Kandungan dan Manfaat Kulit Mangga Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Kulit Mangga Bagi Kesehatan

Manfaat kulit mangga-buah mangga nama ilmiahnya adalah Mangifera Indica yang berasal dari negara India. Struktur batang pohon mangga termasuk arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m, bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 m.
Buahnya berukuran sekitar 25 cm  sampai dengan 30 cm. Buah mangga mengandung banyak vitamin yaitu vitamin a,  vitamin c dan vitamin e. Buah mangga mempunyai rasa yang enak dan lezat yang biasanya di jual di pasar-pasar buah tradisonal.
manfaat kulit mangga
Mungkin sebagian orang sudah tahu manfaat buah dan daun mangga, tapi untuk kulitnya sendiri banyak yang belum mengetahui manfaatnya. Setelah mengupas mangga biasanya kulit hanya dibuang begitu saja, sedangkan kulitnya sendiri memiliki kadungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.
Seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu mengenai kandungan dan manfaat kulit mangga. Jadi mulai sekarang jangan lagi membuang kulit mangga yang kaya akan kandungan dan manfaatnya.

Manfaat Kulit Mangga

manfaat kulit mangga

1. Meremajakan kulit

Kulit mangga mempunyai fungsi untuk meremajakan kulit yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kerutan pada kulit wajah sebelum waktunya. Kerutan pada wajah memang tidak dapat dihilangkan karena merupakan proses alami seiring dengan penambahan usia. Tetapi kerutan pada wajah dapat ditunda dengan memlakukan perawatan yang baik pada wajah. Kerutan pada wajah dapat disebabkan oleh polusi udara, radikal bebas, dan stress

Cara mengolah kulit mangga :

  • Kulit mangga dicuci hingga bersih, lalu dihaluskan.
  • Campurkan dengan air.
  • Kemudian balurkan pada wajah secara merata, diamkan kurang lebih lima belas menit setelah itu basuh dengan air.
  • Lakukan maskeran dengan kulit mangga ini selama 2 bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca : Apakah Bisa ? Cara Membuat Foam Susu – Simple Sederhana

2. Membantu menghilangkan jerawat

Kulit mangga juga bisa digunakan menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Jerawat umumnya muncul pada usia pubertas baik laki-laki maupun perempuan. Faktor yang paling mempengaruhi tumbuhnya jerawat di wajah adalah faktor genetik. Caranya sama dengan peremajaan kulit yaitu maskeran dengan kulit mangga.

3. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar baik didambakan oleh setiap orang, karena kesehatan merupakan harta paling berharga yang dikaruniakan oleh sang Pencipta. Sehingga wajib bagi kita untuk memelihara kesehatan. Kulit mangga memiliki fugsi dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Berikut ini cara mengolah kulit mangga :

  • Kulit mangga yang masih hijau segar dicuci sampai bersih.
  • Panaskan minyak goreng, setelah itu goreng kulit mangga.
  • Setelah matang kulit mangga dapat dikonsumsi.

Konsumsilah kulit mangga goreng tersebut secara rutin sampai peredaran darah kembali lancar.

4. Obat cacing untuk anak

Kulit mangga juga mempunyai fungsi sebagai obat cacing bagi anak. Cara mengolah kulit mangga sebagai berikut :

  • Cuci kulit mangga sampai bersih, lalu masukkan ke dalam panci.
  • Tambahkan dua gelas air kemudian rebuslah kulit mangga kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu saring airnya.
  • Air yang telah disaring diminumkan pada anak anda.

Baca juga artikel ini-> Patut Dicoba dan Dipraktikkan Cara Membuat Keripik Bayam yang Renyah

Kandungan Kulit Mangga

1. Mengandung AHA

AHA (alpha hidroxyl acids) banyak dijadikan salah satu bahan pembuatan kosmetik karena manfaatnya yang baik bagi kulit yaitu berfungsi mencerahkan dan meremajakan kulit. AHA mengelupaskan sel sel kulit yang mati dan menutrisi kulit baru.

Jika anda menggunakan kosmetik yang mengandung AHA maka anda disarankan untuk menggunakan subblock saat beraktifitas diluar ruangan. Karena AHA dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari di siang hari. Beda halnya jika berakfititas di dalam ruangan yang teduh.

2. Senyawa Antihelmintik

Senyawa antihelmintik mempunyai fungsi untuk mematikan kuman yang berbahaya bagi tubuh manusia. Karena kandungan senyawa inilah kulit mangga dapat membuat peredarah darah yang tidak lancar menjadi lancar dan juga kulit mangga bisa mengatasi kelebihan darah yang keluar pada saat datang bulan bagi perempuan.

Demikian beberapa informasi mengenai kandungan dan manfaat kulit mangga bagi kesehatan kita. Jadi pada saat anda ingin merasakan manfaat dari kulit mangga, maka pilihlah kulit mangga yang masih hijau dan segar. Karena kulit mangga yang masih segar mengandung banyak senyawa antihelmitik.

Kandungan kulit mangga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, jadi mulai sekarang jangan buang kulit mangga begitu saja, olahlah untuk diambil manfaatnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang kulit mangga.

Comments are closed.