Resep Keripik Singkong Pedas Gurih, Enak, Dan Bikin Nagih

Resep Keripik Singkong Pedas Gurih, Enak, Dan Bikin Nagih

Resep keripik singkong pedas gurih yang bikin semua kepincut dan paling gampang membuatnya. Singkong merupakan sumber pertama dari karbohidrat, dan berbagai nutrisi lain. Kandungan karbohidrat yang berasal di dalam singkong sangat besar dibanding beras dan jagung. tidak heran juga jika singkong sering dijadikan makanan pokok. Camilan renyah yang satu ini memang sangat cocok dimakan kapan saja.

Untuk mencoba singkong dengan cara yang berbeda, Anda bisa membuat keripik singkong ini. caranya sangat mudah sekali dan bahan yang dibutuhkan sangat gampang untuk dicari. Anda Ingin tahu bagaimana cara bikin keripik singkong yang pedas dan enak? Nih mimin kasih tau resepnya

Resep Keripik Singkong Pedas Gurih

1. Keripik Singkong Pedas Gurih

resep keripik singkong pedas gurih

Bahan-Bahan :

  • 1 Singkong yang dikupas
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 batang bawang daun iris
  • Garam, gula merah dan kaldu bubuk

Bahan Bumbu Halus :

  • 15 cabai merah
  • 3 cabai rawit
  • Bawang putih 3 siung

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Kupas singkong yang sudah dibersihkan kemudian iris tipis-tipis.
  2. Goreng keripik sampai berwarna kuning keemasan.
  3. Goreng irisan bawang daun sampai berbau wangi lalu masukan bumbu halus, tumis hingga wangi dan matang, setelah itu masukan garam, gula dan kaldu bubuk aduk hingga tercamur dengan merata.
  4. Setelah itu masukan keripik yang sudah dingin, aduk kembali sampai tercampur dengan rata. Kemudian angkat dan dinginkan, keripik singkong siap disajikan.

2. Trik Memilih Singkong Yang Berkualitas

  1. Segala jenis singkong bisa digunakan untuk membuat singkong goreng keju, baik singkong yang kuning maupun singkong yang berwarna putih kecuali singkong pandesi, karena memang singkong jenis ini termasuk jenis singkong beracun.
  2. Untuk ciri-ciri singkong yang beracun yakni memiliki kulit luarnya berwarna putih tipis, memiliki warna daun singkong hijau yang sangat tua (jika singkong masih ada di pohon) dan kadar kandungan air dalam singkong cukup tinggi.
  3. Pilih singkong gunung (singkong yang ditanam di gunung), karena singkong gunung ini nantinya kalo dijadikan camilan bisa merekah.
  4. Pilih singkong yang masih baru, dengan usia tanam 6 – 8 bulan. Tanda singkong yang masih baru yakni  memiliki kulitnya luar singkong mudah dikuliti atau mudah dilepaskan dari singkongnya.
  5. Warna kulit singkong yang cukup baik, biasanya berwarna coklat, coklat kemerahan ataupun merah maron.
  6. Singkong yang masih baik, jika singkong dipotong masih basah dan cukup mudah retak atau dipatahkan.
  7. Hindari memilih singkong yang sudah berwarna biru, atau berkayu pada bagian pangkalnya. Karena kualitasnya kurang baik bila dijadikan sebagai camilan maupun makanan.
  8. Cari singkong yang berkulit mulus, atau kulitnya tidak terluka. Karena singkong yang berkulit mulus, biasanya isinya juga mulus.

Baca juga : Resep keripik singkong pedas terenak. mau..?

3. Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

1. Sumber vitamin B

Singkong termasuk bahan pangan yang memiliki sumber vitamin B-kompleks yang sangat baik, seperti folat, piridoksin (vitamin B – 6) dan juga asam pantotenat, dan juga asam pantotenat.

2. Magenesium dan Tembaga

Mengkonsumsi singkong dapat membantu memperoleh asupan magnesium dan tembaga yang cukup besar. Diet makanan yang kaya magnesium bisa meningkatkan kesehatan seumur hidup, menurukan tekanan darah maupun bisa mengurangi resiko osteoporosis. Untuk mineral penting yang lain dapat diperoleh dari mengkonsumsi singkong yakni zat besi, mangan maupun seng.

3. Tinggi kalium

Ubi kayu ini menyediakan kalium yang sangat baik untuk tubuh sekitar (271 mg per 100 g, atau 6 % dari kebutuhan dalam setiap hari). Kalium sendiri merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang cukup bermanfaat untuk membantu mengatur detak jantung maupun tekanan darah.

Itu lah sedikit pembahasan, tentang bagaimana cara membuat resep keripik singkong pedas gurih dan lezat yang bisa kalian coba sendiri untuk camilan keluarga. semoga dapat membantu anda ketika ingin membuat keripik singkong pedas.

Comments are closed.