Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah

Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah

Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah

 

Resep Kerupuk Ikan Tengiri yang Renyah

Ikan tenggiri adalah sekelompok jenis ikan yang tergolong ke dalam spesies ikan laut. Ikan tenggiri banyak disukai kebanyakan orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan masih banyak lagi olahan lainnya. Baca juga : Peluang Usaha Siomay

 

 

Manfaat dari Ikan Tenggiri dalam Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah

1. Kesehatan Saluran Kencing

Hati ikan tengiri bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita yang berusia 20-45 tahun. Bagi usia manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan secara mentah.

2. Meningkatkan kesehatan otak 

Mengkonsumsi ikan tenggiri seminggu 2 kali dapat membantu meningkatkan fungsi otak karena ikan ini mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak.

3. Menurunkan resiko penyakit kanker

Mengkonsumsi makanan hewani seperti ikan tenggiri ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker prostat.

4. Menyebuhkan Penyakit Kulit (Eksim)
Sirip ikan tenggiri ini bermanfaat untuk menyebuhkan penyakit kulit seperti luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, eksim dan banyak lagi lainnya. Tidak perlu lagi kalian membeli obat mahal untuk mengobati luka di kulit.

 

Bahan dan Bumbu dalam Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah:

 

  •  800 gr tepung tapioca
  • 300 gr gula pasir
  •  5 butir telur
  •  air secukupnya
  •  350 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  •  1 sendok makan garam
  •  5 siung bawang putih yang dihaluskan
  •  1/2 sendok teh ketumbar halus
  •  1/2 sendok teh soda kue
  •  minyak untuk menggoreng secukupnya

 

 

Cara Membuat dalam Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah:

 

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu campurkan semua bahan lalu diaduk sampai semuanya tercampur rata
  2. Kemudian uleni dengan tangan sampai adonan menjadi  kalis dan tidak lengket ditangan, bisa juga diaduk menggunakan alat pengaduk mixer roti
  3. Lalu adonan dibungkus dengan daun pisang, bentuk membentuk gulungan memanjang dan kukus selama kurang lebih 2 – 3 jam sampai adonan benar-benar matang
  4. Angkat dan dinginkan adonan lalu iris tipis, kemudian adonan di jemur sampai benar-benar kering  selama  2 – 3 hari.
  5. Panaskan minyak diatas nyala api sedang, goreng adonan yang sudah kering sampai merekah, kemudian angkat dan sisihkan.
  6. Kerupuk ikan tenggiri siap disajikan.

 

 

Perhatikan hal-hal berikut untuk memulai usaha kerupuk ikan dalam Resep Kerupuk Ikan Tenggiri yang Renyah

Bahan baku kerupuk ikan

Bahan utama dalam membuat camilan kerupuk yang nikmat ini yaitu ikan tengiri. Dimanasaat memilih ikan tengiri perlu diperhatikan mengenai kualitas ikannya. Cobalah memilih ikan tengiri yang memiliki kualitas bagus supaya nanti juga bisa memproduksi kerupuk yang lebih nikmat serta berkualitas.

Konsumen bisnis kerupuk ikan

Bisnis usaha kerupuk ikan bukan suatu hal yang sulit didapatkan. Peminat kerupuk ikan sangat  begitu besar, bahkan juga tidak terbatas baik mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Tidak ada salahnya jika anda membuka usaha kerupuk ikan ini.

Tempat bisnis kerupuk ikan

Pilihlah lokasi tempat anda berjualan yang tepat dan strategis yang banyak pengunjung. Lokasi yang cocok untuk menjualkan kerupuk ikan antara lain di dekat dekat pusat perbelanjaan, dekat kampus,  pusat kota, sekolahan dan berbagai tempat strategis yang lain yang ramai pengunjung sehingga usaha bisnis anda tidak akan sepi dari pengunjung.

Harga jual kerupuk ikan

Dalam menentukan harga, anda harus menyesuaikan dengan harga yang sebelumnya sudah ada dipasaran. Harga jual kerupuk ikan sebaiknya jangan mematok harga yang terlalu tinggi yang justru akan membuat sepi pembeli. Anda bisa mematok harga jual kerupuk ikan dengan harga mulai dari Rp. 10.000 dalam satu bungkus. Harga jual kerupuk yang terlalu murah juga yang akan menyebabkan usaha anda mengalami kerugian.

