Resep Bakso Ikan Tenggiri Untuk Anak

Resep Bakso Ikan Tenggiri Untuk Anak

Resep Bakso Ikan Tenggiri Untuk Anak – Setiap orang tua khususnya para ibu pasti meginginkan asupan gizi sang buah tercukupi. Salah satu sumber nutrisi yang sangat baik bagi kecerdasan dan tumbuh kembang anak adalah ikan. Namun sayangnya ada sebagian anak-anak yang tidak suka makan ikan, tapi sekarang para ibu tidak perlu khawatir, anda biasa megakalinya dengan mengkreasikan ikan menjadi bakso.

Bakso biasanya disukai anak-anak. Dengan megkreasikan ikan menjadi bakso itu akan meningkatkan nafsu makan anak-anak, yang tadinya tidak suka ikan akan senang makan bakso ikan ini. Anda biasa membuat bakso ikan sendiri sesuai selera. Jika anda ingin membuatnya pilihlah dulu ikan yang mudah diolah menjadi bakso, salah satunya yakni ikan tenggiri. Tekstur daging ikan tenggiri yang banyak seratnya cukup mudah diolah menjadi bakso.

Cara membuat bakso ikan tenggiri cukup sederhana dan mudah. Kami akan membagikan resep bakso ikan tenggiri untuk anak ini kepada anda. Anda bisa mencoba resep bakso ikan tenggiri untuk anak ini sendiri di rumah dan hidangkan untuk buah hati serta kelurga anda. Keluarga sehat, andapun bahagia.

Baca Juga : 5 Resep Bakso Ikan Tenggiri, Dijamin Enak dan Bikin Nagih

 

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Anak

Sebelum membahas resep bakso ikan tenggiri untuk anak sebaiknya kita mengetahui dulu apa saja manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan khususnya untuk anak-anak. Berikut adalah manfaatnya

1. Meningkatkan kecerdasan dan kualitas tidur

Studi yang dipublikasikan oleh Scientific Report menemukan keterkaitan antara kandungan omega-3 pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan dan kualitas tidur. Omega-3 merupakan asam lemah tak jenuh esensial yang dapat ditemukan pada ikan.

2. Meningkatkan imunitas

Anak yang rutin mengonsumsi ikan, memilki kadar protein yang lebih tinggi yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuh lebihh baik dari pada anak yang jarang mengonsumsi ikan.

3. Memperbaiki penglihatan

DHA (omega-3) telah terbukti membantu menajamkan penglihatan pada anak.

4. Mencegah eksim/peradangan kulit

Sebuat studi di Swedia menyebutkan bahwa, kandungan omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan dibagian tubuh, terutama kulit. Rutin mengonsumsi ikan akan membantu melindungi anak dari risiko alergi dan peradangan kulit.

 

Resep Bakso Ikan Tenggiri Untuk Anak

resep bakso ikan tenggri untuk anak

Bahan-Bahan :

  • Daging ikan tenggiri halus 1 kg
  • Tepung kanji 250 gram
  • Telur ayam 5 butir (ambil putihnya)
  • Daun Bawang (rajang halus)
  • Mie
  • Air es 100 cc
  • Minyak goreng 5 sdt
  • Merica bubuk 2,5 sdt
  • Bawang puting 10 siung
  • Kecap ikan 3 sdt
  • Garam
  • penyedap rasa

Cara Membuat :

  1. Daging ikan dicamour dengan air es dan putih telur lalu aduk sampai rata. Minyak dimasukkan terus bumbu-bumbu bakso serta daun bawang, aduk sampai adonan tercampur rata.
  2. Tepung dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan tercampur.  Sisihkan.
  3. Panaskan air dengan air kecil. Ambil adonan bakso tenggiri lalu genggam dan bentuk bulat dengan cara menekan ibu jari dan telunjuk. Masukkan adonat bulat bakso kedalam panji berisi air panas, lakukan sampai adonan habis kemudian rebus bakso dengan api yang lebih besar sampai bakso matang dan mengapung.
  4. Membuat Kuah Bakso Ikan Tenggiri : Rebus air lalu tambahkan bumbu kuah bakso sampai mendidih kemudian matikan api, taburkan bawang putih goreng diatasnya.
  5. Sajikan bakso ikan tenggiri dengan kuah bakso dan bahan pelengkap yang anda inginkan.

 

Itualah resep bakso ikan tenggiri untuk anak, dijamin anak anda yang dulunya susah makan ikan kini anak akan lahab memakan bakso ikan ini. Jadi sekarang anda tidak khawatir lagi akan asupan gizi buah hati anda. Jadikan keluarga anda hidup sehat dengan rutin mengonsumsi ikan. Anda juga biasa baca Resep Bakso Pedas Mercon, yang Suka Pedas Wajib Coba..

 

Comments are closed.