Manfaat Akar Pohon Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Akar Pohon Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Akar Pohon Kelapa – Kelapa – Cocos Nucivera atau yang sering dikenal dengan pohon kelapa adalah anggota tunggal  dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecacae. Tumbuhan ini sering ditemukan di daerah pantai, namun tidak jarang juga ditemukan di wilayah darat yang lain. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

 

Baca Juga! Manfaat Pohon Kelapa

 

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun, serta buahnya. Berikut kami jabarkan manfaat dari akar pohon kelapa beserta penjelasannya.

 

Manfaat Akar Kelapa

Manfaat Akar Pohon kelapa

Bagian akar pohon kelapa biasanya digunakkan sebagai obat. Penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh akar pohon kelapa? Berikut kami jelaskan manfaatnya.

 

Mengobati sakit demam

Manfaat akar kelapa yang pertama adalah mengobati demam. Akar kelapa memiliki sifat anti – piretik yang dapat menurunkan demam. Cara mengobati demam dengan akar kelapa yaitu dengan menumbuk akar pohon kelapa yang sudah kering, kemudian rebus dengan air. Lalu, minumkan ramuan tersebut kepada orang yang terkena demam sebanyak dua kali sehari

 

Membantu mengatasi wasir

Wasir atau ambien adalah kondisi dimana pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus meradang atau bengkak. Wasir sangat mengganggu penderitanya karena menyebabkan rasa sakit di sekitar anus yang membuat penderitanya kesulitan dalam melakukan aktivitas. Untuk mengatasi wasir, anda dapat meminum rebusan akar kelapa.

 

Mengatasi gangguan perut

Berbagai gangguan perut seperti diare, sembelit, kembung, masuk angin, serta masalah perut lainnya dapat anda atasi dengan menggunakan akar kelapa. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan akar pohon kelapa saat anda atau orang lain mengalami masalah pada perut.

 

Mengatasi masalah gatal pada kulit

Banyak masalah pada kulit yang dapat membuat kulit anda gatal, seperti kulit atau jamur. Biasanya rasa gatal ini terjadi di antara sela – sela jari. Rasa gatal ini dapat diatasi dengan ramuan akar kelapa. Dengan meminum ramuan akar kelapa, diharapkan rasa gatal pada kulit dapat hilang.

 

Membantu melancarkan peredaran darah

Manfaat selanjutnya dari akar kelapa yaitu melancarkan peredaran darah. Manfaat ini tidak bisa dirasakan secara langsung, tapi bertahap. Caranya yaitu dengan rutin meminum ramuan akar kelapa. Dengan meminumnya, diharapkan peredaran darah pada tubuh akan semakin lancar.

 

Mengatasi Masuk angin

Sering berjalan pada saat malam hari ? jika iya anda akan mudah terserang masuk angin. Rasanya sama seperti perut kembung hanya saja penyebabnya tentu berbeda. Gunakan juga rebusan dari akar kelapa untuk mengobati masuk angin anda. Caranya adalah sebagai berikut:

Akar kelapa yang sudah kering anda masukkan ke dalam panci lalu tambahkan air. Kedua bahan tadi di panaskan hingga mendidih. Airnya di saring baru kemudian dapat diminum. Baiknya di minum sesudah makan atau dalam kondisi perut yang sudah terisi makanan.

 

Mencegah Hipertensi

Darah tinggi di sebabkan karena beberapa faktor di antaranya gemar makan makanan yang kaya akan lemak tidak sehat. Contohnya jeroan, sup berlemak dan juga makanan fast food. Faktor yang juga meningkatkan resiko anda terkena darah tinggi adalah genetika. Riwayat kesehatan keluarga juga penting untuk anda ketahui. Untuk riwayat keluarga yang memiliki darah tinggi lebih baik berhati – hati sejak dini agar terhindar dari darah tinggi. Karena penyakit ini bisa menyebabkan stroke dan komplikasi bagi organ penting lainnya di dalam tubuh. Darah tinggi bisa di stabilkan dengan rajin minum ramuan akar kelapa. Berikut ini langkah – langkahnya untuk membuatnya di rumah

Ambil akar kelapa yang sudah kering dan tumbuk hingga halus. Masukkan akar kelapa tadi ke dalam panci yang berisi segelas air. Baru kemudian di panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih air rebusan tersebut di saring dan begitu dingin sudah siap untuk minum. Jika anda mengkonsumsinya secara rutin, diharapkan darah tinggi bisa normal kembali.

 

 

Membantu Menyembuhkan Penyakit kulit

Akar kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit dengan cara minum rebusan dari air kelapa tersebut. Untuk memudahkan anda membuat rebusan akar kelapa baiknya sediakan akar kelapa yang sudah kering di rumah dan simpan sebagai stok jika sewaktu – waktu diperlukan. Jika perlu anda tinggal mengeluarkannya kemudian di rebus bersama dengan air hingga mendidih. Saring kemudian minum begitu air rebusan tersebut sudah dingin.

 

 

Demikian artikel tentang Manfaat akar pohon kelapa. Semoga artikel tentang Manfaat akar pohon kelapa ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel Manfaat akar pohon kelapa ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

 

Baca Juga : Cara Membuat Serundeng Ayam

 

Comments are closed.