Kiat-kiat Bisnis Olahan Dari Kelapa Tua!

Kiat-kiat Bisnis Olahan Dari Kelapa Tua!

Olahan dari kelapa tua – Segarnya kelapa dari yang muda sampai yang tua ternyata bisa diolah menjadi lebih menguntunkan. Kelapa yang selain enak untuk dikonsumsi sehari-hari dan berkhasiat bagi tubuh ternyata bisnis kelapa juga cukup menjanjikan.

Tidak hanya kelapa yang muda, kelapa tua pun ternyata juga bisa sangat berharga serta dapat dijadikan bisnis yang menghasilkan uang.

Tidak heran jika banyak yang berpendapat bahwa bisnis kelapa merupakan bisnis yang tidak sia-sia karena tidak ada yang terbuang dan tidak bernilai. Kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari bagian buah, batok/kulit keras sampai limbah yang berupa serabut sekalipun.

Air kelapa bisa dikonsumsi sebagai minuman berkhasiat penambah energi atau untuk detoksifikasi. Sedangkan pada daging buahnya bisa dijadikan bahan konsumsi baik dimakan langsung. Bisa juga untuk menjadi santan atau minyak yang berkhasiat bagi kesehatan.

Oleh karenanya bagi yang ingin memulai bisnis kelapa muda atau kelapa tua sekalipun dapat menjadi pilihan bisnis menguntungkan bagi anda.

 

Baca: Olahan Kelapa Muda Ekonomis Hingga Manis

 

Kiat-kiat Bisnis Olahan Kelapa Tua Yang Menguntungkan

Niat

Awal dalam memulai berbisnis harus disertai dengan niat yang kuat untuk berbisnis. Niat yang kuat dalam bisnis akan dapat menggerakkan seseorang untuk tetap berada di jalur bisnis yang sedang dimulai.

Bisnis kelapa memang menjanjikan, akan tetapi harga pasar dari kelapa yang berubah serta selalu mengalami dinamika. Dinamika tersebut akan membuat seorang pengusaha pemula untuk mundur jika tidak memiliki mental kuat dalam menjalani bisnis kelapa tua ini.

 

Buat Jaringan Dengan Petani

Jika anda tidak memiliki cukup modal ataupun tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertanam kelapa sendiri secara mandiri maka anda dapat membuat jaringan yang saling menguntungkan dengan petani kelapa.

Hal tersebut akan berguna, tentunya juga tidak akan ada banyak tangan yang akan tambah membuat harga kelapa lebih mahal. Maka dari itu cobalah untuk tidak secara langsung mengambil kelapa dari para petani kelapa.

 

Kenali Pasar

Untuk menjadi sukses dalam dunia bisnis, mengenali pasar ataupun tahu dengan pasti target pasar potensial yang menguntungkan bagi bisnis anda memang merupakan hal yang mutlak yang harus dikuasai oleh pengusaha.

Tak kalah pentingnya untuk menganalisa pasar terlebih dahulu sebagai langkah awal sebelum memulai terjun dalam dunia bisnis termasuk bisnis kelapa tua.

 

Baca Juga: Macam-macam Produk Olahan Kelapa Kreatif!

 

Manfaatkan Semuanya (Jadilah Kreatif)

Bisnis kelapa tua memang merupakan bisnis yang tidak mengherankan jika disebut sebagai bisnis yang tidak sia-sia karena setiap bagian kelapa dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomi.

Contonya, kelapa tua dapat dijual secara langsung dalam bentuk bijian, parutan ataupun sedikit pengolahan dalam bentuk santan.

Tidak hanya daging kelapa tua, air didalamnya pun bernilai karena berkhasiat bagi kesehatan bahkan kulit luar yang berupa kulit keras (batok) juga dapat dijadikan bahan kerajinan.

Selain batok kelapa, kulit yang berupa serabut dari kelapa tua juga dapat dimanfaatkan untuk kerajinan alat-alat rumah tangga di Indonesia.

Berbeda dengan di luar negeri, pemanfaatan kulit luar kelapa tua yang berupa serabut akan berkembang lebih luas karena peranan teknologi modern.

Serabut kelapa tua tersebut dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku karpet, jok, dasboard kendaraan serta masih banyak lagi olahan dari kelapa tua yang lainnya.

Hal tersebut yang menjadikan serabut kelapa tua menjadi salah satu komoditi ekspor yang bisa memberikan keuntungan cukup besar karena harganya yang cukup mahal.

 

Jadilah Pengekspor Yang Terpercaya

Apabila saat ini kondisi harga dalam negeri terlihat kurang memuaskan untuk pasaran harga kelapa tua seperti serabut kelapa tua maka jadilah pengekspor kelapa tua yang terpercaya.

Jagalah kualitas serabut kelapa tua yang anda jual maka para importir di luar negeri pun akan menjadikan anda rekan bisnis.

Langkah lain juga yang dapat dilakukan yanki mengajak para petani untuk bermitra.  Anda dapat mengumpulkan serabut kelapa tua serta dapat bertindak sebagai pengepul dalam bisnis kelapa tua ini.

Cobalah untuk memberikan mereka (para petani) harga yang menarik dan bekerja sama dengan sistem yang baik. Para petani tentu tidak akan ragu untuk bekerja sama sehingga sebagai pengekspor anda dapat selalu menyediakan kebutuhan pasar.

 

Begitulah hal yang harus anda mulai dan tanamkan sebagai pebisnis pemula. Sebagai pebisnis pemul anda juga harus menjalankan kiat-kiat yang menjadi poin penting untuk mencapai kesuksesan. Semoga bermanfaat bagi usaha anda!

Comments are closed.