Manfaat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

Manfaat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

Apakah Anda pernah mendengar nama Minyak Klentik? ingin mencari tahu manfaat minyak klentik? di dalam artikel ini saya akan memaparkan berbagai manfaat minyak klentik untuk ibu hamil. Simak terus yaa!!

manfaat minyak klentik untuk ibu hamil

Beberapa dari kita pasti pernah tahu mengenai Minyak klentik atau kletik ini. Hal ini disebabkan karena minyak klentik sering digunakan dalam berbagai keperluan dengan tujuan memasak  maupun dengan tujuan kesehatan untuk perawatan kulit.

Minyak klentik adalah produk yang berasal dari daging buah kelapa yang diolah menggunakan cara basah.

Menurut prinsipnya pembuatan minyak klentik metode basah melewati tahap pembuatan santan.

Pembuatan menggunakan metode basah melalui tiga tahap yaitu: pembuatan santan, memisah kandungan santan menjadi skim dan krim, juga menghancurkan emulsi dari santan agar menjadi minyak. Proses pembuatan minyak kelapa menggunakan metode basah bisa menghasilkan produk jadi berbentuk minyak kelapa atau klentik.

Klentik adalah minyak kelapa yang diproses melalui cara tradisional menggunakan metode basah, biasanya memiliki kandungan air 0,10 sampai 0,11%, dan kandungan asam lemak bebas 0,08 sampai 0,09%.

Apabila minyak klentik disimpan selama satu bulan menggunakan tempat penyimpanan yang tembus cahaya, maka kandungan air dan asam lemak bebas akan bertambah masing-masing menjadi 0,15 sampai 0,16% dan 0,12 sampai 0,13%.

Jika minyak klentik disimpan selama dua bulan, maka minyak akan berubah menjadi tengik yang ditandai dengan meningkatnya kandungan air 0,18 sampai 0,20% dan asam lemak bebas 0,16 sampai 0,18%.

Klentik Adalah Minyak Nabati Kaya Akan Asam Lemak Rantai Medium Yang Mampu Mencapai Hingga 61,93%

Asam laurat adalah asam lemak rantai medium dengan perbandingan paling tinggi pada minyak kelapa. Asam lemak rantai medium berperan baik dalam kesehatan manusia.

Minyak ini dibuat menggunakan santan buah kelapa yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Minyak ini bukanlah minyak goreng dalam kemasan yang dibuat dari bahan kelapa sawit dan sering dijual warung atau swalayan.

Manfaat Minyak Klentik Untuk Ibu Hamil

manfaat minyak klentik untuk ibu hamil

Memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, berikut manfaat minyak klentik untuk ibu hamil:

1. Menjadi Suplemen Kesehatan

Anda dapat menggunakan satu sendok minyak klentik untuk tambahan makanan atau minuman favorit anda.

Berdasarkan Katie Wells seorang konselor gizi yang berasal dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa minyak klentik memiliki kandungan lemak sehat yang sangat berguna bagi ibu dan janin yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil juga mempunyai sifat menambah kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak bayi, dan ikut memengaruhi pada kualitas ASI di saat seorang ibu sedang menyusui.

Minum minyak klentik kurang lebih dua sendok dalam sehari diyakini mampu memberikan kekebalan tubuh pada masa kehamilan. Ibu dan si bayi dapat terhindar dari pilek, flu, dan penyakit umum lain-lainya.

2. Memiliki Sifat Anti Infeksi

Kandungan minyak klentik bagi ibu hamil ternyata sangat bagus dalam mencegah berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Karena kekebalan tubuh yang meningkat maka ibu dan bayi dapat terhindar dari pilek, flu dan penyakit lainnnya.

3. Mencegah Stretch Mark dan Meredakan Kulit Gatal

Disaat hamil, kulit di sekitar perut akan terjadi peregangan. Berdasarkan Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, peregangaan akan membuat kulit terasa gatal dan jika anda menggaruknya maka akan meninggalkan bekas berupa stretch mark.

Anda dapat mengoleskan minyak klentik untuk mencegah bekasnya.

Dikutip dari New Health Advisor, minyak klentik dapat menembus kulit yang lebih dalam. Yang berati, Minyak klentik dapat anda gunakan sebagai pencegah terjadinya stretch mark, dan memungkinkan untuk membantu menyamarkannya di kemudian hari.

