Mau Tau Resep Wingko Babat Lamongan? Yuk Simak . .

Mau Tau Resep Wingko Babat Lamongan? Yuk Simak . .

Wingko Babat merupakan salah satu makanan tradisional asli dari Indonesia. Makanan sejenis kue ini merupakan makanan yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Kue ini banyak dijual di stasiun kereta api, stasiun bus serta di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.

Makanan manis ini sering disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil dengan bentuk bundar. Wingko Babat dapat dijual dalam bentuk bundar besar atau dapat berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas.

Kue ini memiliki kombinasi rasa manis dari gula dan rasa gurih dari kelapa yang menjadikan kue ini nikmat untuk disantap sebagai teman minum teh atau kopi. Harga makanan ini juga dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Jika Anda memang penggemar kue ini, ada dua macam jenis Wingko babat yang cukup terkenal, yaitu Resep Wingko Babat Semarang dan Wingko Babat Lamongan. Akan tetapi sebenarnya kedua resep tersebut mempunyai bahan – bahan dan cara membuatnya yang bisa dibilang hampir sama.

Kue asli Indonesia ini memang enak dan mempunyai cita rasa yang khas sehingga banyak penggemarnya. Bentuknya yang lumayan kecil dengan rasanya yang manis dan legit, membuat Wingko Babat menjadi salah satu oleh – oleh yang cukup terkenal di kota Semarang.

Kota Semarang dikenal sebagai kota yang banyak memproduksi wingko babat. Hal ini yang menyebabkan banyak orang mengira bahwa wingko babat berasal dari kota ini. Walaupun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Kota Babat.

Kota Babat merupakan daerah kecil di Kota Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah sebuah kota yang menjadi titik persimpangan Kota Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Kota Babat merupakan kota yang lebih kecil dibandingkan dengan Semarang, sedangkan Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Kota ini memiliki banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang.

Bahan pembuatan wingko seperti Kelapa banyak  diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini. Saat ini wingko babat adalah makanan yang terkenal di Kota Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar ukuran yang dijual.

Berikut ini kami rangkumkan resep wingko babat lamongan :

Bahan-bahan

  • 250 gr Kelapa sedang atau setara setengah butir kelapa (cenderung muda diparut panjang )
  • 120 gr Tepung ketan
  • 100 gr Gula pasir
  • ½ sendok teh Garam
  • Vanili bubuk ½ ssendok teh
  • 1 butir Telur (bisa juga diganti dengan putih telur 2 butir)
  • 100 ml santan kental
  • Sedikit minyak untuk mengoles cetakan

 

Langkah – langkah cara membuat wingko babat lamongan

  1. Dalam wadah masukkan kelapa parut, garam, vanili bubuk, dan gula pasir. Aduk adonan dan remas-remas dengan tangan steril sampai gula larut.
  2. Masukkan tepung ketan. Aduk dan remas kembali sampai rata menjadi satu.
  3. Setelah itu masukkan telur. Aduk merata.
  4. Terakhir tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil di aduk rata (masih dengan tangan), lakukan sampai santan habis.
  5. Seperti ini nanti hasil akhirnya. Adonan siap di panggang
  6. Panaskan cetakan atau teflon dengan api kecil. Aku menggunakan cetakan kue lumpur.
  7. Setelah panas, olesi dengan sedikit minyak.
  8. Beri adonan secukupnya, tidak terlalu tebal juga tidak tipis (aku, 1 1/2 sdm adonan).
  9. Panggang sambil di bolak-balik biar matang merata dan yang paling penting tidak bau tepung.
  10. Setelah matang, angkat dan sajikan.
  11. Matang sampai ke dalam karena di panggang api kecil dan seringnya di bolak-balik.
  12. 1 resep jadi 10 keping wingko

Baca Juga : Harus Dicoba Resep Kue Tart Sederhana Untuk Pemula Yang Gampang

Comments are closed.