Permasalahan Dana Desa Dan Solusinya

Permasalahan Dana Desa Dan Solusinya

permasalahan dana desa dan solusinya – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Mukhamad Misbakhun mengatakan, ada permasalahan yang sangat mendasar dalam implementasi Undang Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, yakni pengelolaan dana desa yang ternyata ada masalah kelembagaan yang sangat mendasar yang belum soft. Sebelumnya, Misbakhun sempat bingung ketika pimpinan Baleg mengatakan ingin memperdalam materi pembahasan sebelum mengundang menteri.

Permasalahan Dana Desa Dan Solusinya

permasalahan dana desa dan solusinya

Menurutnya, permasalahan yang paling mendasar adalah ambiguitas pelaksanaan dari UU tersebut, yang didalamnya ada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa dan PDT. Kemudian, dari sistem keuangan yang ada sebagaimana mandat UU, bagaimana dengan transfer dana desa ini, karena ada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sejak awal tidak rela.

“Ini kan harus diselesaikan struktur ambiguitasnya,” kata Misbakhun pada rapat dengar pendapat Baleg dan Kemendes di Gedung DPR Senayan, Rabu (01/02/2017).

Dikatakan Misbakhun, di DPR sendiri ada tarik menarik antara komisi II dan komisi V yang belum selesai. Secara kelembagaannya, Baleg didorong untuk menyelesaikan, dan yang bisa menyelesaikan permasalahan itu adalah dorongan secara politik. “Saya yakin dengan pak Dirjen dan Sekjen sangat menguasai permasalahan. Namun, permasalahan ini bukan selesai di Direktorat Jenderal (Ditjen), dan Kesekjenan, tapi di politik ini,” ujarnya.

baca juga Permasalahan Dana Desa

Adanya simpang siur tupoksi, seperti kewenangan UU Desa ada diKemendagri, secara aturan di Kemendes, tetapi secara pelaksanaan program ditempat lain. Fakta itu, kata dia, yang bisa menyelesaikan adalah politik. “Kita harus hadirkan Kemendagri, Kemendes, Kemenkau. Kita selesaikan di sini politiknya dengan keputusan yang solutif,” tambahnya.

Politisi Golkar itu mengingatkan, prinsip akuntabiltas harus menjadi sebuah kesatuan yang holistik, komprehensif dan menyeluruh diselesaikan di tingkat politik. “Permasalahannya sangat struktural meyangkut ego sektoral dari Kemenkeu, di Kemendagri, dan Kemendes. Untuk solusi penyelesaian ego sektoral, hanya politik yang dapat menyelesaikan itu. Politiklah yang harus menjadi solusi itu,” katanya.

sekian dan terimakasih mengenai Permasalahan Dana Desa Dan Solusinya semoga bermanfaat. untuk info menarik lain nya silakan klik disini di jamin bermanfaat

Comments are closed.