Itulah alasan kenapa manfaat minyak klentik untuk ibu hamil ini tak kalah menarik.

4. Sumber Asam Laurat

Minyak klentik menjadi sumber asam laurat terbaik setelah ASI. Yang menjadikan manfaat minyak klentik untuk ibu hamil lainnya.

Asam laurat dapat meningkatkan produksi ASI sebelum dan sesudah kelahiran si bayi. Sehingga si bayi memperoleh ASI berkualitas tinggi yang menjadikan si bayi tetap sehat

5. Mencegah Lingkaran Bawah Mata

Apakah anda tahu? Minyak klentik bisa menghapus makeup dan menjadi pelembap yang bagus. Yang menjadikannya manfaat minyak klentik untuk ibu hamil selanjutnya.

Dikutip dari Women’s Health, dikatakan bahwa minyak klentik juga bisa membantu mencegah lingkar hitam yang mengganggu penampilan di bawah mata yang disebabkan oleh kurangnya tidur di masa kehamilan.Terutama sesudah si bayi lahir nanti.

6. Dapat Mengganti Produk Olahan Susu

Hampir segala produk susu mempunyai kebaikan. Tetapi, tidak semua orang mampu memiliki segalanya selama kehamilan tua.

Hamil bisa menimbulkan keinginan makan yang aneh juga menimbulkan keengganan.

Ketidaksukaan pada makanan berbasis susu sering terjadi, dan untuk mereka yang tidak mengonsumsi susu serta produk olahannya, minyak klentik dapat menjadi alternatif yang baik dan memiliki kualitas yang hampir sama.

7. Mengurangi Jerawat Kehamilan

Pregnancy glow tidak terjadi ke semua ibu hamil yang sedang menjalani masa kehamilan. Beberapa malah diserbu jerawat hormonal. Apakah Anda mengalaminya juga?

Apabila Anda mengalami kesulitan menyembuhkan jerawat yang diakibatkan dari kehamilan, ada manfaat minyak klentik untuk ibu hamil yang bisa membantu Anda meringankan kondisi ini.

Berdasarkan situs Belly Belly, minyak klentik memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu menangani jerawat hormonal pada ibu hamil.

Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang  berjerawat setiap selesai mandi.

8. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Anda perlu mengonsumsi minyak klentik sekitar dua sendok makan setiap hari.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil ini berguna untuk menambah kekebalan tubuh, serta mengembangkan kekebalan bayi yang lebih kuat.

Oleh karena itu, minyak klentik bisa meringkankan gejala yang disebabkan oleh kehamilan lainnya, seperti mulas, mual di pagi hari dan sembelit.

9. Mengobati GERD

GERD merupakan kondisi dimana asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Apabila Anda mempunyai penyakit asam lambung ketika menjalani masa kehamilan, minyak klentik bisa jadi solusinya.

Berdasarkan Dr. Josh Axe, dokter pengobatan alami dari Amerika Serikat, minyak klentik meningkatkan kesehatan pencernaan dan anti-inflamasi.

Semuanya penting dalam mengurangi dan meredakan refluks atau yang dikenal sebagai asam lambung naik yang menyakitkan di akhir masa kehamilan.

Tidak mengherankan jika hal ini termasuk dalam manfaat minyak klentik untuk ibu hamil.

10. Diolah Menjadi Masker Rambut

Kehamilan dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut ibu yang sedang mengandung. Membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

Membuat manfaat minyak klentik bagi ibu hamil tua bisa menangani kondisi seperti ini. Anda dapat membuat masker minyak klentik.

Caranya juga mudah, cukup oleskan langsung pada rambut dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilaslah dengan sampo.

11. Gunakan Sebagai Minyak Pijat

Kadang-kadang, rasa sakit dan nyeri otot dapat menyertai kehamilan , lebih-lebih pada trimester 3.

Kelapa klentik dapat digunakan sebagai pelicin seperti minyak pijat dan losion

Jika menggunakannya untuk memijat anda tidak hanya menghilangkan rasa sakit yang ada, tetapi juga melembapkan kulit anda.

12. Mengurangi Resiko Keguguran

Dikutip dari Research Gate, jika anda menggunakan minyak klentik selama 6 bulan kehamilan ke atas, Anda bisa meminimalisasi resiko keguguran mencapai 50 persen.

Kandungan minyak klentik mempunyai sifat anti-jamur dan anti-virus yang kuat. itulah sebabnya minyak klentik, efektif dalam mencegah berbagai macam penyakit umum seperti flu, pilek dan infeksi virus lainnya.

