Tips Dan Cara Merawat Ayam Potong Bagi Pemula Yang Baik

Tips Dan Cara Merawat Ayam Potong Bagi Pemula Yang Baik

Merawat Ayam Potong – Bagi kebanyakan orang tentu lebih memilih daging ayam karena harga lebih murah. Sehingga usaha ternak ayam potong sangat menguntungkan. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang tips dan cara merawat ayam potong apalagi bagi pemula.

Tips Merawat Ayam Potong

ternak ayam

Minggu Pertama

Pada minggu pertama, pindahkan anak ayam ke tempat pemanas lalu berikan air minum hangat dicampur dengan gula (hanya pada hari-1). Setelah hari ke-1, bisa menggunakan air biasa saja. Berilah pakan awal untuk DOC yang berbentuk butiran – butiran kecil atau crumbles. Jumlah pakan yang diberikan minimal 13 gram per ekor atau 1.3 kg untuk kebutuhan 100 ekor ayam. Hari keempat adalah waktunya vaksin.

Minggu Kedua

Pemanas bisa diturunkan suhunya. Jumlah pakan minggu kedua yakni 33 gr perekor.

Minggu Ketiga

Pada saat siang hari pemanas sudah bisa dimatikan. Berikan pakan dengan jumlah 48 gr per ekor. Dan pada minggu ini lakukan vaksin kedua menjelang hari ke-21.

Minggu Keempat

Karena bulu ayam mulai lebat sehingga cukup menghangatkan tubuh sendiri, maka pada minggu keempat pemas bisa dihilangkan. Berikan pakan sesuai kebutuhan, ialah 65 gr per ekor, serta lakukan pengecekan berat badan pada hari ke-28 agar kita tahu pertumbuhan ayam. Berat badan ayam yang normal pada umur ini adalah sekitar 1.25 kg.

Minggu Kelima

Pada minggu kelima, jumlah pakan yang harus diberikan semakin banyak yakni 88 gr per ekor. Perlu pengadukan yang rata dalam pemberian pakan serta perlu penambahan alas lantai agar tetap kering dan bersih.

Minggu Keenam

Minggu keenam, ayam siap panen. Jaga lantai supaya tetap dalam keadaan kering dan bersih. Pada umur ini berat ayam bisa mencapai 2.25 kg bahkan lebih.

Itulah tadi tips dan cara sukses ternak ayam potong. Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain tentang Usaha Ternak Ayam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan, terutama bagi yang akan memulai usaha ternak ayam potong. Terimakasih! Sukses selalu yaa…

Baca Juga : Merawat Ayam Potong

Comments are closed.