Strategi pemasaran bisnis kerupuk ikan

Pemasaran kerupuk ikan juga bisa dilakukan dengan menitipkan produk di toko-toko maupun di warung-warung. Selain itu, bias juga dengan cara menyebarkan brosur ke berbagai tempat supaya produksi kerupuk ikan yang dijalankan bisa dikenal dengan mudah dimasyarakat. Pemasaran kerupuk ikan bisa dipasarkan melalui media sosial seperti line, instagram, whats app, facebook, bbm, twitter, , dan jejaring sosial media yang lain agar lebih dikenal oleh masyarakat luar yang luas. Juga bisa dijajakan di pinggiran jalanan yang ramai orang berlalu lalang.

Tips Meningkatkan Nilai Jual Kerupuk Ikan Laut Tenggiri

Kerupuk Ikan laut tidak hanya dijual dalam keadaan mentah saja, saat ini banyak beberapa pengusaha kerupuk yang menjualnya dalam keadaan sudah digoreng, dengan maksud jika dijual dalam keadaan matang akan lebih menguntungkan dan bernilai wah.

Perhatikan teknik menggoreng kerupuk tidak mudah tengik. Juga perhatikan minyak goreng yang akan digunakan haruslah baru atau sekali pakai, jangan gunakan minyak goreng secara berulang-ulang untuk menghindari hasil yang tidak baik.

Faktor lain yang mendukung kerupuk ikan olahan hasil laut Anda adalah adalah kemasan kerupuk, ini sangat penting dalam menjamin kualitas dan juga akan menambah daya tarik pembeli. Pengemasan  yang menarik akan meningkatkan nilai jual produk Anda mencapai hinga 3 kali lipat banyaknya.

Pilih kemasan dari plastik transparan, dan informasikan nama produk dan perusahaan tempat anda membuat kerupuk olahan anda, dengan begini orang-orang akan lebih mudah mengenal usaha kerupuk anda.

 

 

Tips Mudah Memasarkan Bisnis Kerupuk

1. Promosi ke orang-orang terdekat

Tawarkan produk usaha anda kepada teman kerja Anda, teman sekolah ataupun kuliah, keluarga besar Anda, tetangga sekitar agar mendapat penilaian mengenai produk yang anda buat.

2. Menggunakan sosial media untuk memperluas pemasaran

Anda bias memanfaatkan sosial media yang berkembang saat ini untuk memperluas pemasaran bisnis Anda. Jangkauan pasarnya yang tak terbatas jarak dan waktu, serta mudahnya akses internet di sekitar kita, cukup membantu Anda untuk memasarkan bisnis sampingan di sela-sela padatnya jadwal harian yang Anda miliki.

3. Menjalin kerjasama dengan para reseller

Dengan cara bekerjasama dengan reseller tentu akan membuka peluang kerjasama dengan para reseller di berbagai daerah untuk memaksimalkan penjualan produk untuk semakin berkembang. Semakin banyak jumlah reseller anda, maka semakin besar pula penghasilan yang akan Anda dapatkan setiap bulannya.

4. Cara Titip Jual

Dengan cara ini akan banyak toko, warung, maupun pusat perbelanjaan yang menerima titipan produk dari para produsen maupun distributor. Sebab kedua belah pihak tidak akan menanggung resiko kerugian ketika barang tidak laku terjual, dan bisa mengembalikan sisa dagangan kepada para produsen maupun distributor yang bersangkutan tersebut.

5. Memilih lokasi strategis

Membuka lapak jual di halaman depan rumah tentunya akan memudahkan kita untuk memulai usaha produk kita, membuka lapak dagang di pasar setiap akhir pekan, atau mengikuti kegiatan bazaar. Ini tentu sangat membantu untuk usaha kerupuk anda bila dijual di tempat yang ramai.

Baca juga : Cara Membuat Nastar Keju tanpa Oven

Baca juga : Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Comments are closed.