Di masa kehamilan, hal ini menjadi perlindungan penting untuk si bayi dalam menolak berbagai macam penyakit.

13. Melancarkan Peredaran Darah

Ibu hamil 12 minggu ke atas juga dapat merasakan manfaat minyak klentik.

Kelapa klentik memiliki kandungan eletrolit yang tinggi sehingga membantu pada sirkulasi darah menjadi lebih baik di dalam tubuh.

Akibatnya, Anda dapat terhindar dari nyeri kaki yang sering timbul pada ibu hamil berbarengan dengan bertambahnya usia kehamilan.

14. Mengobati Sariawan

Jika sudah diolah dengan baik, minyak klentik bisa membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab sariawan dan kandida.

Cara penggunaanya juga mudah, cukup oleskan minyak klentik di tempat yang sakit.

Malahan minyak klentik juga bisa mengobati peradangan di sekitar payudara ketika sedang menyusui.

15. Menyamarkan Kerutan Wajah

Perasaan dan kondisi fisik yang berubah menyebabkan beberapa ibu hamil kesulitan mendapat tidur yang nyenyak.

Hal tersebut yang mendatangkan lingkaran hitam di bawah mata atau malah kerutan dan garis halus.

Untuk mengatasi hal ini,  Anda dapat mengolah minyak klentik menjadi pelembab wajah. Minyak klentik mengatasi kerutan garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata cukup dengan mengoleskannya setiap hari sebelum tidur.

16. Mengurangi Rambut Rontok

Seperti anda tahu, minyak kelapa klentik memiliki berbagai manfaat, salah satunya mengobati penyakit kulit seperti eksim.

Tidak itu saja, minyak klentik dapat dimanfaatkan menjadi rangkaian untuk perawatan rambut.

Mengolah minyak klentik menjadi kondisioner rambut dapat mencegah rambut kering dan rontok. Selain itu, penggunaan minyak klentik untuk perawatan rambut pada ibu hamil efektif membuat rambut menjadi sehat dan subur.

17.Meredakan Morning Sickness

Karena klentik mempunyai sifat menenangkan, membuatnya cocok menjadi solusi utama dalam mengatasi segala masalah kehamilan, tidak terkecuali morning sickness dan sembelit.

Menjadikan klentik berguna untuk mengurangi efek refluks asam yang menjadi penyebab rasa terbakar di dada. Karena memiliki sifat menenangkan, minyak klentik membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

18. Merangsang Produksi ASI

Asam laurat yang dikandung minyak klentik bisa merangsang produksi ASI. Asam laurat merupakan asam lemak yang sama yang terkandung di dalam ASI, yang dapat melindungi sang ibu dan si bayi dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur.

19. Membantu Penyerapan Vitamin

Kandungan lemak klentik merupakan lemak ‘sehat’ yang dapat membantu Anda dalam penyerapan vitamin ke dalam tubuh yang larut di dalam lemak dan membuatnya menjadi pendorong nyata untuk nutrisi kehamilan yang baik. Hal tersebut membantu Anda dalam penyerapan kalsium yang amat penting untuk perkembangan tulang si bayi dalam kandungan.

Penyajian Minyak Klentik bagi Ibu Hamil

1. Tambahkan Minyak Klentik Ke Smoothie

Menjadi salah satu cara yang baik dalam mengonsumsi minyak klentik di masa kehamilan. Anda dapat menambahkan kurang lebih satu sendok makan minyak klentik ke dalam smoothie.

Hal ini dapat membuatnya menjadi asupan asam laurat yang konsisten dan juga bisa menjadikan minuman yang sehat dan mengenyangkan.

2. Tumis Camilan Sehat dengan Minyak Klentik

Apabila anda menyukai sayuran yang digoreng untuk camilan, maka Anda dapat menumis sayuran tersebut menggunakan minyak klentik, bersamaan dengan merasakan manfaat minyak klentik bagi ibu hamil.

Menggoreng menggunakan minyak klentik mempunyai toleransi panas yang tinggi, oleh karena itu, minyak klentik menjadi minyak yang bagus untuk menggoreng dan memasak tanpa bimbang memikirkan racun yang dihasilkan oleh minyak yang sangat panas.

