Resep Kakap Bakar Pedas Manis yang Jadi Hidangan Penyemangat Dalam Beraktifitas

Resep Kakap Bakar Pedas Manis yang Jadi Hidangan Penyemangat Dalam Beraktifitas

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai bumbu lele bakar arang. Nah di artikel kita kali ini akan membahas resep kakap bakar pedas manis yang tentunya bisa manjadi penyemangat dalam beraktifitas seharian. Sebelum kita membahas mengenai resep kakap bakar maka kita akan membahas mengenai apa sih ikan kakap dan juga manfaaat dari ikan kakap apabila dikonsumsi. Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Ikan Kakap

Kakap merupakan salah satu familia ikan laut yang hidupnya selalu berkelompok pada dasar dari karang maupun terumbu karang. Ikan ini memiliki ciri tubuhyang cenderung bulat serta pipih dan juga memiliki sirip dengan bentuk memanjang yang berada di sepanjang punggungnya. Jenis dari ikan kakap yang sering ditemukan di Indonesia yaitu ikan kakap merah (L. campechanus) dan juga beberapa jenis lainnya yaitu kakap hitam, kakap kunng dan sebagainya.

Salah satu jenis dari kakap yaitu ikan kakap merah merupakan salah satu fauna yang khas dari provisi Kepulauan Riau. Dikarenakan banyaknya populasi serta ikan ini banyak dijadikan makanan oleh penduduk sekitar.

Terdapat dua pulau yang dijadikan pulau utama sebagai pengembangan budidaya kakap putih di laut. Hal ini ditetapkan oleh pemerintah indonesia, pulau yang terpilih yaitu sumatera dan juga kalimantan. Dua pulau tersebut dipilih agar nantinya diharapkan dapat membantu produksi dalam perikanan budi daya dengan skala nasional.

Ikan kakap selain terdapat atau bisa hidup di air laut, ikan kakap putih juga bisa dikembangkan atau dibudidayakan pada air payau. Pengembangan ini dilakukan pada kab. Demak, Jawa Tengah dan juga kab. Pinrang, Sulawesi Selatan. Hal ini juga diharapkan agar dapat membantu dalam peningkatan kesejahteraan para pelaku budidaya ikan kakap dikarenakan ikan kakap putih ini mempunyai nilai ekonomi yang terbilang cukup tinggi.

 

Manfaat Ikan Kakap

  • Dapat Mendukung Pertumbuhan Serta Perkembangan Pada Tubuh

Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan kakap yaitu adanya sumber asam lemak omega 3. Kandungan ini berguna dalam membantu tumbuh dan juga kembang pada bagian keseluruhan dari tubuh. Manfaat lainnya yaitu dapat mebantu dalam peningkatan kesehatan otak dan juga mata. Kandungan ini juga sangat bagus dalam mengurangi adanya kanker, Alzheimer, autoimun, peradangan, sindrom pada metabolisme, jantung, penurunan mental, gelisah, serta gejala depresi.

  • Memiliki Peran Sebagai Antioksidan

Terdapat kandungan selenium pada ikan kakap yang dapat membantu fungsi dari sel darah putih yang diperlukan pada kelenjar tiroid supaya bisa bekerja. Selenium ini juga berfungsi sebagai antioksidan dalam mencegah dari terjadinya paparan radikal bebas yang dapat merusak DNA.

  • Membantu Metabolisme serta Fungsi Kinerja pada Tubuh

Ikan kakap ini mengandung protein tinggi yang bagus dalam memenuhi kebutuhan protein pada tubuh. Protein yang tinggi bisa membantu metabolisme serta fungsi kerja pada tubuh yang nantinya dapat mengurangi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, masalah pada ginjal dan lain sebagainya.

  • Membantu Kesehatan Mata Serta Dapat Mencegah Penyakit

Pada satu porsi kakap terdapat 14 % vitamin A yang dibutuhkan sebagai asupan harian. Vitamin A ini sangat baik bagi kesehatan karena dapat memperkuat kekebalan pada tubuh, kesehatan pada mata, kepadatan pada tulang serta kesehatan di reproduksi.

  • Dapat Mencegah Terjadinya Anemia

Hal ini dikarenakan ikan kakap mengandung vitamin B12 yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi dari sel darah merah.

  • Dapat Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Pada ikan kakap terdapat EPA (asam eikosapentaenoat) dan juga DHA (asam docosahexaenoic) yang bagus untuk menurunkan adanya risiko terjadinya penyakit jantung serta darah tinggi.

  • Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kakap merupakan salah satu dari jenis ikan yang memiliki rendah kalori. Hal ini dikarenakan ikan kakap dapat memenuhi 44 % dari rekomendasi asupan yang diharuskan perharinya.

 

Resep Kakap Bakar Pedas Manis

Bahan Utama

  • 1/2 kg Ikan Kakap segar
  • 3 sendok makan margarin
  • Kecap manis secukupnya
  • 500 ml air
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa, diiris tipis secukupnya

Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 cabe merah keriting
  • 1 ruas jari jahe, diparut
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Resep Kakap Bakar Pedas Manis

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan ikan kakap dan juga membuang bagian isi dari perutnya. Lalu ikan kakap diiris pada bagian tengah dari ikan. Hal ini dilakukan karena supaya nantinya bumbu yang dioleskan dapat meresap kedalam ikan kakap. Kemudian ikan di cuci bersih dan dilumuri dengan menggunakan air dari perasan jeruk nipis hingga merata seluruhnya dan diamkan sekitar kurang lebih 5 menit.
  2. Setelah itu siapkan wajan dan panaskan margarin di dalamnya. Kemudian tumis bumbu halus yang telah disiapkan hingga timbulnya roma yang wangi. Lalu masukkan garam serta gula jawa dan juga air secukupnya. Tumis bahan tersebut hingga mendidih.
  3. Kemudian masukkan ikan yang telah disiapkan lalu beri kecap. Masak ikan kakap hingga bumbu tersebut meresap. Setelah ikan cukup matang maka ikan bisa diangkat dan juga ditiriskan.
  4. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan alat bakaran atau alat pemanggang. Setelah alat pemanggang siap maka ikan bakar bisa dibakar, saat dibakar jangan lupa untuk membolak balik supaya ikannya matang sempurna. Ikan juga dibakar sembari dilumuri dengan menggunakan sisa dari bahan bumbu.
  5. Apabila ikan sudah terlihat matang serta mengeluarkan aroma lezat maka ikan siap diangkat dan juga disajikan.
  6. Ikan kakap bakar pedas manis bisa disajikan dengan sambal maupun nasi hangat.

 

Setelah kita membahas mengenai resep kakap bakar, manfaat dari ikan kakap serta resep kakap bakar pedas manis, maka kita bisa mencoba memasak ikan kakap bakar pedas manis dirumah. Tidak hanya membuat bisnis sosis bakar, kita juga bisa membuat bisnis dari kakap bakar seperti resep pada artikel ini. Begitu banyak peluang untuk membuat bisnis kecil-kecilan dirumah dengan modal yang tidak begitu banyak. Semoga artikel ini dapat berguna dan selamat mencoba!

Comments are closed.