutan untuk berbagai jenis kue berbahan baku beras, sedangkan fish cake dipakai untuk kamaboko, dan kue berisi potongan ikan seperti risoles atau kroket.

 

Comments are closed.