Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pengelolaan lingkungan hidup sangat perlu sekali untuk kita mengetahuinya dan sangat perlu sekali untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari tentunya. Bukan hanya pengelolaan lingkungan hidup namun juga kita perlu mengelola sampah yang ada atau sampah yang kita hasilkan dalam kehidupan ini.

Pengelolaan lingkungan hidup adalah cara kita menjaga dan memelihara lingkungan yang  disekitar kita. Pengelolaan lingkungan hidup ini sangat kita perlukan untuk melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan ekosistem berjalan dengan semestinya.

Penyebab tercemarnya lingkungan kerap kali disebabkan oleh menumpuknya sampah yang dibuang sembarangan oleh orang – orang yang tak peduli terhadap lingkungan. Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau yang tak sedap dan tak baik untuk kesehatan manusia dan hewan yang berada di sekitar tumpukan sampah tersebut.

Bukan hanya pada pada tumpukan sampah saja melainkan juga sampah yang dibuang di sungai atau laut bahkan membuang sampah dengan cara ini lebih membahayakan dibanding dengan yang membuang sampah pada daratan karena membuang sampah ke air bisa mengakibatkan hewa yang ada di dalam air seperti ikan dan lainnya.

Kesulitan dalam mencari makanan dan banyak juga hewan air tawar maupun laut menelan plastik dan ini mengakibatkan hewan tersebut mati dan terdampar di pesisir pantai. Sudah banyak orang yang peduli terhadap hal tersebut tapi juga masih ada saja orang yang membuang sampahnya secara sembarang tempat.

Bukan hanya masalah sampah saja yang bisa merusak lingkungan tapi juga seperti menebang hutan dan lainnya juga bisa menyebabkan akibat yang fatal terhadap lingkunan dan makhluk hidup yang tinggal dan hidup di dalam lingkup tersebut.

Berikut adalah beberapa cara pengelolaan lingkungan hidup.

Tidak membuang Sampah Sembarang tempat

Yang pertama tentunya tidak membuang sampah dengan sembarang tempat agar lingkungan yang kita jadikan tempat tinggal tidak tercemar oleh hadirnya sampah yang sangat banyak dan alam pun menjadi sulit untuk menampung sampah yang kita hasilkan.

Baik sampah organik ataupun anorganik tetap saja kita tidak boleh membuang sampah tersebut secara sembarang tempat. Dengan dilakukannya pengelolaan sampah yang baik tentu lingkungan yang kita jadikan tempat tinggal nantinya juga tidak akan tercemar. Pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan cara berbagai macam.

Jika sampah organik kita bisa mengelolanya dengan cara membuat pupuk dari sampah organik yang dihasilkan dari makhluk hidup seperti sampah dedaunan dan lain sebaagainnya. Nah untuk sampah yang berjenis sampah anorganik bisa kalian lakukan dengan daur ulang sampah tersebut.

Misalnya sampah plastik yang dijadikan biji plastik daur ulang, biasanya pada proses mendaur ulang sampah plastik pada tahap awalnya dengan mencuci dan mencacah plastik menggunakan mesin pencacah plastik.

Setelah sampah tersebut dicacah akan dilebur dan dicetak menggunakan mesin lain, sebelum nantinya menjadi biji plastik daur ulang. Namun cara tersebut terlalu banyak proses bagi kalian yang ingin mendaur sampah plastik secara simple.

Jika kalian ingin daur ulang yang mudah bisa dengan cara membuat kerajinan dengan sampah anorganik ini.

Melakukan Reboisasi

Seiring bertambahnya kebutuhan terhadap penggunaan kayu hutan sebagai parabotan rumah atau pun sebagi bahan bangunan tentu kita akan membutuhkan beda yang bernama kayu. Nah kayu ini tentu akan diambil dari hutan, Kayu yang ada dihutan jika ditebangi terus menerus tentunya kan mengurangi resapan air dan udara jadi panas.

Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi kalian bisa mengelolanya dengan cara melakukan reboisasi terhadap hutan yang kalian tebang.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Comments are closed.