3. Sebagai Selai Roti

Anda dapat membuat selai coklat yang sehat dengan mencampurkan minyak klentik dan bubuk cokelat lalu mengoleskannya pada roti cokelat gandum untuk dikonsumsi.

Selai coklat yang anda buat dapat juga digunakan pada buah-buahan favorit anda untuk menambah kelezatannya. Sehingga Anda dapat menikmati manfaatnya yang kaya serat dengan lebih enak.

4. Krim Klentik Kelapa Sebagai Pengganti Susu

Ibu hamil dilarang minum minuman yang mengandung kafein, karenanya ibu hamil harus menghindari minuman yang mengandung kafein di masa kehamilan seperti kopi. Sebagai pengganti Anda dapat meminum teh susu. Krim klentik kelapa dapat anda gunakan untuk menggantikan susu dalam teh.

Krim klentik kelapa dapat menjadi alternatif yang baik dan bergizi untuk susu biasa.

5. Smoothie Tropis Krim Klentik Kelapa

Persiapkan setengah cangkir nanas, pepaya, dan mangga beku. Campurkan sepertiga cangkir krim klentik kelapa kedalam buah yang sudah anda persiapkan.

Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan organik bermanfaat lainnya

Cara Membuat Minyak Klentik

Metode fermentasi

Fermentasi menghasilkan minyak yang tidak terlalu banyak. Metode ini bisa Anda pilih jika Anda berniat membuat minyak klentik dalam jumlah yang sedikit.

Berikut cara membuat klentik menggunakan metode fermentasi:

  1. Persiapkan bahan. Pilihlah kelapa yang segar, matang dan berkualitas baik.
  2. Kupas kelapa yang anda persiapkan dan ambilah daging kelapa tersebut lalu bersihkan hingga bersih.
  3. Parut daging kelapa dan tambahkan air matang. Kemudian peraslah campuran tersebut agar menjadi santan.
  4. Masukkan air santan kelapa parut itu ke dalam wadah.
  5. Simpan dan biarkan selama 24 jam di suhu kamar. Proses tersebut akan memisahkan air dan minyak.
  6. Jika air dan minyak sudah terpisah, lekas saring. Maka akan menyisakan minyak klentik yang berwarna putih pucat

 

Metode Pemanasan

Pemanasan ini menggunakan waktu lebih singkat jika dibandingkan dengan metode fermentasi. Sehingga Anda dapat menggunakan metode ini untuk produksi dengan jumlah yang lebih banyak karena membutuhkan lebih sedikit waktu.

Berikut ini cara membuat minyak klentik dengan metode pemanasan:

  1. Persiapkan bahan. Pilihlah kelapa yang segar, matang dan berkualitas baik.
  2. Kupas kelapa yang anda persiapkan dan ambilah daging kelapa tersebut lalu bersihkan hingga bersih.
  3. Parut daging kelapa dan tambahkan air matang. Kemudian peraslah campuran tersebut agar menjadi santan.
  4. Masukkan air santan tersebut ke penggorengan. Panaskan dengan nyala api kecil.
  5. Aduklah santan tersebut perlahan dan terus-menerus. Proses tersebut akan menjadikan santan menguap meninggalkan minyak dan ampasnya.
  6. Persiapkan wadah untuk menuang minyak. Masukkan minyak klentik tersebut ke dalam wadah.

 

Metode Penyaringan

Penyaringan menjadi metode yang terakhir, tidak begitu susah tetapi memerlukan waktu yang cukup lama hingga 24 jam.

Berikut cara membuat minyak klentik dengan metode penyaringan:

  1. Persiapkan kelapa yang sudah tua dan kupas. Ambil dagingnya dan potong kecil-kecil.
  2. Hancurkan dengan blender dan tambahkan air secukupnya
  3. Saringlah hasilnya sampai menghasilkan santan.
  4. Jika perlu, tambahkan air dan peras. Lakukan secara berulang-ulang hingga menghasilkan snatan yang banyak.
  5. Tuang santan ke dalam toples.
  6. Biarkan selama 24 jam. Proses ini akan memisahkan air dan minyak.
  7. Simpanlah di ruangan yang dingin agar dadih cepat terbentuk.
  8. Setelah dadih dan minyak terpisah, Buang dadih tersebut, maka akan tersisa minyak klentik yang siap digunakan.

Pembuatan minyak kelapa dapat dibantu dengan menggunakan mesin

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca. Sekian dan terimakasih.

Comments are closed.