Resep Arum Manis Special Untuk Anda

Resep Arum Manis Special Untuk Anda

Resep arum manis ini banyak ada karena makanan ini yang sangat menarik hati. Warnanya yang sangat menarik, dan rasanya yang manis dan mudah dimakan banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran bila saat ini bisnis arum manis tidak hanya dijalankan pada saat ada pasar malam saja, namun sudah berkembang menjadi salah satu peluang usaha modern dengan munculnya berbagai penawaran bisnis waralaba arum manis.

Uniknya, ketika Anda makan arum manis tersebut, maka akan meleleh dan terasa sensasi lengket dimulut karena memang bahannya berasal dari gula murni. Arum manis yang bersifat higroskopis akan menjadi keras dan kasar ketika terkena udara secara langsung. Baca juga yaaa Awas! Ini Dia Cara Membuat Arum Manis Tradisional

 

resep arum manis

Resep Arum Manis

Ini dia bahan dan cara pembuataan arum manis menurut tehnoblogija:

Bahan Arum Manis

  • Gula pasir 800 gram atau 4 cangkir
  • Sirup jagung 40 ml atau 1 cangkir
  • Air bersih 40 ml atau 1 cangkir
  • Garam halus ¼ sendok makan
  • Ekstrak rasberi 1 sendok makan atau 5 ml
  • Pewarna makanan atau pasta warna merah muda

Cara Membuat Arum Manis

  1. Siapkan panci berukuran besar, masukkan gula pasir, sirup jagung, garam halus, dan air. Masak atau rebus dengan menggunakan api sedang. Aduk – aduk sampai semua bahan larut. Rebus sampai mendidih lalu angkat. Sebaiknya gunakan kuas pastry untuk membasuh bagian sisi dalam panci untuk menghindari terbentuknya kristal gula.
  2. Panaskan kembali larutan gula pada suhu 160 derajat celcius, ukur menggunakan termometer permen. Selanjutnya tuangkan adonan panas ke dalam wadah yang memiliki bentuk tidak terlalu dalam dan tahan panas. Masukkan ekstrak rasberi dan pewarna makanan, aduk – aduk sampai merata.
  3. Letakkan kertas di meja atau bisa juga di lantai
  4. Mulailah untuk memutar gula dengan menggunakan stik lolipop. Kemudian celupkan sodet ke dalam larutan gula angkat lalu tahan di atas panci agar gula menetes ( sekitar 2 detik ). Selanjutnya tahan larutan gula di atas kertas sekitar 30 cm di atas kertas. Ayunkan sodet ke depan dan belakang agar terbentuk untaian gula yang tipis. Ulangi beberapa kali sampai Anda mendapatkan sekumpulan putaran gula.
  5. Selanjutnya mulailah untuk membungkus gulali. Bungkus menggunakan plastik lalu ikat menggunakan tali sampai rapat.
Comments are closed.